Expert's Corner

Mengenal Profesi Voice Over Serta Skill yang Dibutuhkanya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Mengenal_provesi_Voice_Over__skill-set__dan_5_nama_professional_di_Indonesia.jpg

Beberapa waktu silam, banyak video viral di media sosial mengenai sosok suara di balik layar iklan-iklan di televisi. Mereka adalah voice over talent, jangan terbalik dengan dubber ya karena kedua hal tersebut berbeda, lho. Simak perbedaannya di artikel berikut ini.

Apa itu Voice Over?


Voice over adalah teknik produksi suara yang salah satunya digunakan untuk iklan di televisi dan radio - Pexels

Voice over adalah teknik produksi di mana suara direkam dari perspektif luar untuk tujuan menceritakan sebuah cerita atau menjelaskan informasi. Karakteristik utama dari voice over adalah suara ditambahkan berdasarkan narasi dari naskah yang tersedia. Umumnya, hasil dari voice over adalah iklan yang diputar di televisi dan radio, narasi untuk laporan berita, narasi untuk profil perusahaan, narasi dokumenter, narasi untuk animasi dan permainan, hingga narasi untuk video YouTube.

Voice over yang menarik akan membuat pendengar merasa lebih nyaman menonton dan mendengarkan siaran yang ditayangkan. Seberapa menakjubkan produksi video yang dihasilkan, tidak ada yang ingin terus menonton jika video memiliki voice over dengan nada yang datar dan berkualitas buruk. Sehingga suara yang dibuat voice over talent harus memiliki nuansa, intonasi, pengucapan yang benar, dan nada yang menarik. Pengisi suara dan narasi video tidak hanya dapat mengubah pesan tetapi juga nada keseluruhan dan pengambilan video, yang secara signifikan akan memengaruhi pengalaman penonton video tersebut.

Baca juga: 3 Alasan voice assistant sering pakai suara perempuan

Tugas dan tanggung jawab Voice Over artist


Tanggung jawab utama dari talent voice over adalah membaca narasi dengan suara yang berbeda dari suara asli sang talent - Pexels

Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang voice over adalah sebagai berikut.

1. Mengasah bakat dan menjaga kesehatan vokal

Seorang voice over talent harus terus mengasah bakat suara mereka dan menjaga kesehatan vokal karena suara mereka adalah aset utama mereka saat bekerja. Mereka juga perlu berlatih dengan suara yang berbeda-beda untuk mengasah bakat secara terus menerus. Selain itu, memperluas jangkauan karakter dan kualitas suara juga penting agar membuat naskah terdengar dapat dipercaya dan tulus.

2. Mempersiapkan diri sebelum produksi

Hal pertama yang harus dilakukan talent voice over adalah membuat persiapan sebelum produksi dimulai. Pastikan kondisi suara atau vokal dalam keadaan sehat, serta brief dan naskah yang akan dibacakan sudah dimengerti dengan jelas.

3. Membaca naskah

Peran utama dari talent voice over adalah membaca naskah yang sudah ditulis dan disediakan oleh klien dengan lantang dan nada suara yang sesuai dengan brief yang sudah disampaikan sebelum produksi. Proses produksi suara atau membacakan naskah ini mungkin saja dilakukan beberapa kali untuk memberikan pilihan kepada klien, sehingga cukup memerlukan kemampuan dan teknik akting.

4. Menyampaikan pesan

Setiap proses voice over akan memiliki pesan yang berbeda tergantung dari tujuan video yang disertakan. Sehingga talent voice over harus bisa memahami pesan yang ingin disampaikan dari naskah yang mereka baca. Contohnya, hasil voice over untuk iklan akan terdengar lebih lantang dan bersemangat, berbeda dengan voice over untuk profil perusahaan atau video dokumenter yang cenderung lebih lembut.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Bedanya Voice Over dengan Dubber


Dubbing dan voice over adalah teknik menafsirkan pesan kepada audiens namun voice over bersifat naratif dan hanya memiliki sedikit emosi dan nada suara dari suara asli talent - Pexels

Beberapa perbedaan dari profesi dubber dan voice over adalah sebagai berikut.

