technology

Ingin menjadi game developer? Ketahui dulu beberapa hal ini

Maria Yuniar

10 July 2020

game-developer-EKRUT.jpg

Seiring berkembangnya teknologi, beragam pekerjaan baru di dunia digital pun semakin bermunculan. Salah satunya adalah game developer. Pasalnya, video game yang dulu hanya sebatas hiburan, kini menjadi peluang bisnis yang berpotensi. 

Bagaimana tidak? Permainan yang diproduksi oleh game developer ini mendatangkan keuntungan finansial yang besar. Bahkan, sudah banyak beragam games developer Indonesia yang telah bermunculan. 

Daftar game developer dunia

game developer - EKRUT
Game developer menjadi salah satu profesi yang akan semakin dicari - EKRUT

Nah, dari sekian banyak game developer yang ada, berikut ini deretan game developer papan atas dunia dan Indonesia yang bisa menginspirasimu.  

Rockstar Games

Game developer yang satu ini sukses membuat serial game yang cukup terkenal yaitu, GTA (Grand Theaft Auto). Game developer ini terlihat eksis sebagai pembuat game bergenre petualangan dan aksi yang seru. 

Selain itu, Rockstar Games juga mengembangkan Red Dead Redemption 2, sebuah game aksi petualangan yang mengambil latar di wild west. Artinya, akan ada koboi dan aksi berkuda di padang rumput tandus. Jika kamu suka game yang berjenis action, cerita, dan open world, Rockstar Games bisa menjadi inspirasimu dalam mengembangkan games

Toge production

Game developer Indonesia yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2009. Adapun games yang sudah cukup terkenal dari perusahaan ini seperti Infectonator, Relic of War, Necronator, dan Days 2 Die.

Hal yang membanggakan dari Toge Production adalah, pada tahun 2012 perusahaan ini memenangkan Indonesia Game Show 2012 untuk kategori 2D PC game. 

Baca juga: Seru, 11 game asah otak ini bantu tingkatkan daya ingat

CD Projekt Red

Pernah bermain game series seperti The Witcher, The Witcher 2, dan The Witcher 3? Games ini termasuk ke dalam besutan CD Projekt Red. 

Hal yang membuat CD Projekt Red menjadi salah satu game developer terbaik adalah kemampuan mereka dalam membuat game dengan grafis terbaik, serta gameplay yang membuatmu ingin terus memainkannya tanpa mengedepankan micro-transaction atau DLC.

Valve

Game developer Valve telah berevolusi. Selain sebagai developer game, Valve juga telah menjadi perusahaan distributor video game terbesar di dunia. Kesuksesan Valve ini bermula dari game yang begitu fenomenal pada masanya, yaitu Half-Life dan Counter-Strike. 

Dua judul tersebut menjadi game yang wajib dimiliki dan dimainkan oleh para remaja generasi Y. Kini, nama Valve semakin besar berkat dua game andalan mereka, yaitu Dota 2 dan CS:GO. Kemudian, ada juga Steam yang menjadi one-stop service bagi mereka yang ingin mencari game dengan harga murah.

Nintendo

Developer game yang satu ini tentu sangat populer di telingmu, bukan? Bagaimana tidak. Tahun 2017 pun menjadi masa kesuksesannya sebagai developer sekaligus penerbit game. Beberapa tahun lalu, Nintendo merilis console sekaligus handheld terbaru mereka yaitu Nintendo Switch yang langsung terjual 4,8 juta unit hanya dalam waktu sepuluh bulan saja di Amerika Serikat. 

Skills yang dibutuhkan oleh seorang game developer

game developer - EKRUT
Kreatif dan memiliki kemampuan IT yang kuat adalah skills yang penting bagi seorang game developer - EKRUT

Tertarik untuk menjadi seorang game developer? Jika iya, maka selain mengetahui perusahaan game apa saja yang ada di Indonesia, kamu juga perlu tahu skills apa saja yang perlu kamu miliki. 

Berikut ini adalah beberapa skills yang perlu kamu asah dengan baik jika ingin menjadi seorang game developer. 

Mampu berpikir kreatif

Kemampuan yang pertama ini tentu saja perlu kamu miliki sebagai seorang game developer untuk dapat memenangkan pasar. Pasalnya, kamu perlu memunculkan ide-ide permainan yang tidak hanya seru serta menantang tapi juga original atau asli. 

Selain itu, kamu juga perlu memiliki pemahaman yang mendalam mengenai preferensi budaya dan selera di mana games tersebut dipasarkan. 

Memiliki kemampuan IT yang kuat

Agar keinginanmu untuk menjadi seorang game developer andal berjalan dengan lancar, penting bagimu untuk memiliki kemampuan IT yang kuat, baik dalam hal pemrograman maupun desain. Memiliki kemampuan teknis dan artistik akan membantu kamu berkembang di bidang ini, karena akan memudahkanmu untuk membuat suatu game yang hidup. 

Mengikuti perkembangan industri

Tidak sekadar membuat sebuah game, kamu juga perlu mencintai game dan mengikutii perkembangannya. Dengan begini akan lebih memudahkan kamu dalam melihat dunia game pada umumnya dan pergerakan pesaing. 

Selain itu, tentu kamu harus memiliki kemampuan mengatur waktu, mampu mengatasi masalah, mampu berkomunikasi dengan baik agar pekerjaanmu dapat berjalan dengan lancar. 

Baca juga: 6 Ide games team building untuk bangun kekompakan tim

Itulah beberapa hal mengenai game developer dan perkembangannya baik dalam segi bisnis serta lapangan pekerjaan. Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidangnya, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. 

Pasalnya, EKRUT telah bekerja sama dengan beragam perusahaan startup maupun korporasi yang mencari kandidat seperti kamu. 

game developer indonesia - EKRUT
Last update: 10 July 2020

Sumber: 

Tags

Share