Register

technology

8 Peran artificial intelligence dalam dunia marketing masa depan

Tsalis Annisa

22 July 2020

artificial-intellegence-EKRUT.jpg

Teknologi artificial intelligence (AI) kini telah menjalari berbagai sendi kehidupan. Kamu bisa menemukannya dalam dunia kesehatan, media, pemerintahan, serta dalam poros perekonomian seperti marketing. Teknologi ini dilengkapi dengan berbagai keunggulan sehingga manusia tidak perlu banyak terlibat dalam menjalankan fungsinya.

Artificial Intelligence Marketing (AI Marketing) adalah bentuk marketing yang memanfaatkan konsep dan model kecerdasan buatan seperti machine learning guna mengantisipasi pergerakan pelanggan serta mencapai tujuan pemasaran.

Perbedaannya dibandingkan model marketing biasa adalah penggunaan komputer dan algoritma yang lebih pesat. Ada sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh dengan menerapkan AI Marketing. Berikut di antaranya.

1. Promosi yang lebih strategis

artificial intelligence - EKRUT
Teknologi AI memperlebar potensi promosi dari data online yang ada - EKRUT

Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis.

Akses terhadap data yang luas juga memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi yang lebih besar melalui pencarian kata kunci, profil pengguna, maupun data online lainnya.

Baca juga: 5 Cara promosikan konten dengan efektif

2. Teknologi mesin pencari yang lebih pintar

artificial intelligence - EKRUT
Salah satu manfaat teknologi AI adalah mempermudah pencarian informasi dengan cepat - EKRUT

Perkembangan teknologi berjalan seiring dengan kepintaran pengguna. Melalui mesin pencari dan media sosial, masyarakat kini bisa menemukan berbagai hal dalam waktu cepat.

Teknologi AI akan membantu dalam menemukan pola pencarian pengguna sehingga para digital marketer dapat lebih fokus mendalami area tertentu yang paling diminati.

3. Lebih efisien

artificial intelligence - EKRUT
Bot AI dapat menjalankan fungsi customer service - EKRUT

Di masa depan, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi bot AI untuk menjalankan fungsi customer service sehingga pengeluaran dari segi biaya maupun waktu dapat diminimalisasi.

Teknologi bot juga akan dilengkapi dengan akses informasi dan riwayat pencarian internet yang membuat kinerjanya lebih efisien.

4. Distribusi konten semakin disempurnakan

artificial intelligence - EKRUT
Teknologi AI mempermudah distribusi konten ke pelanggan yang tepat - EKRUT

Para pelaku marketing kini dapat memanfaatkan teknologi AI untuk mengambil data dan menyasar pengguna dalam jangkauan yang lebih luas.

Kamu bahkan dapat menggunakan AI untuk menemukan calon klien yang menjanjikan serta mendistribusikan konten yang berkaitan dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Segala hal yang harus kamu tahu tentang revolusi industri 4.0

5. Pembelajaran yang berkelanjutan

artificial intelligence - EKRUT
Teknologi AI masih terus dapat dikembangkan - EKRUT

Ciri khas AI adalah kemampuannya untuk belajar dan mempelajari hal-hal baru dalam bidang terkait. Melalui fungsi ini, AI dapat belajar untuk hanya menyasar para pengguna maupun klien yang relevan.

Pembelajaran ini akan terus berlanjut dan teknologi AI akan bertambah pintar seiring waktu sehingga proses marketing bisa berjalan dengan lebih efektif.

6. Teknologi pencarian visual dan pengenalan gambar

artificial intelligence - EKRUT
Teknologi artificial intelligence mengembangkan teknologi pencarian visual - EKRUT

Jika metode pencarian konvensional menggunakan kata kunci, maka AI dapat mengembangkannya dengan pencarian visual dan pengenalan gambar.

Alih-alih menggunakan riwayat pembelian dan pencarian, penerapan teknologi ini dalam situs-situs penjualan akan semakin memudahkan pengguna untuk mencari produk berdasarkan bentuk yang diharapkan.

7. Penghematan biaya pemasaran dalam ROI

artificial intelligence EKRUT 
AI akan menghemar ROI pemasaran perusahaan-EKRUT

Tahukah kamu bahwa artificial intelligence akan membantumu untuk menghemat anggaran pemasaran?

Targetable jauh lebih murah dan didukung AI untuk memberi kamu ROI sebaik mungkin.

AI otomatis menghemat waktu dan biaya pemasaran, sekaligus menjadikan pengalaman pelanggan lebih personal dan efisien. 

Baca juga: Panduan cara menghitung ROI

8. Analisis umpan balik konsumen terhadap produk

artificial intelligence - EKRUT
Teknologi AI bisa dimanfaatkna untuk menganalisa keluhan pelanggan - EKRUT

Teknologi AI dapat digunakan untuk menganalisis komentar maupun tanggapan konsumen terhadap produk yang telah dirilis.

Sebagai contoh, umpan balik maupun keluhan konsumen dapat dideteksi melalui platform media sosial yang populer. Ini akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi dan mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.

Artificial intelligence dalam bidang marketing dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan beragam fungsi yang memakan waktu dan sumber daya.

Teknologi ini juga dapat mengubah wajah ekonomi dengan merancang produk-produk dan model bisnis baru berdasarkan potensi yang seringkali luput dari pemantauan manusia.

Baca juga: Menarik, ini 10 prediksi AI dalam meningkatkan cybersecurity 2020

Selain penjelasan di atas, kamu juga bisa memahami peran Artificial Intelligence dalam dunia marketing dengan menyimak penjelasan di dalam video berikut, ya. 

Proses pengembangan teknologi AI dalam dunia marketing memang akan memakan waktu, tapi hasilnya akan sepadan dengan manfaat yang diperoleh oleh perusahaan. Cepat atau lambat, sinergi teknologi dan kepintaran manusia akan menghasilkan kemajuan yang pesat dalam berbagai bidang yang menerapkannya.

artificial intelligence - EKRUT 
Last update 03 Mei 2020

Sumber:

Tags

Share