Published on

Expert's Corner

6 Tugas Relationship Officer dan skill-set yang perlu dimiliki

Elisha Nathania

6_Tugas_Relationship_Officer_dan_skill-set_yang_perlu_dimiliki.jpg

Kamu mungkin sering melihat lowongan pekerjaan sebagai relationship officer di berbagai portal pencari kerja. Biasanya, relationship officer banyak dicari oleh Bank dan  perusahaan asuransi namun tidak menutup kemungkinan dicari oleh perusahaan di luar bidang-bidang tersebut.

Nah, jika kamu tertarik melamar namun masih ragu, kamu bisa memahami tugas relationship officer pada ulasan berikut ini.

Apa itu Relationship Officer?

Apa itu Relationship Officer?
Hubungan positif harus dijalin dengan berbagai stakeholders. (Gambar: Shutterstock)

Relationship sendiri memiliki arti hubungan, jika dikaitkan dengan pekerjaan, seorang relationship officer berarti bertugas untuk menjalin hubungan yang positif. Hubungan yang akan dibina adalah antara perusahaan dengan customer, publik, investor dan stakeholders lain yang terlibat dalam bisnis.

Pekerjaan sebagai relationship officer banyak dijumpai di berbagai industri, mulai dari bank, fasilitas kesehatan, pendidikan dan juga pemerintahan. Tugas sebagai relationship officer sangat beragam, namun, yang pasti kamu harus bisa menghadapi berbagai kepribadian orang. Pasalnya, kamu akan menemui isu dari berbagai orang dan menyelesaikannya.

6 Tugas Relationship Officer

6 Tugas Relationship Officer
Tugas relationship officer adalah menjalin hubungan. (Gambar: Shutterstock)

Tentu, kamu sudah paham bahwa tugas relationship officer yang utama adalah menjalin hubungan dengan orang lain. Berikut rincian dari tugas relationship officer lainnya yang perlu kamu ketahui. 

1. Meningkatkan public relation    

Tugas relationship officer cukup beragam, salah satunya, kamu juga harus memahami ilmu public relation. Yang artinya, kamu harus bisa menjalin hubungan dengan media, komunitas dan publik secara general. Misalnya saja, ada kasus bahwa bank tempat kamu bekerja melakukan kesalahan sehingga uang dari nasabah banyak yang hilang. Sebagai relationship officer, kamu juga bisa bertindak untuk menyiapkan press release atau klarifikasi tertentu.

2. Memahami kebutuhan customer

Untuk menjalin hubungan, tentunya tugas relationship officer adalah memahami apa yang dibutuhkan oleh customer. Kamu harus bertindak sebagai pendengar yang berempati dan memiliki mindset bahwa kamu perlu memenuhi apa yang diinginkan oleh customer. Caranya pun bermacam-macam, mulai dari menelpon, mengirim email atau berinteraksi secara langsung saat customer berkunjung ke kantor.

3. Investigasi isu

Saat kamu berkomunikasi via telepon dengan customer dan mereka menyampaikan keluhannya, maka, kamu harus menginvestigasi isu tersebut dengan segera. Menjawab pertanyaan dari customer tidaklah mudah, karenanya, tugas relationship officer adalah menginvestigasi masalah tersebut untuk memberikan solusi yang memuaskan.

4. Berkomunikasi internal perusahaan

Sebagai relationship officer, kamu tentunya akan mengetahui masalah apa yang terjadi dan apa yang customer mau. Setelah mendapatkan insight, tugas relationship officer selanjutnya adalah mengkomunikasikan insight tersebut untuk perbaikan perusahaan. Misalnya saja, kepada tim sales atau product untuk mengembangkan produk lebih baik lagi. Atau, memberikan layanan baru yang diinginkan oleh customer.

5. Memantau kompetitor

Walaupun bukan tugas utama, namun, kamu juga bisa saja menunjang performa dengan memantau kompetitor. Analisis apa yang sedang kompetitor lakukan dan komunikasikan dengan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan kamu tidak akan ketinggalan jaman dan bisa tetap bersaing.

6. Meningkatkan hubungan dengan investor

Selain customer, tugas relationship officer juga menjalin hubungan dengan investor. Investor tidak bisa dilepaskan perannya untuk kemajuan perusahaan, sehingga hubungan dengan para investor perlu dibina. Tugas relationship officer adalah memberikan informasi kepada mereka sesuai waktu yang ditentukan. 

Skill-set untuk menjadi Relationship Officer

Skill-set untuk menjadi Relationship Officer
Berikut skills relationship officer yang diincar perusahaan. (Sumber: Shutterstock)

Dari sekian banyak tugas relationship officer, kamu tentunya harus memiliki kemampuan yang memadai. Apa saja yang kamu butuhkan?

  1. Interpersonal skills
    Karena pekerjaan utama relationship officer adalah berkomunikasi dengan orang lain, maka kemampuan yang sangat dibutuhkan. Bukan hanya sekadar berkomunikasi, tapi juga menjaga hubungan tersebut tetap baik dan terus dapat bekerjasama.
  2. Memerhatikan detail
    Relationship officer yang baik adalah mereka yang sangat memerhatikan detail, supaya setiap isu terpecahkan dan tidak ada yang terlewat.
  3. Pemecahan masalah
    Tugas relationship officer lainnya adalah investigasi dan menyelesaikan masalah. Karenanya, kamu harus memiliki kemampuan memecahkan masalah secara terstruktur dan tentu saja hadir dengan solusi yang tepat.
  4. Empati dan peduli
    Sebagai pihak yang dekat dengan customer, tugas relationship officer adalah mendengarkan mereka dengan rasa empati dan peduli. Kesuksesan perusahaan sangat tergantung pada customer. Tanpa mereka, perusahaan tidak akan berjalan dengan baik.
  5. Dapat menggunakan relationship management tools
    Ada beberapa tools yang terkait dengan relationship management seperti tools untuk mengumpulkan customer feedback yaitu, customer relationship management data yang berguna untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti website, chat, media sosial, dan lain-lain. Kamu juga harus memiliki kemampuan komputer seperti Microsoft Excel untuk melakukan input data. 
  6. Kualifikasi pendidikan
    Saat mencari seorang relationship officer, pada umumnya, perusahaan akan meminta lulusan sarjana. Namun, latar belakang jurusan bisa beragam seperti marketing, komunikasi, bisnis, jurnalistik dan lain-lain. Latar belakang pendidikan ini juga yang dapat mendefinisikan tugas relationship officer seperti apa yang akan dijalani.

Baca juga: 20 Rumus Microsoft Excel untuk mempercepat pekerjaan 

Jika disimpulkan, tugas relationship officer cukup beragam, tergantung dari permintaan dan kebutuhan perusahaan. Namun, jika kamu merasa memiliki passion untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang, tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga, kamu bisa menentukan pilihan dengan tepat, ya.

sign up EKRUT

Sumber:

  • jobhero
  • carrertrend
  • greatsampleresume

Tags

Share