Media

Ini 8 skill yang dibutuhkan untuk menjadi content writer handal
By Tsalis Annisa - 26 March 2019
4 min read 844 Views

Hampir seluruh aspek pemasaran dan branding pada dunia digital memerlukan konten di dalamnya. Digitalisasi tampaknya telah membuat karya tulis meningkat jauh lebih dibutuhkan dari sebelumnya. Jadi, jangan heran jika kini bertebaran lowongan content writer di berbagai perusahaan.

Sayangnya, menulis dan menjadi content writer tidaklah semudah kelihatannya. Pekerjaan satu ini memerlukan banyak latihan dan pengalaman sebelum kamu dapat dikatakan sebagai penulis konten yang sukses. Tidak hanya pengalaman, ada pula hard skills dan soft skills yang harus dimiliki seorang penulis konten sukses.

Agar kamu dapat menjadi Content Writer yang handal dan banyak dicari perusahaan, yuk simak lebih lanjut di artikel berikut!

Daftar hard skills yang perlu dimiliki content writer

Kategori hard skill memiliki beragam jenis kemampuan yang perlu diperhatikan dan dimiliki oleh content writer. Berikut beberapa jenis kemampuan hard skill yang dapat meningkatkan nilai seorang penulis konten.

SEO

Pengetahuan SEO merupakan salah satu hard skill yang saat ini wajib dimiliki oleh seorang penulis konten. Sebab, sebagus apapun tulisan yang diciptakan seorang penulis konten tidak akan efektif apabila pembaca tidak dapat menemukannya. Jadi, seorang penulis konten wajib mengetahui bagaimana kriteria konten yang SEO-friendly, mampu menggunakan keyword secara efektif, dan mampu mengikuti setiap perubahan algoritma Google.

Paham format penulisan yang baik

Hard skill yang satu ini perlu dimiliki penulis konten profesional. Format penulisan yang baik adalah kunci awal agar pembaca mampu terus membaca tulisan kamu. Jadi, seorang penulis konten harus mampu melakukan self-editing serta memahami struktur kalimat, ejaan bahasa Indonesia yang benar, dan peletakkan tanda baca yang sesuai.

Kemampuan riset

Selain itu, mampu melakukan riset terhadap topik yang akan dibahas tentunya juga perlu dimiliki oleh seorang Content Writer profesional. Sebab, konten yang bagus adalah yang memiliki kredibilitas dan nilai-nilai di dalamnya. Jadi, seorang penulis konten perlu memilki kemampuan riset yang baik agar mudah menemukan informasi penting dan menarik dari sumber terpercaya.

Kemampuan meringkas

Kemampuan merangkum berkaitan dengan kemampuan meriset. Seorang penulis konten seharusnya mampu merangkum hal-hal yang telah diriset menjadi sebuah artikel utuh yang berkesinambungan. Sebab, siapa yang mau membaca konten yang tidak nyambung awal dan akhirnya?

Daftar soft skills yang patut Content Writer kuasai

Tidak hanya hard skills saja, ada juga soft skills yang sewajarnya dikuasai oleh seorang Content Writer. Ingin tahu apa saja soft skills tersebut? Berikut empat soft skills yang dibutuhkan.

Fokus

Kemampuan fokus diperlukan dalam kegiatan menulis, karena terkadang sangat sulit untuk dapat tetap fokus pada tulisan dan tidak terganggu keadaan sekitar. Jadi, seorang penulis konten biasanya memiliki kemampuan fokus yang baik ketika ia harus bekerja dan menulis. Hal ini dapat memudahkan pekerjaan dan membuat tulisan menjadi cepat selesai.

Komunikasi

Komunikasi juga menjadi kemampuan yang diperlukan penulis konten. Sebab, kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu seorang penulis dalam caranya berkomunikasi dengan pembaca di dalam artikel. Jadi, seorang penulis konten perlu kemampuan ini agar dapat mengomunikasikan apa yang ada di dalam otaknya ke dalam konten dengan baik.

Memahami pembaca

Memahami kebutuhan dan keinginan pembaca dan dapat mewujudkannya ke dalam konten merupakan faktor terpenting dari keberhasilan seorang penulis konten.

Mampu memberikan jawaban dari pertanyaan melalui artikel

Membuat artikel berdasarkan SEO atau search engine optimization artinya kamu akan membuat artikel berdasarkan kata kunci yang banyak di cari di mesin pencarian. Maka akan lebih baik bagi seorang Content Writer mampu memahami kata kunci yang akan ia tulis. Misalnya saja dengan kata kunci tersebut, hal apa yang sebenarnya sedang dicari oleh pembaca.

Itu dia delapan skills yang sebaiknya kamu miliki jika ingin menjadi seorang Content Writer yang sukses. Jika kamu memiliki keinginan menjadi seorang Content Writer, sebaiknya kuasai dulu delapan hal di atas. Apabila belum, jangan patah semangat dan tetap berusaha, ya!

Ingat,Content Writer juga membutuhkan pengalaman, jadi coba asah skill-mu dengan bekerja dan belajar dengan tekun. Jika kamu ingin terus mengasah kemampuanmu dengan bekerja di perusahaan yang mendukung. Cobalah mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Dengan begini, kamu akan mendapatkan pekerjaan yang cocok tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Semangat terus belajar menguasai semuanya, ya! Semoga berhasil!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • content
  • skill set
  • content writer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang