Published on

Careers

9 Website kursus online bersertifikat gratis dan tips memilih yang tepat

Widyanto Gunadi

kursus-online-bersertifikat-EKRUT.jpg

Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan karier seiring dengan perkembangan dunia maya di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka, misalnya belanja dan mencari transportasi. 

Peralihan ini turut menarik bidang-bidang lain dalam dunia digital, termasuk pendidikan. Kini, makin banyak platform kursus online yang tersedia di Internet. Bahkan, kursus-kursus di internet tersebut menawarkan berbagai pilihan program dengan sertifikat.

Artikel ini akan membahas rekomendasi mengenai kursus online yang menawarkan tempat belajar untuk mengembangkan bakat dan kemampuan, sekaligus memperkaya resume kamu.

Benefit mengikuti kursus online untuk perkembangan karier

Benefit mengikuti kursus online untuk perkembangan karier
Mengikuti kursus online akan berdampak pada peningkatan karier. (Foto: Pexels)

Saat ini, ada berbagai platform kursus online yang menawarkan banyak opsi untuk mempelajari banyak topik berbeda. Beberapa di antaranya gratis sementara yang lain memerlukan langganan untuk mengakses seluruh rangkaian kursus. 

Kursus online memungkinkan siapa saja dan di mana saja untuk mempelajari serangkaian keterampilan baru atau mengasah keterampilan mereka yang sudah ada. Mempelajari keterampilan baru menambah repertoar dan meningkatkan kemampuan kamu untuk melakukan tugas secara efektif. 

Atasan atau calon recruiter juga akan semakin mempertimbangkan kamu karena meluangkan waktu untuk mengasah keterampilan dan terus memperbarui diri lewat kursus. Belajar melalui kursus online memiliki benefit atau manfaat tersendiri yaitu:

  • Jadwal fleksibel, dengan kursus online, kamu bisa memiliki kemewahan jadwal fleksibel yang memungkinkan belajar dengan nyaman. Kamu dapat menonton video atau menelusuri materi pendidikan di mana pun dan kapan pun kamu ingin belajar.
  • Mengikuti tren yang terus berubah, penting di banyak industri untuk mengikuti tren yang berubah. Kamu misalnya dapat mengikuti kursus online untuk mempelajari seluk beluk pemasaran digital dan tetap mengikuti perkembangan industri.
  • Banyak pilihan kursus, kamu dapat mempelajari apa pun yang diinginkan di tingkat mana pun. Kamu dapat mempelajari bahasa baru atau cara membuat kue atau bahkan cara membuat situs web dari awal.
  • Biaya yang jauh lebih rendah, kursus online jauh lebih murah. Kamu mungkin mempelajari hal yang sama seperti dalam kursus fisik yang sebenarnya, tetapi dengan biaya yang lebih rendah. Banyak platform online gratis, dan yang berbayar mematok biaya tahunan yang memungkinkan kamu mengakses setiap kursus yang tersedia di platform tersebut. 
  • Belajar disesuaikan dengan kebutuhan, kursus online biasanya buka sepanjang tahun dan memungkinkan orang tersebut untuk belajar dengan kecepatannya sendiri. Ini berarti kamu dapat melihat video materi sepuluh kali jika perlu mempelajari materi atau melewatkannya jika kamu sudah familiar dengan materi.

Baca juga: 6 Rekomendasi kursus desain grafis online gratis

7 Kursus online bersertifikat yang bisa meningkatkan keahlianmu

7 Kursus online bersertifikat yang bisa meningkatkan keahlianmu
Kursus dengan sertifikat bisa dilaksanakan secara daring. (Foto: Pexels)

Nah, berikut ini adalah daftar rekomendasi kursus online dengan beragam topik untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlianmu:

1. IndonesiaX

kursus online bersertifikat EKRUT 
Kamu bisa mencoba mencari kursus online melalui platform buatan anak bangsa IndonesiaX - EKRUT

IndonesiaX hadir dengan beragam pilihan materi dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. IndonesiaX juga menggandeng institusi dan instansi terkemuka, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, NET TV, dan lain-lain. 

Walaupun kursus di IndonesiaX ini gratis, namun kita perlu membayar biaya administrasi untuk mendapatkan sertifikat. Kamu dapat mengaksesnya melalui https://indonesiax.co.id.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

2. Coursera

kursus online bersertifikat EKRUT 
Ada beragam topik yang disediakan oleh Coursera salah satunya adalah kursus seni - EKRUT

Coursera menyediakan banyak kursus gratis dengan beragam topik, mulai dari kursus akademik, seni rupa, sampai kursus tentang meditasi dan kebahagiaan. Namun, untuk mendapatkan sertifikat resmi, kamu masih harus melakukan pembayaran yang dipersyaratkan. Silakan kunjungi Coursera melalui https://coursera.org.

3. SquLine

kursus online bersertifikat EKRUT 
Kamu pun bisa mencoba belajar bahasa asing melalu situs Squline - EKRUT

SquLine merupakan situs kursus online untuk belajar bahasa asing. Melalui layanan yang ditawarkan, kamu dapat belajar bahasa Inggris atau Mandarin dari mana saja. Kamu tidak perlu lagi datang ke tempat kursus untuk belajar bahasa asing. Kursus online ini dapat diakses di https://squline.com.

Baca juga: 10 kursus Docker gratis buat kamu

4. Haktiv8

Haktiv8
HACKTIV8 menyediakan kursus untuk full stack developer. (Foto: Pexels)

HACKTIV8 adalah program kursus online untuk pemula yang ingin menjadi seorang Full Stack Developer. HACKTIV8 menawarkan program kursus 9 jam per hari selama 5-6 hari seminggu untuk mengikuti Full Stack Immersive, dan 4 jam per hari selama 5-6 hari seminggu untuk mengikuti Full Stack Flex

Bootcamp yang ditawarkan selama 12 hingga 24 minggu. Selanjutnya lembaga ini akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan. melalui jaringan perusahaan rekanan. Kamu bisa mengakses kursus ini dengan mengunjungi laman https://www.hacktiv8.com/

Baca juga: 7 Rekomendasi kursus SEO online untuk asah kemampuanmu

5. Purwadhika

Purwadhika
Purwadhika fokus pada pendidikan teknologi digital. (Foto: Pexels)

Purwadhika Digital Technology School adalah salah satu pionir lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki fokus di dunia pendidikan teknologi digital yang telah berdiri selama 32 tahun lebih.

Purwadhika Digital menawarkan berbagai program kursus online Full Stack Web Development, Data Science & Machine Learning, Digital Marketing, UI/UX Design, Advanced Performance Marketing, Advanced SEO, Advanced Social Media, Machine Learning Engineering, Digital Transformation for Executive, Introduction to Digital Marketing,Strategic Digital Marketing for Leaders, Data Science for Leaders, dan Data Analysis.

6. Shift Academy

Shift Academy
Shift academy menawarkan kursus dunia digital. (Foto: Pexels)

Shift Academy merupakan salah satu produk dari Peopleshift untuk membantu mewujudkan salah satu visi dari Peopleshift, yaitu sebagai platform pembelajaran bagi peminat kursus online. Terdapat 3 tahapan dalam konsep Shift Academy, yaitu Pembelajaran (Learn), Menghubungkan (Connect), dan Membangun Karir (Build Career). Shift Academy dan Peopleshift juga telah dipercaya dan bekerjasama dengan berbagai Institusi baik Swasta, BUMN maupun Pemerintahan.

Pembelajaran yang ditawarkan mulai dari digital marketing, hingga data science dan full stack developer. Kamu dapat mengakses kursus online ini di https://shiftacademy.id/. 

7. edX

kursus online bersertifikat EKRUT 
Ada lebih dari seribu kursus online yang bisa kamu temukan di edX - EKRUT

edX merupakan situs hasil kerja sama dua universitas, yaitu Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 2012. edX dikelola oleh universitas dengan skema non-profit dan open source. Jadi, siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs kursus online-nya masing-masing.

