Published on

Technology

Prediksi tren data science 2021 yang patut dinantikan

Nur Lella Junaedi

tren-data-science-2020-EKRUT.jpg

Penemuan dalam dunia data science telah banyak membawa perubahan bagi kehidupan manusia baik di ranah bisnis, pendidikan, kesehatan atau bidang lainnya. 

Diperkirakan pada tahun 2020 nanti, hal-hal baru terkait data science akan terus mengalami kemajuan. Berikut ini prediksi tren data science 2020 yang kemungkinan terjadi! 

Data as a Service (DaaS)

tren data science 2020 EKRUT
 
Data akan menjadi bagian dari layanan pada 2020 nanti- EKRUT

Diperkirakan akan semakin banyak perusahaan yang akan menggunakan Data as a Service (DaaS) sebagai salah satu layanan di tahun depan.

Data as a Service (DaaS) sendiri adalah teknologi manajemen data yang menggunakan cloud untuk layanan pengirimanan data, pemrosesan, integrasi dan analitik data melalui koneksi jaringan. 

Melalui internet berkecepatan tinggi pengguna akan mudah untuk mengakses file digital melalui internet, sehingga pengguna dapat berbagi data secara real time serta dapat meningkatkan produktivitas kerja.    

Baca juga: Tiongkok akan kembangkan jaringan 6G untuk tahun 2030

Robot Pribadi

Para ilmuwan memprediksi bahwa, tren data science di 2020 nanti akan membuat sekitar 5 persen orang tua memiliki robot yang akan membantu mereka. 

Robot tersebut akan menjadi perawat kesehatan pribadi bagi para lansia yang telah menginjak usia lebih dari 65 tahun.
  
Pertumbuhan akan kebutuhan teknologi personal assistant  ini akan semakin banyak di tahun depan, seiring dengan meningkatnya permintaan pasar untuk kebutuhan robot pribadi.

Smart City semakin berkembang

Internet of Things telah membuat pemerintah dan pejabat daerah berpikir  untuk mengembangkan kota pintar. 

Melalui pengembangan konsep smart city tersebut, akan banyak perubahan yang terjadi dalam beberapa layanan seperti smart parking, smart lighthing, smart electricity, waste management, hingga connected manhole.

Dengan semua layanan tersebut, masyarakat pun akan terbantu karena dapat menggunakan fasilitas dengan mudah dan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Penggabungan Internet of Things dan analitik

Pada 2020 diperkirakan ada sekitar 20 milyar perangkat IoT yang aktif. Beberapa contoh pengaplikasian IoT dalam kehidupan sehari-hari tersebut seperti penggunaan mobil pintar, termostat, bel pintu dengan fitur video dan sebagainya. 

IoT pun diprediksi akan berkembang bukan hanya sebatas perangkat keras, tapi juga akan menjadi data di mana setiap perangkat yang diaktifkan oleh IoT akan menghasilkan data yang harus dianalisis. 

Kamu dapat membayangkan berapa banyak data yang harus dianalisis untuk perangkat IoT yang ada. 

Baca juga: 7 Peran artificial intelligence dalam dunia marketing masa depan

Konsumen mendorong keamanan data dan privasi

tren data science 2020 EKRUT 
Keamanan data pengguna akan menjadi fokus pada tren data science mendatang- EKRUT

Hingga saat ini data pribadi pada platform penyedia aplikasi seperti Facebook, Whatsapps, Yahoo, Uber rentang untuk disalahgunakan.

Hal ini membuat konsumen dan lembaga perlindungan konsumen akan terus mendorong pemerintah untuk serius membuat undang-undang yang memaksa pengusaha untuk melakukan transparansi terhadap data konsumen. 

Analisis augmentasi

Diperkirakan mulai tahun depan ranah analisis akan tumbuh positif. Prediksinya pada 2025 nanti, pasar analisis akan tumbuh sebanyak 22,4 milyar.  

Dengan menggunakan analisis augmentasi yang digabungkan dengan machine learning dan artificial intelligent akan membantu otomatisasi tugas analis mulai dari persiapan data, analisis hingga pembuatan model yang akurat. 

Kecerdasan yang berkelanjutan

Kecerdasan berkelanjutan memungkinkan pengguna untuk mengambil keputusan lebih cerdas melalui data real time dan analisis yang canggih. 

Menurut data Gartner, nantinya setengah dari sistem bisnis akan memakai sistem kecerdasan berkelanjutan yang menggunakan data real time untuk meningkatkan keputusan pelanggan. 

AI dan ML akan dijual secara komersial

tren data science 2020 EKRUT 
Tahun depan teknologi AI dan ML akan dijual secara komersial- EKRUT

Penggunaan open source oleh perusahaan besar seperti Google dan Amazon telah membantu berkembangnya teknologi AI dan ML. Akan tetapi, akses terhadap teknologi ini masih dianggap minim. 

Oleh karena itu, ke depannya akan banyak perusahaan yang memproduksi teknologi AI dan ML ini untuk diperjualbelikan di pasaran.

Baca juga: Keren, ini 4 perkembangan teknologi di Indonesia karya anak bangsa

Ditambah pada 2022 nanti, sekitar 75 persen layanan konsumen akan banyak menggunakan solusi dari AI dan ML tersebut.

Itulah beberapa prediksi tren data science yang mungkin akan terjadi di 2020. Manakah yang paling menarik perhatianmu?

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share