Media

10 kursus Docker gratis buat kamu
By Maria Yuniar - 19 September 2018
7 min read 943 Views

Seiring perkembangan software yang bergerak menuju otomatisasi, pengetahuan dan pengalaman yang baik tentang Docker akan sangat menunjang kariermu. Terutama yang berprofesi sebagai programmer dan engineer. Jika kamu merupakan programmer atau engineer, maka pengetahuan dan skill tentang Docker berpotensi membawa peningkatan gaji untukmu!

Mungkin selama ini kamu memang ingin bergabung dengan kursus Docker, tapi terkendala biaya. Jangan khawatir. Ada sederetan kursus online gratis untuk mempelajari Java, Spring, Kotlin, DevOps, Eclipse, Jenkins, Rails, PHP, dan MySQL, Oracle, Linux, dan sebagainya. Berikut ini sepuluh kursus Docker gratis yang bisa kamu coba. (Baca juga: 5 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume Anda)

 

Getting Started With Docker: Key Concepts for Beginners

Kursus ini sangat tepat bagi pemula yang ingin mengetahui berbagai hal tentang Docker. Kamu bisa mempelajari cara menginstal Docker, melakukan kloning dan menggunakan image, memahami kontainer yang ada, menaikkan volume host, mengalihkan port, serta mengelola gambar.

Setelah menyelesaikan kursus ini, kamu bisa mengimplementasikan Docker dalam pekerjaanmu. Singkatnya, kamu akan mampu mempelajari hal-hal mendasar dalam Docker. (Baca juga: Asah kemampuan IT Anda agar dilirik perusahaan)

 

Understanding Docker and using it for Selenium automation 

Kursus yang satu ini bagus untuk mempelajari dan memahami dasar-dasar Docker untuk Selenium pada proyekmu. Kursus ini dirancang untuk pada developer serta devops engineer. Ada tiga bagian utama dalam kursus, yaitu pengenalan Docker, Docker Compose, dan Selenium Grid dengan Docker. Tiga bagian ini bisa kamu pelajari secara berkelanjutan. (Baca juga: Jadi software engineer tanpa gelar IT? Bisa kok!)

 

Beginners' guide to software containerization and Docker

Untuk mempelajari gambaran besar Docker, kursus yang satu ini sangatlah penting. Pengetahuanmu dalam hal virtualisasi, jaringan, serta komputasi akan membantumi mengikuti materi dalam kursus. Kamu bisa mengenali tren pengembangan software saat ini dan berbagai masalah yang bisa dipecahkan dengan Docker. Jadi, kursus ini cocok untuk para developer IT, programmer, administrator IT, serta siapa pun yang ingin memahami peran Docker dalam pengembangan aplikasi saat ini.

 

Docker and Containers: The Essentials

Docker dan container adalah cara baru dalam mengembangkan dan mengirimkan aplikasi dan infrastruktur IT. Materi kursus ini antara lain peran dan dampak Docker serta container bagi perusahaan. Setelah menyelesaikan kursus ini, kamu bisa membantu perusahaan tempatmu bekerja dalam merancang strategi untuk container.


Sumber: youtube.com

 

Docker Swarm: BEGINNER + ADVANCED

Kursus ini mengajarkanmu semua yang perlu kamu ketahui tentang Docker Swarm, sebagai solusi untuk mengelola Docker dalam skala besar. Maka dari itu, kita bisa menyebutnya sebagai kursus tahap lanjut untuk memahami Docker. Kursus ini sangat disarankan untuk para developer, devops engineer, dan mereka yang bergerak di infrastruktur IT. Sebelumnya kursus ini dikategorikan berbayar di Udemy, tetapi gratis untuk waktu yang terbatas. Jadi, bergabunglah dengan kursus ini selagi masih gratis. 

 

Docker Course Made for Developers

Terlepas apakah kamu seorang developer maupun bukan, siapa pun yang bekerja dengan coding atau server akan meningkatkan produktivitasnya dengan platform pembukaan aplikasi Docker yang terbuka. Dalam kursus ini, kamu akan belajar cara menggunakan produk Docker, seperti Docker Toolbox, Docker Client, Mesin Docker, Docker Compose, Kinematic, dan Docker Cloud. Kamu juga akan mempelajari cara bekerja dengan gambar, menjalankan sebuah proyek, dan memanfaatkan cloud.

 

Docker on Windows 10 and Server 2016

Kursus ini mengajarkanmu cara menggunakan Docker pada Windows 10 dan Windows Server 2016. Kamu pun akan memahami cara kerja Docker pada Windows dan Linux.

 

Deploying Containerized Applications Technical Overview

Docker telah menjadi standar de facto untuk mendefinisikan dan menjalankan container di sistem operasi Linux. Dalam kursus ini, Jim Rigsbee, seorang pengembang kurikulum untuk Red Hat Training, akan memperkenalkan kamu kepada Docker yang diaplikasikan di Red Hat Enterprise Linux.

 

Docker Deep Dive

Sesuai namanya, kursus ini memberikan materi untukmu yang ingin mempelajari Docker secara mendalam. Kamu bakal memahami teknologi Docker inti, termasuk Docker engine, images, containers, registries, networking, storage, dan banyak lagi. Kamu mempelajari berbagai teori dan konsep Docker. Kabar baiknya, kamu tidak memerlukan keterampilan dalam hal Docker maupun Linux.


Sumber: devrant.com

 

Docker and Containers: The Big Picture

Dalam kursus ini, kamu akan mempelajari peran Docker dan container dalam tim kerjamu. Ada container registries, container orchestration, dan berbagai persiapan yang mesti kamu lakukan.

Dengan mengikuti kursus ini, kamu akan menjadi software developer maupun engineer yang andal. Tidak hanya itu, kamu juga menjadi lebih profesional dalam memecahkan suatu kasus terkait dengan Docker.

Semua kursus di atas bisa kamu akses di udemy.com dengan gratis. Mana yang akan kamu coba terlebih dulu?

 

Rekomendasi bacaan:
Email jadi sasaran hacker, harus bagaimana?
Bagaimana cara ngobrol dengan atasan tanpa canggung?
Rencana marketing seperti apa sih, yang paling jitu?

 

Sumber:
hackernoon.com
dzone.com
java67.com
trentech.id

Tags:

  • kursus
  • udemy
  • software
  • developer
  • programmer
  • container
  • Docker
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang