Media

Bagaimana cara gunakan Facebook Ads untuk promosikan konten?
By Maria Yuniar - 10 September 2018
4 min read 95 Views

Facebook Ads saat ini sudah bisa disejajarkan dengan platform iklan populer seperti Google Adwords. Namun sarana iklan yang satu ini jauh memiliki keunggulan. Dua di antaranya adalah tingkat spesifik target yang ingin dituju, dan peluang iklan menjadi viral di Facebook. Biayanya juga relatif terjangkau. Bagaimana sih caranya agar bisa mempromosikan konten di Facebook Ads? Berikut ini triknya, agar kamu bisa memanfaatkan Facebook Ads dengan efisien.

 

Buat konten yang relevan

Kamu perlu membuat konten yang berharga bagi orang-orang yang ditargetkan. Tanyakan pada diri sendiri, untuk siapa konten ini? Mengapa mereka perlu melihatnya? Akankah seseorang yang tidak tahu perusahaanmu, akhirnya mau membagikan konten tersebut? 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap konsisten dengan pembuatan konten. Jika kamu dapat memposting sesuatu yang menarik setidaknya setiap pekan, lama kelamaan kamu akan berhasil membaca pola minat targetmu. Usahakan membuat postingan yang simple namun tepat sasaran.


Sumber: fathomdelivers.com



Analisis hasil

Saat kamu membuat konten secara rutin, cobalah mulai melihat tingkat keberhasilannya. Baik untuk video maupun artikel. Pelajari reaksi dan minat audiens. Termasuk komentar dan engagement untuk setiap konten. Konten video biasanya akan memberikan lebih banyak data, termasuk waktu rata-rata menonton para audiens.

Jelajahi analitik untuk melihat konten dengan kinerja terbaik berdasarkan target audiens. Cermati karakteristik konten yang disukai audiens. Apakah konten yang singkat, panjang, berupa video, atau gambar? Selanjutnya, kamu bisa fokus melakukan promosi konten yang menarik bagi audiens.

 

Promosikan konten berkinerja terbaik

Gunakan data untuk menginformasikan promosi konten Facebook Ads. Kamu harus mengiklankan serta meningkatkan konten ke audiensbaru yang bukan penggemar atau konsumen reguler konten Facebook. Langkah pertama bisa kamu lakukan dalah dengan berfokus pada kinerja organik. Lalu, gunakan Facebook Ads untuk memperkuat konten yang sudah memiliki kinerja terbaik atau paling populer. Jika sesuatu berjalan dengan baik secara organik, kemungkinan akan berkinerja baik dengan versi berbayar. 

Image result for facebook ads meme
Sumber: connecteam.com

 

Buat lomba

Kamu juga bisa melakukan strategi menghidupkan suasana fanpage yaitu dengan membuat lomba. Jangan lupa juga untuk menyiapkan hadiah yang sesuai dengan materi lomba. Lalu, kamu juga dapat menggunakan produk atau merchandise brand perusahaan sebagai hadiah bagi para pemenang lomba. Dengan begitu, para likers di fanpage akan merasa excited dan kamu pun secara tidak langsung dapat mempromosikan produk perusahaanmu dengan Facebook Ads.

 

Maksimalkan penggunaan daftar email

Jika kamu memiliki sejumlah daftar email aktif, maka kamu dapat memanfaatkannya untuk target likers selanjutnya. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat menggunakan Ads Sponsored Search atau Ads Marketplace. Sementara itu, jika kamu memiliki list email yang berkualitas namun jumlahnya sedikit, kamu dapat membidik target-target berkualitas lainnya dengan menggunakan fitur create similar audience pada menu power editor. Dengan demikian, kamu dapat membidik target-target berkualitas yang masih berada di luar jangkauan.

 

Bidik konsumen kompetitor melalui precise interest

Manfaat penggunaan precise interest adalah untuk menargetkan orang-orang yang potensial dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan kamu dapat membidik target-target yang berasal dari konsumen kompetitor sekalipun. 

Misalnya saja, jika kamu memiliki bisnis penjualan gadget, maka kamu dapat membidik fanpage dengan konsumen-konsumen gadget populer atau melalui lembaga pendidikan yang para siswanya aktif menggunakan dan mengikuti perkembangan gadget. Semakin banyak share yang kamu hasilkan, semakin banyak orang yang mengenal bisnismu. Jadi, gunakan Facebook Ads untuk bagikan konten dengan strategi tersebut.

Semoga trik-trik di atas bisa membantumu memanfaatkan Facebook Ads ya! Selamat mencoba!

 

Rekomendasi bacaan:
Tahukah kamu, Google Docs bisa lakukan 10 hal ini?
4 kesalahan dalam email yang sering dijumpai
Bagaimana sih caranya nego gaji agar tetap terlihat wajar?

 

Sumber:
contentmarketinginstitute.com
digitalmarketer.id
belajarbisnisinternet.com
digitalmarketer.id
maxmanroe.com

Tags:

  • konten
  • iklan
  • Facebook Ads
  • Facebook
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang