Published on

Careers

6 Tips ini ampuh membuat karyawan betah di kantor

Maria Yuniar

tips-agar-karyawan-betah-EKRUT.jpg

Setiap karyawan mempunyai peran penting bagi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Sebagai bagian dari tim HRD, kamu wajib mempertahankan loyalitas karyawan agar mereka dapat bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang panjang.

Salah satunya dengan meningkatkaan kenyamanan kantor. Berikut 6 tips agar karyawan betah di kantor supaya lebih produktif kerja. 

1. Menambah fasilitas kantor 

tips agar karyawan betah EKRUT 
Pengadaan fasilitas kebugaran hingga game center bisa menjadi bentuk perhatian perusahaan pada karyawan - EKRUT

Perusahaan memberikan berbagai fasilitas agar karyawan merasakan suasana yang nyaman untuk bekerja. Misalnya, tempat tinggal, klinik kesehatan, hingga tempat makan khusus karyawan.

Ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas kebugaran hingga hiburan seperti game center. Dengan adanya fasilitas ini maka karyawan akan merasa lebih diperhatikan. 

Baca juga: 7 tunjangan kerja unik yang menarik karyawan selain gaji

2. Menghias ruangan kantor dengan tanaman

tips agar karyawan betah EKRUT 
Tim HRD juga bisa menaruh bunga dan tanaman di tempat kerja untuk meningkatkan semangat karyawan - EKRUT

Merapikan dan memperindah suasana kantor dengan bunga dan tanaman, mungkin saja akan meningkatkan semangat di tempat kerja dan membuatnya lebih estetis. Penelitian menunjukkan bahwa kantor dengan tanaman hias memiliki karyawan yang lebih bahagia dan produktif.

Menambahkan tanaman ke kantor dapat meningkatkan produktivitas hingga 15 persen, lho.

Keberadaan tanaman hijau ini mendorong peningkatan kepuasan di tempat kerja, kualitas udara yang dirasakan, dan tingkat konsentrasi di kalangan pekerja.

Jadi, tak ada salahnya menambahkan tanaman di ruangan kantor, kan?

3. Melakukan gathering

tips agar karyawan betah - EKRUT
Melakukan gathering dapat menjadi salah satu cara membuat karyawan betah bekerja di perusahaanmu - EKRUT

Setelah lelah dengan pekerjaan kantor yang menumpuk, saatnya tim HRD menyiapkan waktu untuk refreshing bersama. Atasan yang peduli dengan karyawannya akan meluangkan waktu yang berkualitas untuk sekedar berkumpul atau ngobrol ringan saat coffee break.

Ada waktunya kamu dan rekan-rekan di kantor harus melakukan kegiatan seperti family gathering atau refreshing bersama. Ingat, jangan membahas soal pekerjaan saat sedang menikmati kegiatan tersebut. 

4. Memiliki hewan peliharaan di kantor

tips agar karyawan betah EKRUT
 Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi cara menghilangkan stres karyawan selama bekerja - EKRUT

Banyak orang yang menyukai hewan peliharaan. Tak ada salahnya, kamu berinisiatif menawarkan agar kantor memiliki hewan peliharaan untuk mengurangi stres para karyawan.

Jika kamu berpikir untuk mengizinkan adanya hewan peliharaan di kantor, sebaiknya fasilitasi dengan ruangan khusus area bebas hewan peliharaan di kantor untuk karyawan yang memiliki alergi.

5. Mengizinkan berpakaian kasual pada hari-hari tertentu

tips agar karyawan betah EKRUT 
Di hari-hari tertentu HRD juga bisa membuat aturan pakaian kasual bagi karyawan agar betah di kantor - EKRUT

Tips agar karyawan betah di kantor lainnya yang bisa HRD lakukan adalah, dengan memberikan izin kepada karyawan agar dapat bekerja menggunakan pakaian kasual. Tentuny aturan ini bisa kamu buat hanya untuk hari-hari tertentu saja misalnya hari Jumat. 

Dengan adanya aturan ini membuat karyawan menjadi lebih sedikit santai tapi serius saat berada di kantor. Selain itu dengan berpakaian kasual, perusahaan juga bisa mendorong hubungan yang lebih akrab antar sesama pegawai. 

6. Menyiapkan makan siang

tips agar karyawan betah EKRUT 
Tips agar karyawan betah di kantor salah satunya yakni menyediakan makan siang gratis - EKRUT

Saat ini, sudah banyak kantor yang menyediakan makan siang bagi karyawannya. Jika perusahaanmu belum menjalankannya, cobalah untuk membuat insiatif tersebut.

Carilah ruangan kosong untuk makan siang juga agar terjadi banyak interaksi antarkaryawan yang tidak seruangan. Interaksi semacam ini pun pada akhirnya bisa meningkatkan performa kerja.

Memfasilitasi karyawan dengan makan siang beserta ruangannya juga dapat memberi kesempatan kepada karyawan untuk mendapatkan bantuan atau umpan balik mengenai proyek yang sedang dikerjakan.

Baca juga: 9 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitas

Makan siang bersama dengan karyawan lain juga memungkinkan diskusi dan tukar pikiran mengenai pekerjaan masing-masing.

Jadi, sekarang kamu sudah tahukan tips agar karyawan betah di kantor? Dengan mengetahui tips ini kamu dapat mendiskusikan beberapa hal yang dianggap penting oleh tim HRD dan dapat diaplikasikan oleh perusahaan. 

tips agar karyawan betah EKRUT 

Last updated: 12 September 2020

Sumber: 

Tags

Share