Media

Catat, ini 4 tips menghindari lowongan kerja palsu
By Tsalis Annisa - 5 March 2019
5 min read 505 Views
Agar tidak termakan godaan lowongan kerja yang palsu, kamu perlu tahu cirinya - EKRUT
Agar tidak termakan godaan lowongan kerja yang palsu, kamu perlu tahu cirinya - EKRUT

Di tengah sulitnya mencari kerja dan sulitnya mencari kandidat yang tepat, terkadang muncul beberapa lowongan kerja palsu yang sengaja dibuat untuk menarik pencari kerja.

Agar tak termakan oleh godaan lowongan pekerjaan tersebut, kamu perlu mengenali ciri-ciri lowongan kerja palsu dan cara tepat menghindarinya.

Ciri-ciri lowongan kerja palsu

Berikut ini adalah beberapa tanda lowongan kerja yang sebaiknya kamu hindari. Yuk, simak baik-baik.

Email perekrut tidak sesuai dengan nama perusahaan

Pernah melihat perekrut yang mencantumkan alamat email tapi tidak ada embel-embel nama perusahaan? Kamu patut mencurigainya. Pasalnya, setiap perusahaan pasti sudah memiliki alamat email tersendiri. Misalnya, kania@ekrut.com dan sebagainya.

Jadi, jika perekrut tersebut mengklaim dirinya sebagai perwakilan dari perusahaan ternama, namun yang tercantum adalah alamat email pribadi (Gmail, Hotmail, dan sebagainya) kamu disarankan untuk berhati-hati.

Segala sesuatunya tidak jelas

Meskipun judul lowongan kerja tersebut nampak menggiurkan, kamu disarankan tetap membaca informasi lebih lanjut dengan saksama. Jangan sampai kamu mengalami kesulitan untuk mengerti apa sebenarnya tugas atau jabatanmu, apalagi tidak benar-benar memahami apa yang dilakukan perusahaan tersebut. Tanda-tanda tersebut patut untuk kamu hindari.

Perusahaan tidak bisa ditemukan secara online

Perusahaan ternama, ataupun sah, umumnya akan mudah ditemukan secara online. Jadi, cobalah untuk mencarinya di mesin pencarian. Jika kamu tidak menemukannya sama sekali, atau bahkan hasil yang kamu temukan adalah berita buruk, sebaiknya urungkan niatmu melamar di perusahaan tersebut.

Kamu menemukannya di media sosial

Begitu banyaknya pilihan cara dalam mencari kandidat terbaik, perusahaan yang sah tentu akan lebih memilih platform yang jelas, dan bukan media sosial. Jadi, jika kamu menemukan lowongan kerja menggiurkan di media sosial, namun perusahaan tersebut tidak jelas, kamu disarankan untuk menghindarinya.

Wawancara melalui chat

Jika wawancara dilakukan melalui telepon, atau video call hal ini mungkin masih tergolong umum terjadi. Namun, jika wawancara justru hanya melalui pesan singkat, mungkin sebaiknya kamu perlu waspada. Bisa jadi ini adalah salah satu lowongan kerja palsu.

Iklan lowongan kerja nampak berlebihan

Jika perusahaan menyebutkan bahwa akan memberikan gaji sangat tinggi, proses perekrutan mudah, dan segala sesuatu nampak sangat menggiurkan, sebaiknya kamu berhati-hati. Bisa jadi ini adalah salah satu lowongan kerja palsu.

Baca juga: Interview kerja via Skype? Perhatikan 5 hal ini

Tips menghindari lowongan kerja palsu

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri lowongan kerja palsu, sekarang saatnya kamu mengetahui tips untuk menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu ketahui.

Lakukan riset terlebih dahulu

Riset yang dimaksud ialah tentu bukan riset serumit yang kamu bayangkan. Kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti menelurusinya secara online. Pertama, kamu bisa riset nama perusahaan, lalu nama perekrut, nomor telepon, atau bahkan email yang tercantum.

Hindari perusahaan yang meminta data pribadimu

Kecuali perusahaan tersebut sudah merekrutmu, dan kamu sudah menandatangani kontrak, sebaiknya kamu tidak memberikan data pribadimu ke sembarang orang. Terlebih lagi jika diminta bukan sekadar nama lengkap, tapi juga tanggal lahir, alamat rumah, nama gadis ibu kandung, atau bahkan kode rahasia, sebaiknya kamu mundur dari lowongan kerja tersebut. Pasalnya, bisa jadi ini adalah upaya mereka untuk mencuri identitas dirimu.

Hati-hati jika kamu diminta uang

Perusahaan yang sah tidak akan meminta bayaran sama sekali. Bahkan sekalipun dibutuhkan training atau seminar untuk meningkatkan kemampuanmu, perusahaan tidak akan membebankannya kepada kandidat. Jadi, jika kamu diminta biaya untuk melamar pekerjaan, atau dengan embel-embel sebagai biaya training, sebaiknya kamu mulai waspada.

Amankan dirimu dengan cara ini

Agar kamu terhindar dari lowongan kerja palsu, cara terakhir dan paling aman untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Situs ini merupakan wadah untuk pencari kerja, dan pencari kandidat untuk bertemu.

Di situs talent marketplace seperti EKRUT, perusahaan yang terdaftar sudah melalui proses verifikasi sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan tawaran interview yang kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengirimkan CV ke sana-kemari, atau bahkan membayar uang pendaftaran dan sebagainya untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan mendaftarkan dirimu di EKRUT, kamu akan membuka lebar peluang untuk dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang mungkin salah satunya adalah tempat kerja impianmu.

Kamu pun tak perlu khawatir akan kehilangan peluangmu untuk wawancara. Pasalnya, pihak EKRUT akan memastikan kamu sudah menerima email panggilan wawancara, dan sudah mempersiapkan dirimu dengan baik.

Selain melakukan beberapa hal di atas, cobalah untuk mempercayai firasatmu. Jika saat membaca lowongan kerja tersebut atau dalam prosesnya kamu memiliki firasat yang tidak baik, sebaiknya kamu perlahan melangkah mundur.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menghindari lowongan kerja yang menjebak, bukan? Mulailah daftarkan dirimu di EKRUT untuk mendapatkan pekerjaan impian tanpa perlu takut terjebak lowongan kerja palsu. Bersama EKRUT, cari kerja menjadi lebih mudah, dan aman.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • lowongan kerja
  • melamar kerja
  • karier
  • byebyeapply
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang