Published on

Technology

5 Tren pengembangan software di masa depan

Maria Yuniar

software_2.png

Industri pengembangan software merupakan salah satu industri yang berkembang dengan cepat. Hal ini mengingat pertumbuhan Internet cukup cepat dan membutuhkan dukungan software.

Karena pertumbuhan industri pengembangan software semakin progresif, tentu sebagai seorang programmer, kamu harus dapat mengikuti perkembangan tren teknologi yang berkembang pesat. Untuk itu, simak 5 tren pengembangan software di masa depan berikut yang perlu kamu ketahui. 

Kemampuan menyeluruh dalam software

Karena kebutuhan mengembangkan perangkat lunak secara luas lebih besar, permintaan terhadap pemrogram software dengan kemampuan yang menyeluruh pun lebih tinggi. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan peluang pekerjaan untuk posisi full-stack developer. Kamu juga bisa menemukan peluan tersebut dengan bergabung di talent marketplace EKRUT.

Baca juga: 6 Tips belajar programming untuk kamu yang pemula

Kolaborasi 

Di masa depan, kemampuan berkolaborasi untuk mengembangkan perangkat lunak akan lebih diminati. Kemampuan Programmer memang penting. Namun, perusahaan ternyata banyak mengincar programmer yang terbiasa dalam kolaborasi.

Sebab, Programmer yang kolaboratif bisa mentransformasikan ide-ide ke dalam eksekusi sebuah proyek. Ingat, kecepatan dan ketepatan memang menjadi kunci inovasi di dunia kerja.

Berpikiran terbuka

Memiliki pola pikir yang terbuka untuk mengembangkan software di masa depan juga penting. Dengan fleksibilitas yang kamu miliki, kamu bisa bekerja dengan siapa saja dan di mana saja.

Selain itu, ada penelitian yang mengklaim bahwa pada tahun 2020 nanti, 50 persen tenaga kerja akan mendapat kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh. Ini berarti kamu harus mampu bekerja dengan baik bersama orang-orang yang mungkin belum pernah kamu temui, dan berasal dari latar belakang berbeda.

Perkembangan karier

Kemajuan karier biasanya bersifat linier. Artinya, seseorang akan bergerak ke atas di tangga karier tradisional dari peran junior, menengah, dan senior. Misalnya, setelah menjadi manajer, seseorang mungkin akan pensiun sebagai eksekutif senior.

Namun, perkembangan karier di masa depan tak akan sama. Karier kamu dapat bergerak secara horizontal, diagonal, atau vertikal. Bentuk perkembangan karier seperti ini telah menjadi hal yang lumrah. Sebab, banyak tempat kerja memiliki struktur organisasi yang lebih datar dan budaya kerja serba cepat. Ini artinya, kamu harus belajar untuk bisa bekerja dengan fleksibel, mudah beradaptasi, dan semangat mengejar karier untuk berkembang di masa depan.

Pemula yang kreatif

Jika bisa bekerja keras dan menyelesaikan tugas tepat waktu dengan sedikit atau tanpa pengawasan, itu tandanya kamu sudah memiliki kinerja yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu kemampuan yang akan sangat berguna di dunia kerja masa depan.

Baca juga: Apa saja pekerjaan Software Engineer? Cari tahu di sini!

Di masa mendatang, dunia kerja akan berubah dengan cepat. Dengan mengombinasikan keterampilan dan fleksibilitas untuk berkolaborasi dengan orang lain, kita bisa menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

Last update: 22 September 2019

Sumber:

  • hackernoon.com 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read

    Video