Perbedaan Voice Over Dubber
Pengertian Teknik produksi suara di mana hasil suara yang direkam digunakan bukan bagian dari narasi (non-diegetik) Teknik penyulihan suara untuk digunakan untuk sebuah tokoh karakter
Profesi Voice over talent/artist Dubber/Voice actor
Fungsi Voice over umumnya digunakan dalam klip dokumenter, pembelajaran digital, atau segmen audiovisual terkait berita Dubbing digunakan untuk penggantian bahasa atau menyesuaikan percakapan tokoh-tokoh agar dapat lebih diterima sesuai budaya masyarakat setempat
Cara menggunakan suara Menggunakan sedikit penekanan pada nuansa nada dan emosi namun pada dasarnya bersifat naratif Menggabungkan kekayaan nada suara, menggunakan ekspresi, dialek, emosi, nuansa, aksen, dan sinkronisasi bibir dari visual yang ada di layar
Sinkronisasi Tidak memerlukan sinkronisasi bibir Memerlukan sinkronisasi bibir dengan visual
Durasi pengisian suara Umumnya berdurasi 1-5 menit Umumnya berdurasi panjang mulai dari 30-50 menit
Hasil akhir Iklan televisi dan radio, profil perusahaan, dokumenter, dll Film animasi, serial televisi, dan kartun

Baca juga: 5 Tips untuk Memastikan Karyawan Freelance Tetap Produktif

Skill-set yang dibutuhkan untuk menjadi Voice Over artist


Ada beberapa peralatan yang dapat meningkatkan hasil suara talent voice over seperti microphone, headphone, komputer dan program software - Pexels

Untuk menjadi voice over talent yang sukses, dibutuhkan training dan latihan agar mereka dapat meningkatkan skill dan menjadikan diri mereka profesional agar mendapatkan lebih banyak tawaran pekerjaan. Beberapa skill yang dibutuhkan talent voice over adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan vokal

Voice over talent harus memiliki skill dalam kemampuan vokal mereka. Dengan modulasi nada, talent harus bisa membuat penonton tertarik untuk terus menonton video atau mendengarkan iklan sampai selesai.

2. Bahasa

Selain itu, talent voice over juga harus memiliki pelafalan yang jelas agar informasi yang disampaikan kepada audiens dapat diterima dengan jelas. Intonasi yang menarik juga membantu audiens bertahan lebih lama untuk mendengarkan sampai akhir iklan. Mengembangkan bahasa adalah salah satu skill untuk meningkatkan nilai seorang talent voice over. Selain belajar bahasa, mereka juga dapat mempelajari aksen, karakter suara, pelafalan yang jelas hingga kemampuan akting dengan suara.

3. Menerima arahan dengan cepat dan efisien

Talent voice over umumnya tidak bekerja sendirian, akan ada director yang mengarahkan mereka sehingga kemampuan untuk mengerti dan menerima arahan dengan cepat agar dapat bekerja dengan efisien sangat dibutuhkan.

4. Komunikasi

Skill komunikasi tentunya sangat dibutuhkan karena talent voice over harus bisa memahami narasi tertulis yang diberikan dengan cepat dan harus bisa menyuarakan narasi tersebut dengan tepat sesuai brief yang diberikan klien kepada mereka.

5. Self-branding

Umumnya talent voice over adalah seorang pekerja lepas sehingga mereka harus bisa memasarkan diri dan kemampuan mereka dalam menjadi pengisi suara dengan baik, agar mereka mendapatkan lebih banyak tawaran pekerjaan voice over. Selain menginvestasikan diri untuk meningkatkan skill, seorang voice over talent juga perlu menginvestasikan peralatan yang dapat membantu mereka memproduksi hasil suara yang lebih baik.

Beberapa peralatan untuk membuat studio di rumah untuk voice over adalah microphone beserta filter, headphone, dan komputer serta beberapa program software seperti Adobe Audition, Audacity, ProTools, Logic, dan GarageBand.

Baca juga: Mau kerja dari rumah? Ini 11 kelebihan dan kekurangannya

5 Voice Over artist Indonesia


Voice over adalah teknik produksi di mana suara direkam untuk penggunaan di luar layar - Pexels

Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah. Fenomena ini ternyata menciptakan ide kreatif dari beberapa orang dengan pekerjaan tertentu, salah satunya ide konten kreatif dari voice over artist. Video mereka viral di sosial media karena mengungkapkan jati diri mereka sebagai seorang voice over dan membuat banyak konten voice over yang biasanya didengar masyarakat melalui iklan di televisi dan radio.

5 Orang Indonesia yang terkenal bekerja sebagai voice over adalah sebagai berikut.

1. Tisa Julianti


Voice over artist Indonesia, Tisa Julianti @tisajulianti - Instagram

Tisa Julianti adalah talent voice over dan dubber yang sudah cukup dikenal karena karyanya yang sangat banyak. Ibu dua anak ini sudah menjadi seorang voice over sejak tahun 1993 lewat Sanggar Prativi. Walaupun awalnya hanya mendapatkan peran-peran kecil dan reaksi sederhana seperti seruan “yeay!”, keteguhan Tisa membuat dirinya berhasil mendapatkan peran voice over dan dubber yang lebih besar sampai hari ini.

Tisa adalah suara di balik layar iklan-iklan yang kamu lihat di televisi seperti Gery Saluut Sandwich Kotak, Softex Daun Sirih, Pantene, Pocky, Rinso, minyak kayu putih Caplang, Tokopedia, KFC, Spotify, Shopee, Aqua, dan Samsung.

Saat ini, Tisa juga aktif membagikan pengetahuannya mengenai voice over melalui Instagram pribadinya @tisajulianti. Beliau juga adalah founder dan mentor dari #KelasVO @dubberandwriter #SuaraTisa.

2. Irene Nasution


Voice over artist Indonesia, Irene Nasution @irenenasutionn - Instagram

Selain Tisa, Irene Nasution adalah salah satu senior di bidang voice over. Irene memulai kariernya di bidang voice over ini sejak tahun 1987. Kini dirinya masih aktif menjadi talent voice over dan memberikan edukasi secara online via Instagram @irenenasutionn.

Dirinya menyampaikan kepada #NgobrasDream (12/10) bahwa dia telah 100% menjual suaranya mulai dari sandiwara radio, dubbing, iklan, e-learning, dll. Irene sendiri adalah sosok di balik pengisi suara iklan Spotify Premium, iklan Teh Sariwangi, BRI, PLN, Bukalapak, dan Safi.

3. Antonius Bimo Kusumo Yudo


Voice over artist Indonesia, Antonius Bimo Kusumo Yudo @bimoky - Instagram

Antonius Bimo Kusumo Yudo, yang lebih dikenal dengan nama akun media sosialnya yaitu @bimoky, adalah seorang voice over artist yang sudah mengisi suara banyak iklan televisi Indonesia. Beberapa iklan tersebut adalah Mizone, Kacang Garuda, Indomie, Pop Mie, dan lain-lain.

Bimo sendiri adalah founder dari Voice Institute Indonesia juga Podcast Malam Kliwon. Untuk kamu yang ingin belajar voice over, kamu bisa melihat instagramnya @bimoky karena Bimo banyak membagi tips voice over lewat #BelajarVO.

4. Putri Sa’ud


Voice over artist Indonesia, Putri Sa’ud @putri.saud - Instagram

Putri Sa’ud adalah voice over talent yang viral karena membuat video bersama Antonius Bimo dalam menirukan suara kru kabin pesawat sebelum lepas landas di media sosial. Di video tersebut, Bimo mengisi suara kru kabin dalam Bahasa Indonesia dan Putri mengisi suara dalam Bahasa Inggris.

Putri Sa’ud sendiri adalah voice over artist dari salah satu pengisi iklan untuk Gojek dan Maybelline. Putri juga adalah sosok di balik voice over untuk Buckingham Palace Virtual Tour.

5. Leyla Aderina


Voice over artist Indonesia, Leyla Aderina @leyladerina - Instagram

Leyla Aderina adalah seorang voice over yang dikenal karena menirukan suara iklan platform musik Spotify. Padahal, dia sama sekali tidak terkait dengan iklan tersebut. Kemampuannya mengubah suara dan melakukan voice over ternyata berhasil menarik perhatian banyak orang di media sosial. Sehingga video yang dibuat di akun TikToknya @leyladerina berhasil membuat dirinya viral.

Leyla sendiri adalah seorang voice over artist dan dubber yang sering menjadi pengisi suara di beberapa kartun dan iklan. Leyla juga saat ini masih aktif menjadi announcer untuk salah satu stasiun radio.

Baca juga: 5 Skill yang dibutuhkan perusahaan pasca pandemi

Voice over adalah salah satu keahlian yang dapat memberikan kamu penawaran kerja sebagai pekerja lepas. Jika kamu memiliki skill lain, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan incaran kamu.

Sambil mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT juga, ya! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai voice over, apakah kamu tertarik menjadi seorang voice over talent? Atau kamu ingin meningkatkan skill lain di tahun 2022? Tonton video berikut ini mengenai skill incaran perusahaan pasca pandemi untuk membantu kamu mengetahui skill apa yang paling dibutuhkan di situasi saat ini.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

 

Sumber:

  • fiver
  • studiobinder
  • 90seconds
  • voices
  • bunnystudio
  • future-trans
  • voiceovergrid
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Sandhika_Galih__Dosen_yang_Sering_Ngasih_Ilmu_tentang_Web_Programming.png

    Expert's Corner

    Mengenal Sandhika Galih, Dosen yang Sering Ngasih Ilmu tentang Web Programming

    Anisa Sekarningrum

    17 November 2022
    5 min read

    Video