Published on

Technology

15 Jenis game asah otak yang seru dan bisa anda coba di rumah

Tsalis Annisa

game-asah-otak-EKRUT.jpg

Situasi pandemi yang mengharuskan bekerja dari rumah terkadang membuat tubuh dan pikiran mudah lelah. Tak ada salahnya untuk mengambil jeda sebentar dari pekerjaan kantor dengan memainkan game asah otak. Selain dapat mengatasi rasa jenuh, bermain game juga dapat membantu mengasah kreativitas serta memompa kembali semangatmu.

Manfaat game asah otak terhadap daya ingat

Banyak orang menggunakan permainan seperti ini untuk menstimulasi dan juga mencegah penuaan pada otak. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa hubungan keduanya masih rumit untuk dijelaskan, mengasah otak dengan permainan sederhana dapat membantu melatih konsentrasi serta meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir logis.

Berikut ini adalah beberapa pilihan games yang menarik untuk dicoba.

1. Hello cats

game asah otak - EKRUT
Terlihat sederhana, tapi game menyelamatkan kucing ini bisa alternatif game asah otak yang kamu coba - EKRUT

Buat pengguna android, game asah otak ini memang sedang populer. Sayangnya, sampai saat ini Hello Cats belum tersedia bagi pengguna iOS. Permainannya dapat membuat kamu merasa penasaran meskipun misi dari games ini cukup sederhana, yaitu menyelamatkan kucing.

Namun, untuk menyelamatkan kucing, kamu perlu menggambar beberapa hal yang dibutuhkan oleh kucing. Tak perlu menggambar yang bagus, kamu hanya perlu menggambar seadanya yang bisa menyelamatkan kucing. Misalnya, agar kucing bisa mendapatkan minum maka kamu perlu menggambar berbagai bentuk minumannya untuk bisa diraih oleh si kucing. Dengan memainkan game ini, kamu bisa mengasah otak sekaligus mengasah kreativitas.

2. Roll the ball – slide puzzle

game asah otak - EKRUT
Meski tugasmu hanya enggelindingkan bola sambil menyambung pipa tapi game ini bisa mengasah otakmu - EKRUT

Meskipun terbilang cukup sederhana, game asah otak yang satu ini cukup menantang. Roll The Ball – Slide Puzzle yang dikembangkan oleh BitMango ini dapat diunduh oleh pengguna android maupun iOS. Tujuan dari permainan ini adalah meminta kamu untuk menggelindingkan bola dengan cara menyambungkan pipa-pipa yang belum tersambung.

Setelah semua pipa tersambung, secara otomatis bola akan menggelinding sesuai jalur pipa yang ada. Games ini tak kalah seru dengan Hello Cats, bahkan Roll The Ball – Slide Puzzle sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di PlayStore. Menarik, bukan?

3. Unblock Me FREE

game asah otak - EKRUT
Dengan memindahkan balok coklat pada puzzle ini kamu bisa melatih konsentrasi secara tidak langsung - EKRUT

Games yang satu ini termasuk game melatih konsentrasi karena memang menantang kita harus ekstra fokus, dan juga memiliki daya logika yang kuat. Games besutan Developer Kiragames ini cukup menarik perhatian dan telah diunduh 50 juta kali di PlayStore. Bagi pengguna iOS juga tidak perlu khawatir karena permainan ini dapat diunduh juga secara gratis di App Store.

Untuk memainkannya kamu hanya perlu membiarkan balok warna merah melaju ke luar. Balok-balok berwarna coklat akan menghalangi sehingga tugas kamu adalah memindahkan balok coklat agar tidak menghalangi jalur balok merah.

Baca juga: PUBG vs ML, mana yang lebih diminati?

4. Brain dots

game asah otak - EKRUT
Selain mengasah otak, game ini bisa melatih kreativitasmu - EKRUT

Hal yang menarik dari game asah otak Brain Dots adalah interface serta cara bermain cenderung mudah dan menjadikan game ini bisa dimainkan oleh anak usia minimal 3 tahun.

Cara bermainnya kamu hanya perlu menggambar jalur untuk satu bola agar bisa berbenturan dengan bola lainnya. Di level awal, kamu akan menggambarnya dengan sangat mudah, namun pada saat level mulai merangkak naik akan menjadi sangat sulit. Permainan yang dikembangkan oleh Translimit ini dapat diunduh secara gratis di kedua platform, android dan iOS.

