Lainnya

Strategi Pemasaran Word of Mouth untuk Meningkatkan Bisnis

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Nurina Ulfah

Her love for writing always revives the vigor in her soul. If she could visualize the amount of love she has for writing, it would be as big as the sun.

H1_word_of_mouth.jpg

Word of mouth adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Jadi, jika ada seorang konsumen yang suka dengan produk tertentu, bisa jadi mereka juga pernah membicarakan produk tersebut ke orang lain. Dengan kata lain, orang tersebut sudah membantu brand dalam menyebarluaskan informasi terkait produk dan melakukan kegiatan word of mouth. Untuk lebih lengkapnya, simak strategi pemasaran word of mouth untuk meningkatkan bisnis di artikel ini.

Apa itu word of mouth?


Word of mouth adalah sebuah strategi pemasaran. (sumber: pexels)

Word of mouth adalah sebuah strategi pemasaran produk atau jasa yang dilakukan oleh seseorang dari mulut ke mulut, dari satu orang ke orang lainnya tanpa adanya paksaan. Sederhananya, saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk tertentu, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan bahkan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Jadi, pada dasarnya, word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang bersifat gratis untuk suatu brand, yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh para konsumen tetapnya.

Baca juga: Mengenal Relationship Marketing Mulai dari Keunggulan, 5 Tipe, dan Contohnya

Manfaat word of mouth


Word of mouth bermanfaat untuk membangun brand. (sumber: pexels)

Word of mouth merupakan strategi pemasaran yang mampu memberikan banyak manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Meningkatkan kepercayaan

Manfaat adanya kegiatan word of mouth adalah membangun kepercayaan pada konsumen terkait produk yang ditawarkan brand. Jadi, word of mouth akan secara otomatis terjadi ketika ada pelanggan yang merasa puas menggunakan suatu produk dari sebuah brand. Dengan adanya peningkatan rasa puas tersebut, maka pelanggan akan makin percaya dan berani untuk merekomendasikannya pada orang-orang yang ada di sekitarnya.

2. Membangun brand

Suatu brand perlu membangun brand-nya sebaik mungkin agar lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas. Selain dilakukan melalui media sosial, strategi word of mouth ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang efektif.

3. Hemat biaya

Manfaat lain dari menggunakan strategi word of mouth adalah minimnya penggunaan biaya. Jadi, perusahaan tidak melulu harus mengeluarkan banyak biaya dalam melakukan kegiatan marketing.

Baca juga: Pengertian Guerilla Marketing dan 10 Contohnya dalam Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran word of mouth


Strategi pemasaran word of mouth bisa dilakukan melalui campaign. (sumber: pexels)

Walaupun word of mouth memang tidak membutuhkan banyak biaya, namun kamu tetap harus mempersiapkan strategi yang efektif untuk mampu menarik minat konsumen. Berikut ini adalah beberapa cara yang paling efektif untuk menjalankan strategi pemasaran word of mouth.

1. Buat campaign

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan strategi word of mouth adalah dengan membuat campaign iklan yang menyentuh emosional calon konsumen. Suatu brand akan menjadi lebih mudah terkenal ketika mampu membuat sebuah campaign iklan yang terhubung dengan sisi emosional konsumennya. Jadi, ketika suatu brand mampu membuat hubungan emosional yang baik dengan konsumen, maka produk tersebut akan kerap diperbincangkan oleh banyak orang.

2. Berkolaborasi dengan KOL (key opinion leader) atau influencer

Di era digital ini, perkembangan media sosial membuat KOL (key opinion leader) atau influencer menjadi makin terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan strategi ini untuk bisa mengembangkan word of mouth dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Memanfaatkan jasa seorang influencer tentu akan membantu proses branding pada produkmu karena mereka sudah memiliki banyak followers atau pengikut. Namun, disarankan agar kamu melakukan berbagai riset yang mendalam terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan jasa seorang influencer.

3. Buat acara yang melibatkan komunitas

Strategi word of mouth yang bisa diterapkan selanjutnya adalah dengan membuat suatu acara yang melibatkan komunitas tertentu. Nah, dengan membuat suatu acara yang melibatkan konsumen, maka mereka akan merasa sangat dihargai oleh brand yang telah disukainya tersebut. Selain itu, acara ini juga mampu mempererat hubungan yang baik antara brand dengan konsumen.

4. Minta feedback dari konsumen

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen adalah dengan meminta feedback yang baik dari mereka. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak melupakan brand dan selalu membicarakan brand tersebut.

5. Prioritaskan kualitas produk dan layanan

Tentunya strategi pemasaran word of mouth tidak dapat berjalan jika produk atau jasa yang kamu jual tidak memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, persiapkan segala detail operasional bisnis dengan matang. Pastikan bahan-bahan produksi yang digunakan berkualitas. Fokus untuk menghadirkan produk atau jasa dengan kualitas terbaik, imbangi juga dengan layanan yang baik pula.

Baca juga: Mengenal Product Marketing dan Strateginya untuk Meningkatkan Penjualan

Nah, jika suatu perusahaan mampu menerapkan word of mouth, maka laba perusahaan pun akan meningkat dan perusahaan akan makin berkembang. Itulah pembahasan mengenai strategi pemasaran word of mouth untuk meningkatkan bisnis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • accurate.id
  • sendpulse.com
  • investopedia.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Panduan_Menggunakan_YouTube_Dashboard_Monetisasi_Terlengkap_2022.jpg

    Technology

    Panduan Menggunakan YouTube Dashboard Monetisasi Terlengkap 2022

    Anisa Sekarningrum

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Apa_itu_Google_Search_Console__Berikut_Cara_Daftar_dan_4_Fungsi_Utamanya!.png

    Expert's Corner

    Apa itu Google Search Console? Berikut Cara Daftar dan 4 Fungsi Utamanya!

    Anisa Sekarningrum

    23 November 2022
    5 min read
    H1_1._Brand_Image_Fungsi__Cara_Meningkatkan__dan_5_Contohnya.jpg

    Expert's Corner

    Brand Image: Fungsi, Cara Meningkatkan, dan 5 Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    22 November 2022
    5 min read

    Video