Published on

Technology

Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Widyanto Gunadi

cara-mengoptimalkan-media-sosial-EKRUT.jpg

Kini untuk memasarkan suatu bisnis bukanlah hal yang sulit. Salah satu cara yang dapat mempermudah proses pemasaran adalah dengan menggunakan media sosial. Tapi, apakah kamu tahu cara mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran yang tepat?

Setidaknya ada lima trik khusus yang haru kamu ketahui dalam melakukan promosi atau pemasaran melalui media sosial supaya hasilnya lebih maksimal. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Sempurnakan profil media sosial kamu

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT 
Cara mengoptimalkan media sosial pemasaran salah satunya dalah mengoptimalkan profil sosial media-EKRUT

Dalam membangun sebuah produk dan kesadaran banyak orang akan suatu bisnis baru yang Kamu buat, image yang ditampilkan sangatlah penting. Memang, tampilan ini mungkin hanya dilihat sebentar saja. Namun dalam strategi pemasaran yang efektif, tampilan yang baik harus mampu membuat orang teringat akan produkmu walau hanya melihat sebentar.

Oleh karenanya, sempurnakan tampilan media sosialm, agar nampak sederhana tapi tetap terpercaya. Bila perlu, kamu bisa menyewa jasa seorang profesional di bidang desain untuk membantu merancang logo atau konten lainnya.

Baca juga: Mengenal sentiment analysis dan perannya dalam data media sosial

2. Gunakan CTA atau ‘call to action’ pada konten media sosial

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT 
Kamu juga bisa menggunakan CTA untuk mengoptimalkan strategi pemasaran-EKRUT

Sama halnya dengan konten pada situs atau blog, CTA juga penting untuk diterapkan pada konten media sosial. Dengan menggunakan CTA, kamu secara tidak langsung memberitahu kepada pengguna apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya setelah melihat konten media sosialmu.

Jika kamu ingin mereka mengunjungi situsmu, kamu bisa menggunakan kalimat seperti, ‘klik di sini untuk informasi lebih lanjut’. Bahkan, ‘call to action’ ini bisa berupa kalimat Tanya yang juga dapat mengundang ‘engagement’.

3. Evaluasi konten yang sudah diunggah

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT 
Kamu juga perlu menganalisis traffic dari konten yang kamu sebar ke publik-EKRUT

Lakukanlah identifikasi traffic dari konten yang kamu unggah ke publik. Cobalah aplikasi BuzzSumo untuk melakukan penilaian tersebut. Dengan aplikasi ini, Kamu bisa memperkirakan jumlah aktivitas serta target traffic yang ingin kamu raih melalui sebuah konten.

Bahkan, sebelum konten-konten tersebut dirilis. Jangan lupa, pastikan kualitas konten yang akan kamu rilis sudah baik, agar bisa menjangkau traffic setinggi mungkin.

4. Gunakan hashtags yang tepat

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT 
Gunakan pula hastag yang tepat dalam strategi media sosial-EKRUT

Salah satu cara yang dapat memudahkan bisnismu untuk ditemukan di media sosial adalah dengan menggunakan hashtags yang tepat. Dengan begini, kamu akan lebih mudah 'menggaet' audiens baru di luar pengikutmu. 

Meski begitu, pastikan kamu menggunakan hashtags yang tepat dan tidak berlebihan, ya! Bahkan menurut aplikasi Buffer, penggunaan dua hashtags masih lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menggunakan lebih dari tiga hashtags.

Nah, untuk memudahkanmu dalam menentukan hashtags yang tepat, mungkin kamu bisa menggunakan tools seperti ritetag.com.

5. Jangan takut untuk memasang iklan berbayar

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT 
Kunci lain dari pemasaran yang efektif yakni memanfaatkan iklan berbayar

Kunci dari pemasaran yang efektif terletak pada keaktifan Kamu dalam menggaet minat calon pelanggan akan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir bahwa pemasaran organik saja dapat dengan cepat membangun bisnismu.

Manfaatkanlah iklan berbayar. Pasanglah iklan di banyak tempat atau situs strategis lain yang kemungkinan besar akan dikunjungi pelanggan potensialmu.

Anggaplah ini sebagai suatu investasi bisnis yang nantinya akan berbuah manis. Tidak ada salahnya mencoba iklan berbayar untuk mempercepat tercapainya mimpi Kamu dalam membangun bisnis yang besar dan sukses.

6. Gunakan video sebagai content marketing 

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT
Cara terakhir adalah menciptakan konten video-EKRUT

Sejak adanya YouTube, konten video semakin digemari oleh masyarakat. Itu karena konten video ini lebih mudah dimengerti dan lebih menyenangkan. 

Begitupun dengan content marketing belakangan ini, banyak perusahaan B2B atau B2C yang memanfaatkan konten video untuk menjaring pelanggan. 

Bila kamu ingin menjadikan video sebagai strategi pemasaran konten, maka kamu juga dapat memanfaatkan Facebook dan Instagram. Kedua platform ini memiliki potensi untuk membuat konten videomu mendapatkan keterlibatan maksimum dari pengikut. Jadi cobalah!

Baca juga: Bagaimana cara gunakan Facebook Ads untuk promosikan konten?

Itulah beberapa cara mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran yang perlu kamu ketahui. Selain memerhatikan beberapa hal di atas, cobalah untuk berusaha memahami perilaku pengguna dan apa yang mereka yang sukai. Hal ini akan membantumu dalam menyajikan konten media sosial yang diminati.

cara mengoptimalkan media sosial EKRUT
 Last update 29 Maret 2020

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • socialmediaexplorer.com
  • vendasta.com
  • forbes.com

Tags

Share