Ada lebih dari seribu materi pelajaran yang dapat diakses secara gratis, mulai dari TOEFL Preparation, seni, budaya, hingga arsitektur. Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan. Kamu bisa mengakses edX melalui https://edx.org.

8. Alison

Alison kursus online bersertifikat EKRUT
 Alison memiliki lebih dari 7 juta pengguna dalam program kursus online mereka - EKRUT

Alison didirikan pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah memiliki lebih dari 7 juta pengguna serta pengajar dari beragam institusi, termasuk Microsoft, Google, dan berbagai universitas terkemuka lainnya. Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. 

Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Materi Diploma membahas materi dengan lebih mendalam, sementara materi Certificate hanya tersedia dalam bentuk cetak. Alison dapat diakses melalui: https://alison.com.

9. Udemy 

kursus online bersertifikat EKRUT 
Udemy bekerja sama dengan EKRUT menghadirkan kurus online yang bisa diikuti oleh beragam bidang - EKRUT

Rekomendasi terakhir kursus online yang bisa kamu coba yakni berasal dari Udemy. Berdiri sejak 2010 di Amerika, Udemy telah memiliki lebih dari 50 juta siswa dengan lebih dari 57 ribu instruktur di seluruh dunia. Ada berbagai macam kursus keterampilan online yang disediakan seperti bidang marketing, keuangan, IT, desain, fotografi dan sebagainya. 

Baca juga:10 Kursus online digital marketing yang bisa kamu ikuti 

5 Tips memilih kursus online yang tepat

5 Tips memilih kursus online yang tepat
Buat daftar pilihan kursus yang sesuai dengan kriteria. (Foto: Pexels)

Sangat penting untuk memilih kursus online yang tepat. Memulai kursus yang tidak sesuai dengan minat kamu dapat dengan cepat membuat berhenti belajar dan menjatuhkan kepercayaan diri. Tetapi ketika ada ribuan kursus online, bagaimana kamu bisa memilih yang tepat?.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk menemukan kursus online yang cocok: 

1. Tentukan kriteria 

Langkah pertama adalah memutuskan apa yang kamu inginkan dari sebuah kursus. Apakah ingin kursus untuk meningkatkan keterampilan untuk bekerja? Atau kursus yang didukung oleh badan profesional? Atau mungkin kursus hanya untuk mengisi waktu? Kamu harus tahu topik mana yang ingin dipelajari.

2. Luangkan waktu untuk menjelajah

Setelah memiliki kriteria yang lebih jelas tentang apa yang kamu butuhkan dari suatu kursus, luangkan waktu untuk menelusuri kursus. Pilih kursus yang sesuai dengan kriteria sebanyak mungkin.

3. Baca deskripsi kursus dengan seksama

Langkah ini adalah salah satu yang paling penting. Luangkan waktu untuk membaca semua deskripsi kursus secara menyeluruh, pastikan kamu memahami tentang apa kursus itu, apa yang ada di silabus, dan apa yang akan kamu pelajari di akhir kursus.

4. Persempit pilihan menggunakan kriteria 

Setelah kamu terbiasa dengan apa yang tercakup dalam kursus dan untuk siapa kursus tersebut, kamu perlu menyesuaikannya dengan kriteria yang kamu tetapkan pada langkah pertama.

5. Mulai belajar

Jika kursus akan segera dimulai, tambahkan pengingat ke kalender kamu atau buat catatan di buku harian, sehingga kamu siap ketika kursus online dimulai.

Bagiamana semakin tertarik bukan mengikuti kursus online? Apalagi bila saat ini kamu lebih sering work from home, ada baiknya kamu mengisi waktu luang dengan mengikuti kursus guna mendapatkan ilmu dan sertifikat yang memperkaya resume kamu. Selamat belajar! 

Nah, setelah meningkatkan keahlian dan performa melalui kursus online. Kamu perlu tahu cara profesional untuk mendapatkan promosi kerja dalam video di bawah ini.

kursus online bersertifikat EKRUT
Last update: 15 Juni 2021

Rekomendasi video:

Sumber: 

  • cgc.ac.in
  • futurelearn.com

Tags

Share