Media

5 cara promosikan konten dengan efektif
By Maria Yuniar - 24 September 2018
5 min read 130 Views

Konten merupakan sarana bagi pemilk bisnis untuk menuangkan kreativitas dan memikat hati para pengunjung. Bukan hanya bisnis online berbasis informasi yang membutuhkan konten, bahkan e-commerce sekalipun juga membutuhkannya. Konten yang bagus bisa digunakan untuk mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk maupun menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Nah, agar konten lebih efektif dalam kerberhasilan promosi bisnismu, yuk ketahui lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan kontenmu. (Baca juga: Penasaran apa saja konsep psikologi untuk konten marketing?)

 

Libatkan influencer untuk promosi konten 

Sebagian besar content marketer akrab dengan influencer. Namun jika kamu baru melibatkan influencer saat konten dipublikasikan, maka kamu akan kehilangan peluang. Jadi, jalinlah kerja sama dengan para influencer sejak awal pengembangan konten. Berikut ini beberapa hal yang kamu perlu lakukan pada awal pengembangan konten bersama influencer: (Baca juga: 5 keahlian content marketing untuk memikat netizen)

  • Menentukan topik konten sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Mencari influencer yang pas dengan produk
  • Meminta portofolio influencer
  • Mengundang influencer untuk melakukan review draf akhir konten sebelum dipublikasikan

Setelah konten dipublikasikan, hubungi influencer yang bermitra denganmu dalam proses kreatif. Beri tahu mereka bahwa kamu menghargai kontribusi mereka dan memasukkannya ke dalam website-mu.


Sumber: powercontetn.com.au

 

Berkontribusi terhadap komunitas berbagi konten

Menerbitkan konten di situs milikmu sendiri mungkin tidak cukup untuk mendapatkan engagement yang ditargetkan. Maka dari itu, kamu harus menemukan cara untuk membuat konten populer. Komunitas berbagi konten adalah jaringan dengan cara yang bagus untuk memperkuat popularitas konten milikmu. Mereka memberimu kesempatan untuk membagikan pesan dengan jaringan luas dari individu dengan mimat yang sama. Beberapa komunitas populer yang bisa kamu lirik, antara lain: (Baca juga: 5 tips agar kontenmu disukai pembaca)

  • HubPages
  • GrowthHackers
  • Flipboard
  • Medium
  • Reddit
  • Triberr

Beberapa situs ini gratis, tapi ada juga yang berbayar. Pilihlah bukan berdasarkan harga, tetapi yang memiliki anggota audiens aktif. Kemudian, pelajari jaringan ini dan setiap komunitas lain yang kamu pilih untuk menjadi bagian dalam promosi konten. Dengan begitu, konten kamu akan dilihat sebagai kontribusi berharga bagi komunitas, bukan hanya sekedar promosi diri maupun brand.

 

Manfaatkan email marketing

Email marketing sempat mulai ditinggalkan sebagai salah satu strategi pemasaran. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, cara mempromosikan produk lewat email marketing akan luar biasa besar efeknya. Untuk membangun subscribers, informasikan di website toko online kamu bahwa mereka yang berlangganan email, akan mendapatkan diskon khusus atau produk trial saat produk diluncurkan. Atau, kamu juga bisa mengirimkan sampel produk kepada email subscribers dengan skema “Khusus 10 Subscribers Pertama”.

Begitu jumlah email subscribers kamu semakin banyak, setiap kali ada produk baru, kamu bisa langsung mempromosikan produk tersebut ke mereka. Jangan lupa untuk memberikan diskon khusus agar mereka tertarik untuk segera membelinya.

 

Gunakan SEO

Search engine optimizer atau (SEO) memungkinkan informasi yang kamu salurkan lewat konten blog maupun website, ditemukan dengan mudah oleh pengguna lewat mesin pencari seperti Google. Ketika kamu meluncurkan sebuah produk, berikan informasi yang lengkap dan optimalkan kata kunci yang ingin kamu targetkan di judul, deskripsi, URL, hingga nama file foto. Setelah konten dipublikasikan pada website, bekerjasamalah dengan para blogger untuk mempromosikan link produk pada blog mereka. Jadi, cobalah untuk mempelajari dasar-dasar SEO dari sekarang, agar kamu bisa segera mempromosikan produk dengan metode organik yang satu ini.


Sumber: stateofdigital.com

 

Perbarui dan perluas postingan yang ada

Marketer yang secara teratur memperbarui konten lama ke format baru, diprediksi 74 persen mendapat potensi meraih hasil positif. Jadi, cobalah untuk memperbarui postingan kontenmu dan jangan lupa untuk menyebar konten tersebut melalui media sosial.

Nah, itulah lima cara mempromosikan produk yang sangat efektif. Bila diterapkan dengan baik, produk atau jasa yang kamu tawarkan akan lebih terjangkau masyarakat. Traffic untuk website pun akan terkerek.

 

Rekomendasi bacaan:
3 langkah jitu jalin relasi dengan kandidat
3 cara terbaik untuk rekrutmen online
Sejauh mana peran data bagi HRD dalam rekrutmen?

 

Sumber:
contentmarketinginstitute.com
entrepreneurcamp.id
panduanim.com
marketeers.com

Tags:

  • influencer
  • marketing
  • promosi
  • konten
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang