Media

Mau Kerja dari Rumah? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
By Tsalis Annisa - 1 February 2019
4 min read 167 Views
Kerja dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri - EKRUT
Kerja dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri - EKRUT

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar “bekerja dari rumah”? Tentu suatu yang mengasyikkan bukan? Kamu bisa menghemat ongkos transport dari rumah ke kantor dan sebaliknya, punya waktu kerja fleksibel, dan berbagai alasan lainnya.

Kamu pun bukan satu-satunya orang yang memikirkan tentang keuntungan-keuntungan tersebut. Faktanya, survei membuktikan bahwa jumlah pekerja jarak jauh naik 4% dalam kurun waktu 4 tahun (2012-2016).

Dari 15.000 peserta pekerja jarak jauh dalam survei tersebut pun didapatkan bukti bahwa sekitar 31% nya bekerja 4-5 hari/minggu di rumah pada tahun 2016. Frekuensi tersebut baik sekitar 24% dibanding tahun 2012.

Tapi tunggu dulu, meski tampak menggiurkan dan jumlahnya terus bertambah, 81% pekerja jarak jauh (telecommuter) mengatakan, profesinya tetap memiliki kerugian. Nah, agar kamu dapat menentukan pilihan dengan bijak, ketahui dulu keuntungan dan kerugian bekerja dari rumah.

5 Keuntungan Bekerja dari Rumah

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan bekerja dari rumah.

Waktu Fleksibel

Bekerja di rumah membuat kamu bisa mengatur waktumu sendiri sesuai keinginan. Kamu bisa memutuskan kapan pekerjaan harus dimulai dan kapan harus selesai.

Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah menyesuaikan waktumu dengan keperluan-keperluan lainnya. Contohnya saja seperti keperluan rumah tangga mulai dari mencuci, memasak dan lainnya

Independen

Bekerja dari rumah membuatmu, mau tidak mau, harus bisa mengatur waktumu sendiri. Hal ini akan membuatmu menjadi sosok yang memiliki kedisiplinan dan motivasi pada dirinya sendiri.

Dalam perjalanan karir, hal-hal tersebut adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Lewat bekerja dari rumah, kamu bisa mendapatkan komponen-komponen tersebut lebih cepat.

Efisien

Bekerja dari rumah dapat membuatmu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Pasalnya, kamu tidak perlu membuang banyak waktu dan energi untuk hal-hal yang tidak penting yang perlu dihadapi oleh pekerja kantoran.

Hal-hal tersebut meliputi waktu transport untuk pergi dan pulang dari kantor, belum lagi tingkat stres bila perjalanan macet. Kamu pun tidak perlu ikut bertarung dalam politik perusahaan, menahan diri dengan bos yang terus menerus mengomel, berteman dengan rekan kerja yang hanya bergosip sepanjang hari, dan halangan-halangan lainnya yang harus kamu hadapi bila bekerja di kantor.

Jadi Pakar Komunikasi

Bekerja dari jarak jauh memaksamu untuk paham dengan segala hal tentang teknologi komunikasi, mulai dari email, teleconference, web meeting, hingga menggunakan skype atau aplikasi komunikasi lainnya.

Kemampuan ini bila kamu terapkan sebaik-baiknya akan meningkatkan daya jualmu di pasar karir. Apalagi, di ranah kerja yang hampir segalanya menggunakan teknologi digital.

Lebih Dekat dengan Keluarga

Bekerja di kantor kadang membuatmu perlu pergi pagi sebelum matahari terbit dan pulang larut malam. Hal ini, bila berlarut-larut, bisa merenggangkan hubunganmu dengan keluarga.

Situasi yang berbeda bisa didapat bila kamu bekerja dari rumah. Kamu bisa tetap memantau perkembangan anak dan siap sedia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat menjadikan keluarga lebih harmonis.

Baca juga: 11 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

4 Kerugian Bekerja dari Rumah

Selain keuntungan, kamu juga mungkin mengalami kerugian bekerja dari rumah. Berikut ini adalah kekurangannya.

Jam Kerja Kacau

Bila kamu tidak hati-hati, bekerja dari rumah bisa membuatmu selalu merasa sedang berada di tempat kerja. Hal ini justru bisa mengacaukan kehidupan berkeluarga yang selama ini baik-baik saja.

Maka dari itu, penting untuk tetap mengatur kapan waktu untuk bekerja, kapan beristirahat dan lainnya. Kamu harus profesional. Ada baiknya kamu memiliki ruang kerja sendiri yang tidak boleh dimasuki oleh anggota keluarga lain saat sedang jam kerja sehingga kamu bisa fokus.

Merasa Terasing dari Kehidupan Sosial

Salah satu alasan besar mengapa orang bekerja, selain butuh uang, adalah kebutuhan untuk berinteraksi dengan manusia lain. Komunikasi online baik lewat messenger, Skype, dan lainnya tidak akan bisa menggantikan wujud langsung seseorang untuk diajak bicara.

Maka dari itu, penting untuk tetap melakukan kelas atau training agar tetap berkomunikasi dengan manusia lain. Tidak ada salahnya juga melakukan rapat langsung dengan rekan kerja. Hal ini tak hanya baik untuk kesehatan mentalmu namun juga menunjukkan bahwa kamu masih anggota penting bagi tim.

Menjadi Kurang Kompetitif

Meski lingkungan kerja bisa saja menyebalkan, di sisi lain bisa juga hal tersebut menjadi cambuk bagi diri kita untuk terus menjadi lebih baik. Misalnya, kamu bisa meniru sifat baik dan semangat kerja rekan kerjamu atau hal lainnya.

Dengan bekerja dari jarak jauh dan sendirian, hal-hal tersebut tidak bisa kamu dapatkan. Maka dari itu, penting untuk tetap mengadakan pertemuan-pertemuan dengan rekan kerjamu ya.

Kurang Akses Teknologi Informasi

Bila di kantor, saat komputer atau laptopmu rusak, kamu tinggal menelepon bagian IT untuk meminta mereka memperbaikinya. Namun, saat bekerja di rumah, kamu harus mendapatkan informasi tersebut sendiri.

Tak hanya itu, dengan bekerja dari jarak jauh, meski sekarang segalanya sudah dapat disimpan online, mungkin ada beberapa hal atau dokumen yang tidak dapat kamu akses kecuali bila kamu bekerja di kantor.

Kamu sekarang sudah tahu apa kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah. Ternyata tidak seindah yang selalu dibayangkan ya? Namun tenang saja, bantuan dari Ekrut mungkin bisa mempermudah langkahmu. Mari menjadi anggota dengan klik disini.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: karier, produktivitas, kinerja, kerja dari rumah

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang