Published on

startup

Warung pintar raih pendanaan seri B sebesar US$ 27.5 juta

Tsalis Annisa

warung-pintar-EKRUT.jpg

Berdiri sejak November 2017, hari ini Warung Pintar mengumumkan perolehan pendanaan seri B dari para investor senilai US$27.5 juta atau Rp390 miliar.

Pendanaan ini didapatkan dari beberapa investor mereka, yaitu Vertex, Line Ventures, SMDV, Pavilion Capital, Triputra, Digital Garage, Agaeti, EV Growth, Jerry Ng, dan termasuk investor baru mereka, yaitu OVO.

Warung Pintar sendiri merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi ritel mikro dan memiliki tujuan memperluas pemerataan ekonomi dengan melakukan digitalisasi warung. Sehingga usaha kecil dapat bersaing di era teknologi.

Tidak seperti warung pada umumnya, Warung Pintar menyediakan tempat untuk mengisi baterai telepon genggam, dan wifi gratis. Di Warung Pintar masyarakat juga dapat membeli tiket kereta, pesawat, dan bahkan membayar listrik.

Tak hanya itu, dengan menjadi mitra Warung Pintar, pedagang juga akan lebih mudah untuk memantau pengeluaran, pemasukan, dan melihat produk apa saja yang lebih laku. Dan agar lebih melek teknologi, para pedagang ini juga akan dipantau dan diberikan pembelajaran.

Memulai pada Januari 2018 dengan hanya memiliki dua warung, hingga saat ini Warung Pintar sudah memiliki sekitar 1.150 warung. Setidaknya perkembangan bisnis ini meningkat 575 kali lipat dalam waktu setahun. Dengan peningkatan angka yang cukup pesat ini, Warung Pintar pun dianggap merupakan salah satu startup yang memiliki perkembangan paling cepat di East Ventures.

Baca juga: East Ventures akhirnya menunjuk partner wanita pertama

CEO dan C0-Founder Warung Pintar, yaitu Agung Bezharie Hadinegoro, mengatakan bahwa penghasilan mitra mereka meningkat hingga 41%, dan kualitas hidup mereka meningkat hingga 110% sejak bergabung. Berdasarkan peningkatan tahun lalu, hingga akhir tahun ini, Agung menargetkan untuk memiliki sekitar 5.000 warung.

Jesslyn Widjaja dari SMDV berpendapat bahwa Warung Pintar akan menjangkau dan membantu pemilik usaha kecil yang tidak terlayani tanpa kemampuan teknologi. Sedangkan Chua Kee Lock yang merupakan Managing Partner Vertex, mengatakan bahwa Vertex ingin turut memberdayakan populasi yang kurang terlayani dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang.

Dengan pendanaan yang didapatkan, Warung Pintar pun diharapkan dapat terus memberikan dampak positif yang mendalam pada masyarakat, dan terus mendorong pertumbuhan serta pemerataan ekonomi.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • techinasia.com
  • dealstreetasia.com
  • crunchbase.com
  • warungpintar.co.id

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_1._Startup_Adalah_Definisi__Cara_Kerja__Kelebihan-Kekurangan__dan_6_Tipe_Perusahaannya.jpg

startup

Startup Adalah: Definisi, Cara Kerja, Kelebihan-Kekurangan, dan 6 Tipe Perusahaannya

Anisa Sekarningrum

28 April 2022
5 min read
H1_ojk_adalah.jpg

startup

Mengenal Apa itu OJK? Mulai dari Tujuan, Peran, Fungsi, dan 4 Wewenangnya

Alvina Vivian

08 April 2022
5 min read
pexels-fauxels-3184292.jpg

startup

Perencanaan Strategis: Definisi, Komponen, dan 3 Manfaatnya

Chrissila Jessica

18 March 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read