Media

4 fakta menjanjikan menjadi Data Scientist di masa depan
By Nelson Simbolon - 7 December 2018
4 min read 147 Views

Data Scientist kini menjadi salah satu profesi yang sangat dicari di industri teknologi. Akan tetapi kebutuhan yang besar ini tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan pekerja yang ada. Selain itu, masih sebagian besar juga tidak begitu familiar dengan profesi data scientist ini.

Khusus di artikel kali ini, EKRUT Media akan uraikan beberapa kelebihan dan alasan menarik lainnya yang patut kamu pertimbangkan untuk menjadi data scientist.

 

Fakta data scientist #1: Lapangan pekerjaan terus bertambah

Menurut World Economic Forum, minat terhadap pekerja data scientist akan mengalami peningkatan di berbagai belahan dunia pada tahun 2020. Laporan tenaga kerja versi LinkedIn menyatakan bahwa permintaan untuk tenaga-tenaga data scientist profesional di Amerika Serikat telah meningkat 6 kali lipat dibanding 5 tahun lalu.

Karena itu, selama 5 tahun ke depan, pekerjaan data scientist akan menjadi posisi yang paling dicari. Hal ini juga dikonfirmasi oleh IBM dengan klaim bahwa permintaan terhadap pekerja data scientist, data developer, dan data engineer akan menyentuh angka 700 ribu sampai tahun 2020.

 

Fakta data scientist #2: Upah tergolong tinggi

Menurut Nayoko, co-founder Algoritma, seorang data scientist amatir di Indonesia saja bisa digaji sebesar 10 sampai 20 juta rupiah. Gaji yang tinggi tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Menurut Dimitri, pimpinan Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, sebanyak 12 persen pimpinan perusahaan tidak mengerti cara menganalisis big data. Sekitar 10 persen perusahaan kekurangan data scientist dan 86 persen perusahaan mencari data scientist yang tepat.

 

Fakta data scientist #3: Penentu keputusan perusahaan

Analisis data merupakan aset bagi banyak perusahaan. Menurut sebuah survei Analytics Advantage yang diawasi oleh Tom Davenport, 96 persen responden merasa bahwa analisis data merupakan hal yang penting bagi perusahaan mereka dalam 3 tahun ke depan.

Sekitar 49 persen responden juga percaya bahwa analisis merupakan faktor kunci dalam kapabilitas pengambilan keputusan yang lebih baik. Sementara itu, 16 persen lainnya menyukai analisis data untuk keperluan inisiatif strategis yang unggul.

 

Fakta data scientist #4: Cakupan bidang yang luas

Dengan menjadi seorang data scientist tak berarti kamu hanya akan bekerja di sebuah perusahaan rintisan teknologi. Kamu pun dapat bekerja dengan keterampilan yang sama di berbagai disiplin ilmu, seperti kesehatan, energi, manufaktur, dan perbankan.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: data, data scientist

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang