Media

Interview kerja via Skype? 5 hal ini nggak boleh kamu skip!
By Nelson Simbolon - 20 December 2018
4 min read 94 Views
Menjalani wawancara via Skype sesungguhnya membutuhkan pendekatan yang berbeda dengan wawancara di tempat maupun melalui telepon
Menjalani wawancara via Skype sesungguhnya membutuhkan pendekatan yang berbeda dengan wawancara di tempat maupun melalui telepon

Interview kerja melalui Skype tentu cukup menguntungkan bagi para kandidat. Hal tersebut dapat terjadi karena para kandidat bisa melakukan interview kerja dari maja saja tanpa perlu khawatir akan terjebak macet ke lokasi kantor. Namun, ketika melakukan interview kerja via Skype, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kandidat agar tetap memberi kesan baik di mata pewawancara.

 

Lihat kamera

Hal utama yang harus kamu hindari bila sedang melakukan interview kerja via Skype adalah jangan menatap layar, melainkan kamera. Ini diperlukan karena kamu tetap perlu mengatur kontak mata dengan pewawancara.

 

Berdandan rapi

Meskipun interview kerja dilakukan via Skype, kamu tetap perlu berdandan dengan rapi dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hal ini diperlukan agar kamu bisa memberikan impresi pertama terbaikmu di mata pewawancara.

 

Cari tempat yang kondusif

Jangan pernah melakukan interview kerja di tempat yang ramai. Sebaliknya, carilah tempat-tempat yang kondusif untuk melakukan wawancara, seperti di ruang tamu atau di kamar. Perhatikan juga latar belakang tempatmu melakukan wawancara. Jangan sampai ada hal-hal yang bisa memberimu kesan buruk.

 

Tutup program lain di komputer

Ketika sedang melakukan interview kerja, lalu kamu mendapatkan banyak notifikasi dari Whatsapp dan Facebook, hal itu tentu akan mengganggu fokusmu dan pewawancara. Karena itu, pastikan bahwa Skype adalah satu-satunya program yang berjalan di komputermu ketika wawancara sedang berlangsung.

 

Gunakan catatan

Tak ada salahnya bagimu untuk menggunakan catatan ketika melakukan interview. Mungkin saja kamu akan mendapatkan pertanyaan sulit terkait pekerjaan atau perusahaan. Karena itu, lakukan riset mengenai perusahaan maupun posisi yang kamu lamar sebelum berlangsung.

 

Perhatikan bahasa tubuh dan hindari interupsi berlebihan

Pastikan bahwa kamu berada dalam posisi yang tegak dan rileks ketika interview kerja sedang berlangsung. Jangan sampai ada anggota keluarga, teman, atau hewan yang tiba-tiba bersuara kencang ketika kamu sedang melakukan interview kerja. Karena itu, pastikan keluarga atau temanmu sudah diberi tahu bahwa kamu tak bisa diganggu saat sedang wawancara. Pastikan juga bahwa hewan peliharaanmu berada di tempat yang jauh dari tempat kamu tersebut. 

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: interview kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang