Published on

Careers

4 peluang pekerjaan dari revolusi industri 4.0

Maria Yuniar

content-creator-adalah-EKRUT.jpg

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang memberikan perhatian lebih pada industri generasi keempat atau revolusi inudstri 4.0. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rosarita Niken Widiastuti, menyebut pekerjaan yang menuntut kreativitas tinggi sangat dibutuhkan di era industri 4.0.

Di era digital ini, pekerjaan seperti content creator, cyber security, digital public relations, digital marketing, masih banyak dibutuhkan. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang-bidang di atas, berikut ini informasi yang layak kamu ketahui. 

Content creator

Seorang content creator bebas memilih kanal mana pun sebagai tempat memasarkan konten. Namun, ada syaratnya. Ia harus bisa menjamin konsistensinya dalam menciptakan karya dan membagi waktu dalam membuat konten.

Baca juga: 6 Langkah cara menjadi Content Creator yang andal di startup

Cyber security

Jika kamu benar-benar memahami seluk beluk dunia Internet dan berbagai celahnya, maka cyber security adalah bidang pekerjaan yang cocok. Banyak lho, perusahaan teknologi yang membutuhkannya. Sebab, ancaman siber saat ini juga semakin bertambah.

Digital public relations

Digital public relations sebenarnya merupakan pengembangan dari bidang public relations atau hubungan masyarakat (humas) konvensional.

Perbedaannya terletak pada media yang digunakan. Jika public relations konvensional fokus pada media elektronik dan cetak, digital public relations fokus dalam membangun citra secara digital melalui kanal-kanal di Internet, termasuk website, media sosial, dan email. 

Digital marketing

Digital marketing merupakan bidang yang sangat berpengaruh pada hasil pencarian Google, media sosial, email, maupun website.

Tujuannya, untuk memaksimalkan potensi pemasaran perusahaan. Agar menjadi ahli di bidang ini, kamu  perlu mengikuti tren yang sedang terjadi dan membaca banyak buku mengenai pemasaran, terutama dalam bidang digital, untuk memperdalam penguasaanmu.

Baca juga: 5 Pertanyaan interview kerja untuk Digital Marketing dan jawabannya

Dari keempat bidang tersebut, kamu bisa melihat tren pekerjaan dalam revolusi industri keempat nanti, ternyata berkaitan erat dengan dunia Internet. Jika ingin menjadi bagian di dalamnya, kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT.

Di sana, ada berbagai peluang pekerjaan di bidang teknologi dari ratusan perusahaan, termasuk startup. Kamu hanya perlu mendaftar sekali, untuk berpeluang dilirik berbagai perusahaan.  

content creator adalah EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share