Careers

15 Pertanyaan Interview Kerja Mobile Engineer 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
pexels-sora-shimazaki-5926389.jpg

Menghadapi interview memang terkadang memang membuat cemas, apalagi jika berhadapan dengan perusahaan besar impian, pastinya semakin canggung, kan? Untuk itu, siapkan dirimu dengan daftar pertanyaan interview mobile engineer yang sering kali ditanyakan. Jangan lupa untuk terus berlatih dan siapkan jawaban terbaikmu, ya!

15 Daftar pertanyaan interview kerja mobile engineer


Persiapkan dirimu dengan pertanyaan interview sebagai mobile engineer. (sumber: pexels)

Ada beberapa pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan dalam interview mobile engineer. Biasanya, pertanyaan ini seputar produk atau bisa juga mengenai iOS atau Android.

1. Apa hal yang paling penting yang perlu kami tahu mengenai aplikasi yang pernah kamu bangun?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang jawabannya sangat luas. Kamu bisa mengembangkan jawaban dari CV yang sudah kamu tulis. Jika kamu sebelumnya pernah membangun sebuah aplikasi, kamu bisa jelaskan nama, cara kerja, dan bentuknya seperti apa. Biarkanlah jawabanmu luas dan jangan terlalu spesifik agar tanya jawab bisa lebih berkembang.

2. Sejauh mana kamu memahami peran Android/iOS?

Pertanyaan ini disampaikan oleh interviewer dengan tujuan memahami peran kandidat dalam tim dan pekerjaan utama yang nantinya akan menjadi tugasnya. Jika kamu diberikan pertanyaan seperti ini, kamu bisa menjelaskan seputar pemahaman mengenai aplikasi yang pernah kamu buat, tugas yang kamu kerjakan di kantor sebelumnya, dan sejauh mana kamu ingin berkontribusi dalam perusahaan yang baru. Usahakan untuk menjawab jujur berdasarkan riwayat serta pengalaman yang pernah kamu kerjakan sebelumnya, ya.

3. Apa alasan utama menjadi seorang mobile engineer?

Dalam pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan apa yang menjadi motivasi kamu menjadi seorang mobile engineer. Dari sisi interviewer, mereka ingin tahu apakah kandidat belajar secara otodidak, pelatihan, serta sejauh mana komitmen dari para kandidat untuk kedepannya. Persiapkan jawaban yang terlihat antusias agar interviewer melihat antusias dan motivasi yang besar dari kandidat.

4. Seberapa penting kolaborasi dalam pembuatan aplikasi di smartphone?

Jika kamu mendapatkan pertanyaan seperti ini, interviewer ingin tahu apakah kandidat dapat bekerja dalam sebuah tim. Kamu bisa menjelaskan pengalaman kamu dalam bekerja dalam tim sebelumnya dan jelaskan juga kontribusi yang kamu berikan. Jika kamu memiliki pengalaman kolaborasi tidak efektif, kamu juga bisa menjelaskannya sekaligus. Hal ini bertujuan agar interviewer memiliki berbagai perspektif jawaban dari kandidat.

5. Sejauh mana kamu memahami bahasa pemrograman Kotlin/Swift? Apakah kamu tertarik dengan bahasa pemrograman lain?

Jika interviewer menanyakan mengenai bahasa pemrograman, interviewer ingin mengetahui sejauh mana kemampuan kandidat dalam menguasainya. Mengapa Kotlin atau Swift? Karena bahasa pemrograman ini perkembangannya sangat cepat dalam perangkat mobile. Pertanyaan ini juga mengindikasikan bahwa interviewer ingin mengetahui apakah kandidat mengikuti tren pengembangan aplikasi Android atau iOS dan teknologi pendukungnya.

Baca juga: Mengenal Profesi Developer, Mulai dari Kualifikasi Hingga Peluang Karier di 2022

6. Apabila melakukan review pada kode orang lain, pada bagian mana kamu fokus dan mengapa?

Dalam dunia mobile engineering, peer review merupakan elemen penting dalam kultur pengembangan aplikasi. Pertanyaan ini menunjukkan bahwa interviewer ingin mengetahui kemampuan kandidat dalam melihat prioritas pekerjaan serta kemampuan kandidat dalam menyampaikan pendapat atau aspirasi.

7. Apakah kamu memiliki pengalaman mengerjakan aplikasi yang mirip dengan perusahaan ini?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang umum dan tak jarang dilontarkan oleh interviewer. Sangat wajar jika interviewer ingin mengetahui pengalaman seorang engineer yang bisa jadi kultur kerjanya mirip dengan perusahaan mereka. Tak hanya itu, interviewer juga mencari tahu apakah kemampuan kandidat cocok dengan level yang akan diberikan nanti. Jadi, jangan lupa untuk riset terlebih dahulu mengenai perusahaan di tempat kamu interview. Dengan kamu menyebutkan aplikasi yang dikerjakan di perusahaan tempat kamu melamar, interviewer akan memberikan nilai plus dari effort-mu dalam mencari tahu.

8. Di mana saya bisa melihat aplikasi yang sudah kamu kembangkan?

Jika kamu memiliki portofolio berupa website, kamu bisa menunjukkannya kepada interviewer. Jika kamu memiliki aplikasi yang sudah launching, kamu juga bisa menunjukkannya sembari memberikan penjelasan singkat mengenai proyek-proyek yang sudah kamu kerjakan.

9. Apakah kamu pernah mendistribusikan aplikasi? Jelaskan prosesnya!

Pengetahuan kandidat mengenai proses distribusi aplikasi dapat membantu melengkapi product life cycle. Kandidat yang memiliki pengalaman mengenai distribusi aplikasi melalui application market seperti App Store atau Play Store pasti akan mendapatkan nilai plus.

10. Adakah tugas atau pekerjaan paling menantang yang pernah kamu kerjakan? Ceritakan mengenai pekerjaan tersebut dan cara mengatasinya!

Setiap orang memiliki perspektif dan skill problem solving-nya masing-masing dalam sebuah pekerjaan. Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, tentu saja interviewer ingin mencari tahu bagaimana cara kamu menghadapi masalah dan cara menyelesaikannya. Jawablah berdasarkan pengalamanmu bekerja di tempat sebelumnya. Ingat, jawablah dengan pernyataan yang spesifik dan tak terlalu luas. Perlu diingat juga, kadang pertanyaan ini menjebak dan membuat kandidat tak sengaja menjelekkan perusahaan lama di mana mereka bekerja.

Baca juga: 4 Cara Memulai Karier Data Engineer Beserta Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

11. Apakah contoh tantangan terberat yang pernah kamu selesaikan dalam mobile engineering?

Kamu pernah membangun aplikasi sederhana dengan tools seadanya? Atau, pernah ikut proyek sukarela untuk misi tertentu? Jelaskan pengalaman yang berharga bagimu dan tunjukkan bahwa kamu mampu bekerja di bawah berbagai tantangan.

12. Pentingkah sertifikasi dan pelatihan bagimu sebagai seorang mobile engineer?

Ada seseorang yang menempuh jalur otodidak, namun ada juga yang memilih menimba ilmu di pelatihan. Manapun jalur yang kamu pilih, ceritakan preferensimu pada interviewer agar mereka mengerti dari jalur mana kamu berasal dan ke mana orientasimu di masa depan.

13. Adakah ilmu mobile engineering yang ingin kamu pelajari dalam waktu dekat?

Jawabanmu atas pertanyaan ini akan mencerminkan semangat untuk belajar. Memiliki profesi di dunia engineering, khususnya mobile engineering, kamu dituntut untuk terus belajar dan memperluas pengalaman. Semangat atau tidaknya kamu untuk beradaptasi bisa jadi pertimbangan oleh interviewer.

14. Bagaimana kamu membuat kode aplikasi yang testable?

Kode yang dapat dengan mudah dites akan sangat mendukung pengembangan dan skalabilitas aplikasi. Pasalnya, interviewer mampu mengetahui sejauh mana pemahaman kandidat dalam membuat abstraksi kode serta metode testing yang sudah pernah diterapkan.

15. Apakah kamu mengenal design pattern? Bagaimana sebaiknya penerapan design pattern menurutmu?

Pengetahuan mengenai design pattern merupakan dasar dari pengembangan aplikasi. Kandidat diharapkan dapat menjelaskan setiap pengalaman menggunakan design pattern dan implikasinya terhadap pengembangan aplikasi dan tim.

Baca juga: Backend Engineer: Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, beserta Kisaran Gajinya di Tahun 2022

Itu dia beberapa pertanyaan umum interview sebagai mobile engineer. Persiapkan dirimu sebaik-baiknya dan baca tips dari EKRUT mengenai dunia pekerjaan.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • fullstack.cafe
  • wisdomjobs.com
  • mockquestions.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pertanyaan-interview-kerja-apa-pencapaian-terbesar-anda-1-EKRUT.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Apa Pencapaian Terbesar Anda?” Saat Wawancara Kerja

    Maria Tri Handayani

    28 November 2022
    5 min read
    alasan_melamar_kerja_EKRUT.jpg

    Careers

    Referensi Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara Kerja

    Tsalis Annisa

    28 November 2022
    5 min read
    rencana-5-tahun-ke-depan-EKRUT.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab Rencana 5 Tahun ke Depan Saat Interview Kerja

    Nur Lella Junaedi

    28 November 2022
    6 min read

    Video