careers

6 Pertanyaan interview kerja untuk Digital Marketing dan jawabannya

Tsalis Annisa

18 April 2020

pertanyaan-interview-kerja-untuk-digital-marketing-EKRUT.jpg

Digital Marketing adalah sebuah tren yang paling populer dalam dunia pemasaran saat ini. Oleh karena itu, profesi untuk bidang ini juga berkembang semakin pesat dan makin diminati oleh para pencari kerja. 

Dengan banyaknya peminat dalam mencari kerja di bidang Digital Marketing, kamu perlu tahu cara menjawab pertanyaan interview kerja Digital Marketing agar dapat mengungguli kandidat lain. Ingin tahu apa saja pertanyaannya? Mari simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Bagaimana caramu menjelaskan mengenai Digital Marketing?

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Pertanyaan ini umumnya ditanyakan oleh perekrut kepada calon Digital Marketing-EKRUT

Pertanyaan ini umumnya akan digunakan untuk mengawali interview posisi Digital Marketing. Kamu dapat menjawabnya dengan menjelaskan bahwa Digital Marketing merupakan semua hal yang menyangkut taktik pemasaran produk melalui kanal media online.

Tambahkan juga penjelasan bahwa Digital Marketing memiliki beberapa metode dan teknik dalam pengerjaannya seperti SEO, SEM, Link Wheeling, Email marketing, PPC, dan lain-lain.

Baca juga: 7 Tips membuat email marketing yang efektif

2. Apa bagian dari Digital Marketing yang sangat kamu kuasai?

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Kamu juga harus bisa menjelaskan kemampuan Digital Marketing seperti apa yang kamu kuasai-EKRUT

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan interview kerja lanjutan dari yang sebelumnya. Oleh karena itu, kamu dapat menjawab dengan melanjutkan atau menjelaskan penjelasanmu sebelumnya.

Dengan banyaknya bagian dari Digital Marketing seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu diharapkan mengetahui semua jenisnya. Akan tetapi, ada baiknya kamu memiliki satu spesialisasi bidang yang menurutmu merupakan keunggulanmu.

Misalnya, kamu memiliki sertifikasi pada bidang SEM yang dapat membuktikan kamu sangat unggul di bidang tersebut. Meskipun jika ditanya tentang bidang lain di dalam Digital Marketing, kamu juga masih tetap menguasainya. Namun, katakanlah kamu paling unggul di bidang SEM tersebut untuk membedakanmu dari kandidat lain.

3. Dapatkah kamu menyebutkan apa saja online marketing tools yang berguna dalam meningkatkan performa Digital Marketing?

pertanyaan interview kerja - EKRUT 
Memahami beberapa marketing tools dan trennya adalah hal yang penting - EKRUT 

Jawaban ini sudah jelas, kamu dapat menyebutkan yang paling utama adalah Google Analytics, sebab semua Digital Marketer pasti menggunakannya. Lalu, sebutkanlah tools lainnya yang menurutmu bagus dan kuat dalam membantu pekerjaan Digital Marketing.

Misalnya kamu pernah mencoba XML Sitemap Generator, Crazy Egg heat maps, Favicon Generator, dan lain-lain. 

Baca juga: 6 digital marketing tools yang wajib untuk kamu ketahui

4. Menurutmu, apa tren Digital Marketing yang akan segera menguasai pasar?

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Ketahui juga tren Digital Marketing yang sedang berlangsung ditahun 2020-EKRUT

Seorang digital marketer bagaimanapun haruslah peka dan memperhatikan keadaan pasar dan tren yang berlangsung. Kamu dapat mencoba menyebutkan iklan video, Google’s mobile-first index dan Accelerated Mobile Pages (AMP) sebagai beberapa tren yang jelas akan segera mendominasi pasar.

Namun, untuk beberapa hal seperti SEO dan Social Media Marketing, merupakan hal yang sulit diprediksi trennya. Kamu dapat menjawabnya dengan cara menyebutkan apa yang sedang menjadi tren saat itu kemudian menjelaskan bahwa hal tersebut mungkin saja berubah beberapa jam kemudian. 

Tugasmu sebagai Digital Marketing adalah mengamati perubahan tersebut dan selalu berusaha menjadi yang paling unggul di tengah segala perubahan yang sangat cepat itu.

5. Pelatihan Digital Marketing apa saja yang pernah kamu ikuti?

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Memiliki sertifikasi dibidang Digital Marketing akan membantumu untuk mudah direkrut-EKRUT

Ini adalah salah satu pertanyaan interview Digital Marketing yang kemungkinan bisa muncul dan berpeluang membuatmu direkrut.

Kenapa? Sebab bila kamu memiliki sertifikasi di bidang Digital Marketing itu bisa menonjolkan posisimu dibanding pelamar lainnya. Perekrut akan berpikir bahwa selain kamu pintar secara praktik, namun pintar juga secara teoritis. 

Tidak cuma itu, dengan mengikuti pelatihan pemasaran perekrut kemungkinan akan mengambil kesimpulan bila kamu tipikal orang yang mau belajar hal baru, terutama terkait pemasaran Digital. 

Namun bila kamu tidak pernah mengikuti pelatihan, kamu pun bisa menjawab bahwa beberapa hal dalam Marketing dipelajari sendiri secara otodidak, atau dipelajari ketika bekerja di perusahaan lama.

6. Apa kamu memiliki skill lain yang mampu menunjang posisi ini?

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Beberapa skill yang menunjang Digital Marketing salah satunya adalah bisa menulis-EKRUT

Apakah kamu mampu menulis? Mungkinkah kamu menguasai desain grafis? Ataukah kamu seorang analitis dan mampu menjadi seorang Project Manager atau kamu pernah menjadi seorang freelance fotografer? Semua pengalaman dan skill tersebut akan sangat berguna untuk menunjang pekerjaanmu sebagai Digital Marketer.

Selain itu, beberapa hal yang kamu kelola secara pribadi juga mampu meningkatkan nilai saingmu sebagai kandidat digital marketer.

Misalnya kamu memiliki blog dengan jumlah pembaca jutaan, atau kamu memiliki akun media sosial dengan followers ribuan, hal tersebut akan bermanfaat untuk menambah nilai plus milikmu.

Baca juga: 8 Tren digital marketing 2020 yang patut pemilik brand ketahui

Jadi, itulah dia enam pertanyaan interview kerja untuk posisi Digital Marketing yang paling banyak ditanyakan. Jika kamu dapat menjawab pertanyaan pertanyaan di atas dengan baik bahkan sebelum membaca jawabannya, selamat, kamu adalah kandidat digital marketer yang kuat! 

Namun, apabila kamu masih kebingungan dan kesulitan menjawab beberapa pertanyaan di atas, cobalah lagi pelajari beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Semoga pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu dan memberi gambaran mengenai profesi dan proses seleksi sebelum menjadi digital marketer, ya!

pertanyaan interview kerja untuk digital marketing EKRUT 
Last update 18 April 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share