Published on

Careers

7 cara mendapatkan pekerjaan Software Engineer

Tsalis Annisa

pekerjaan_software_engineer_EKRUT.jpg

Masa kini telah membuat lowongan pekerjaan menjadi semakin beragam. Salah satu contohnya adalah Software Engineer yang baru ada semenjak zaman digitalisasi. Lalu, kira-kira apa pekerjaan Software Engineer selama ini? 

Pasti penasaran, kan, bagaimana dan mengapa seorang Software Engineer sangat dibutuhkan saat ini? Sebenarnya, semua ini kemungkinan besar berkat
perkembangan teknologi digital yang telah mengambil alih sebagian besar aspek kehidupan manusia. 

Bahkan, di masa depan, kebutuhan untuk profesi ini kemungkinan akan berkembang semakin besar dan banyak. Jadi, mari ketahui apa saja pekerjaan Software Engineer dan bagaimana menjadi salah satunya agar kamu bisa menambah peluang kerja di masa depan! 

Tanggung jawab dan pekerjaan Software Engineer 

pekerjaan software engineer 
Seorang Software Engineer merupakan insinyur  yang berperang dalam melakukan pengembangan-EKRUT

Seorang Software Engineer merupakan insinyur yang berperan dalam melakukan pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi pada perangkat lunak komputer. Namun, Software Engineer yang masih pemula atau level dasar biasanya hanya bertugas menulis, men-debug, memelihara, dan menguji software saja.

Seorang Software Engineer akan melakukan perubahan pada software apabila ada hal yang perlu diubah ketika melakukan pengujian. Software Engineer juga akan berkutat dengan bahasa pemrograman yang umum seperti Java, C++, dan Python. 

Software Engineer juga dapat melakukan hal seperti memberikan instruksi pada komputer untuk mengerjakan tugas tertentu. Misalnya memberi instruksi seperti menyimpan informasi, menampilkan kalkulasi, dan lain-lain. 

Baca juga: Penasaran, seperti apa sih software engineer di Tesla?

Bagaimana cara menjadi seorang Software Engineer

pekerjaan software engineer EKRUT 
Cara menjadi Software Engineer adalah dengan mendapatkan gelar sarjana ilmu komputerisasi-EKRUT

Setiap profesi pasti memiliki langkah dan cara yang perlu dilakukan sebelum bisa tercapai. Begitu juga dengan Software Engineer yang memiliki syarat yang cukup spesifik dan tidak mudah. Ingin tahu apa saja caranya agar dapat memenuhi syarat menjadi Software Engineer? Yuk, cari tahu lengkapnya di bawah ini! 

1. Dapatkan gelar sarjana di bagian ilmu komputer 

Cara ini sebenarnya tidak wajib, namun sangat penting dan mampu sangat membantu untuk mengejar profesi Software Engineer. Sebab, kebanyakan lowongan Software Engineer saat ini biasanya memiliki kriteria sarjana ilmu komputer. 

Kuliah dengan jurusan ilmu komputer akan membantu kamu untuk lebih mahir dalam mendesain dan memperbaiki software. Selain itu, latar belakang pendidikan juga dapat lebih meyakinkan pihak rekruter nantinya. Sarjana ilmu komputer juga biasanya lebih unggul dalam hal teoritis dibanding yang belajar hanya dengan otodidak. 

2. Pilih bahasa pemrograman untuk dipelajari dan dikuasai 

Baik belajar pemrograman dengan kuliah ataupun otodidak, kamu tetap perlu mempelajari salah satu bahasa pemrograman dan menguasainya. Banyak orang yang merasa kebingungan dalam memilih salah satu bahasa pemrograman yang harus mereka pelajari. 

Kebanyakan orang bingung apakah harus belajar Python, Ruby Django, MEAN, atau yang lainnya lagi. Sebab, cukup banyak pilihan bahasa yang dapat dipelajari padahal tidak mudah dan tidak cepat untuk mempelajarinya.

Begini tipsnya, sebaiknya pilihnya apapun yang menurutmu paling mudah, lalu kuasailah. Ketika sudah menguasai salah satunya, mempelajari bahasa lainnya tidak akan terlalu sulit. Ketika kamu sudah memiliki dasar bahasa pemrograman yang kuat, tidak akan sulit melakukan transisi ke bahasa, layar, dan teknologi lainnya. 

3. Jangan pernah bosan untuk terus berlatih 

Seorang Software Engineer akan semakin mahir dengan sering berlatih. Profesi ini juga dapat berkembang dengan “learning by doing”. Jadi, semakin sering kamu berlatih, kemampuanmu dalam bidang ini juga akan semakin meningkat. Jadi, mulailah rutin berlatih dan jangan pernah bosan, ya. 

Baca juga: 5 Cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah

4. Baca kode yang diciptakan orang lain 

Aspek penting lainnya dari menjadi Software Engineer adalah kemampuan membaca kode yang diciptakan oleh orang lain. Kamu dapat melakukannya dengan melakukan pencarian di repositori GitHub dan mencari dokumentasinya. 

Terkadang, dokumentasinya mungkin tidak sesuai, namun sumber dari kode tersebut tidak akan pernah berbohong.

Dengan belajar membaca kode semacam itu kamu akan bisa memahami apa yang terjadi dan bagaimana sebuah program dapat bekerja. 

5. Cari dan bergabung dengan komunitas sesama Software Engineer 

Carilah komunitas untuk belajar menjadi Software Engineer yang lebih baik, terutama apabila kamu baru saja terjun ke dunia ini.

Ketika kamu tergabung dengan orang-orang komunitas yang lebih paham, kamu akan memiliki lingkungan yang suportif dan dapat memberikan bantuan dan motivasi yang dibutuhkan. 

6. Mengikuti magang 

Sebelum kamu memperoleh pekerjaan software engineer, proses magang menjadi salah satu gambaran bagaimana nanti kamu bisa bekerja pada sebuah perusahaan. 

Tidak usah khawatir akan magang dimana, karena perusahaan teknologi banyak yang membuka kesempatan magang bagi calon-calon developer muda. Nantinya dengan proses magang tersebut, bisa membantumu meningkatkan skill software engineer seperti penguasaan bahasa pemrograman Java, SQL atau XML.

Proses magang ini biasanya berlangsung tiga hingga enam bulan, memungkinkan kamu untuk berpartisipasi dalam proyek untuk pengembangan produk baru.   

7. Kuasai pertanyaan interview yang mungkin muncul

Setelah kamu meyakini memiliki kemampuan yang besar dalam bidang Software Engineer, kiat menjadi Software Engineer selanjutnya adalah mempelajari pertanyaan interview yang mungkin muncul saat kamu melamar di posisi ini. 

Jenis pertanyaan interview itu bisa kamu cari di internet atau kamu juga bisa melihat contoh interview Software Engineer di sini. Persiapkan dirimu sebaik mungkin saat kamu memutuskan untuk interview ya!

Baca juga: Asah 10 skills ini untuk menjadi Software Engineer andal

Jadi, itu dia pekerjaan Software Engineer dan cara untuk menjadi salah satunya. Jika kamu benar-benar berminat bekerja sebagai insinyur perangkat lunak, cobalah segera terapkan salah satu cara di atas, ya. Semoga membantu!

pekerjaan software engineer EKRUT
 Last update 9 August 2020

Sumber:

Tags

Share