5. Math duel

game asah otak - EKRUT
Asah kemampuan menghitung dengan game sederhana ini - EKRUT

Bagi kamu pecinta permainan logika, game asah otak yang satu ini harus kamu coba. Karena games Math Duel ini merupakan game asah otak yang memiliki tampilan mirip dengan permainan kartu, dan catur.

Perbedaannya, permainan ini berisikan soal matematika yang harus kamu selesaikan demi memenangkan duel. Permainan ini dapat ditemukan di Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS. Berani coba?

6. Quick brain

game asah otak - EKRUT
Masih mirip dengan math duel, Quick Brain juga melatih kemampuan berhitungmu - EKRUT

Game asah otak selanjutnya adalah Quick Brain yang dapat ditemukan di App Store maupun Play Store. Permainan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan soal hitungan, atau matematika. Permainan ini memiliki time out yang cepat, sehingga membantu otak untuk semakin berkembang, kritis dan berpikir cepat.

Selain seru dan menegangkan, kamu akan senang dengan tampilan game ini yang terlihat nyaman dipandang mata.

7. Kahoot

game asah otak - EKRUT
Sambil bermain kamu bisa memperluas pengetahuan dengan game yang tepat - EKRUT

Game asah otak yang satu ini tak hanya dapat meningkatkan daya ingat, juga bisa membantu kamu dalam memperluas pengetahuan. Pasalnya, Kahoot termasuk game kuis dengan beragam pertanyaan yang berhubungan dengan matematikan, pengetahuan sejarah, bahkan umum. Selain dapat diunduh langsung oleh pengguna iOS dan android, game ini juga dapat dimainkan melalui website Kahoot.com.

Semakin banyak peserta yang terlibat, jalannya permainan akan semakin seru dan menegangkan. Kamu bisa mengajak 10 rekan kerjamu sekaligus untuk bermain bersama. Menarik, bukan?

Baca juga: 6 game developer papan atas dunia, siapa favoritmu?

8. Peak 

game asah otak - EKRUT
Ada banyak pilihan game mengasah otak yang bisa kamu mainkan di Peak - EKRUT

Peak adalah salah satu game asah otak yang cocok untuk kamu coba. Kelebihan lain dari Peak adalah bisa dimainkan secara gratis dan termasuk jenis game offline yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet. Permainan besutan developer PopReach ini juga sudah tersedia di App Store maupun Play Store.

Di dalam aplikasi Peak ini kamu bisa memainkan 45 game seru yang bisa meningkatkan kemampuan problem solving, daya ingat dan cocok sebagai game untuk melatih konsentrasi. 

9. Memorado

game asah otak - EKRUT
Kamu dapat memilih game yang fokus pada bidang pengembangan yang kamu minati di Memorado - EKRUT

Memorado adalah salah satu game asah otak lainnya yang diklaim secara ilmiah dapat membantu meningkatkan aktivitas kognitif dan IQ kamu. Karena sudah berhasil diunduh sebanyak 1 juta kali, permainan ini ditetapkan menjadi salah satu aplikasi pilihan editor di Google Play. Bagi pengguna iOS, permainan serupa juga dapat ditemukan di App Store dengan nama GEIST. Meskipun mempunyai perbedaan nama, kedua permainan tersebut dikembangkan oleh developer yang sama.

Di dalamnya terdapat 24 game asah otak dengan tingkat kesulitan yang beragam. Selain bisa melepaskan penat, Memorado juga merupakan game melatih konsentrasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, berhitung dan daya ingat. 

Baca juga: Kenapa sih harus beli game original?

10. Praia Bingo

game asah otak EKRUT 
Praia Bingo salah satu permainan keberuntungan dan daya nalar yang bagus merangsang konsentrasi - EKRUT

Ini adalah salah satu games asah otak dari Pipa Games Developers asal Brasil. Bingo ini nyatanya bukan permainan games baru di kalangan warga Amerika, Australia dan Inggris. Bisa dibilang ini permainan yang sudah lama ada bahkan dimainkan oleh keluarga. 

Pipa games sendiri tak hanya membuat satu games saja, tetapi beberapa games dengan tema Bingo sekaligus ada Praia Bingo, Bingo Bloon, Bingo Beach, dan sebagainya. Permainan ini menitik beratkan pada peluang keberuntungan dan daya nalar pemain untuk meningkatkan konsentrasi, terdapat juga fitur chat agar tiap pemain dapat berinteraksi. 

Di negara asalnya games ini cukup terkenal sudah didownload oleh lebih dari 5 juta unduhan. Di negara asalnya games ini cukup terkenal dan sudah mencapai lebih dari 5 juta unduhan. Namun, sayangnya hingga saat ini, Praia Bingo hanya tersedia bagi pengguna android saja.

11. Tricky Test 2

game asah otak - EKRUT
Game ini akan menguji daya ingat, logika dan kemampuan berhitungmu - EKRUT

Tricky Test 2 adalah game asah otak yang menawarkan beberapa tricky games untuk melihat seberapa jenius kamu. 

Ada beberapa permainan puzzle hingga kuis trivia untuk mengasah otak di dalam game ini. Saat memainkan game mengasah otak ini secara teratur,  kamu dapat melatih fokus, kemampuan berpikir kritis hingga kreativitasmu. Penasaran? Langsung aja download di Google Play atau AppStore.

Baca juga: Main game online dapat rugikan negara?

12. Sudoku

sudoku
Permainan teka-teki logika dengan menuliskan angka di setiap kotaknya - EKRUT

Siapa yang belum pernah memainkan Sudoku? Game asah otak klasik ini punya cukup banyak penggemar hingga dinobatkan sebagai game pilihan editor di Google Play. Cara memainkannya, kamu harus mengisi setiap kotak yang tersedia dengan angka 1 sampai 9 ke dalam kotak 3x3. Namun, yang harus diperhatikan, setiap baris, kolom, maupun kotak tidak boleh mengandung angka yang sama.

Meskipun terlihat mudah, game ini cukup menantang dan mengasah logika. Cocok untuk dimainkan saat jam makan siang atau istirahat. Yang lebih menyenangkan lagi, Sudoku bisa dimainkan tanpa koneksi internet dan tersedia di berbagai platform, baik android maupun iOS.

13. Lumosity: Brain Training


Temukan kemampuan terhebat otakmu melalui permainan ini - EKRUT

Lumosity: Brain Training akan melatih otakmu dengan cara yang seru, interaktif, sekaligus mempelajari cara berpikirmu. Game yang satu ini juga masuk dalam jajaran game pilihan editor di Google Play karena sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Sebelum memulai permainan, kamu akan diarahkan untuk melakukan tes singkat terlebih dahulu agar dapat menentukan program latihan yang sesuai dengan prioritasmu. Tak hanya mengajak otakmu berpikir, bermain game ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kemampuan memori, perhatian, fleksibilitas, kecepatan memproses pengetahuan, dan penyelesaian masalah. Lumosity: Brain Training sudah dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

14. Brain Out

brain out
Game asah otak paling seru yang pernah ada - EKRUT

Bermain game ini akan menguji kemampuan otakmu untuk memberikan jawaban yang sama sekali tidak terduga. Terlihat simpel tapi percayalah kalau Brain Out tidak akan meloloskanmu menuju level berikutnya semudah itu. Kamu harus melewati serangkaian pertanyaan ajaib yang bikin geleng-geleng kepala.

Meskipun cukup membuat pusing, game ini penuh dengan lelucon sehingga masih terasa seru saat memainkannya. Brain Out bisa dimainkan secara offline dan sudah tersedia di platform android maupun iOS.

15. Kuis Gambar Saku

kuis gambar saku
Ilustrasi gambar yang lucu akan memudahkanmu menebak setiap pertanyaan - EKRUT

Kuis Gambar Saku merupakan game yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia, Touchten. Permainan ini akan mengasah otakmu untuk menebak gabungan kata melalui gambar yang diberikan. Tebakannya pun beragam mulai dari kosakata sehari-hari sampai yang harus berpikir keras karena mengasah imajinasi. 

Game ini bisa diunduh melalui platform iOS maupun android. Dikemas dengan tampilan menarik serta karakter gambar yang unik akan semakin membuatmu tertantang untuk menyelesaikan setiap levelnya. 

Itulah beberapa game asah otak yang seru, populer dan menantang. Selain menghibur, games tersebut bisa mengembangkan kemampuan berpikir dan logikamu. Kamu bisa memainkannya di saat jam makan siang, atau sebentar di sela-sela jam kerja. Tapi ingat, jangan sampai terlalu lama hingga mengganggu pekerjaanmu, ya!

game asah otak EKRUT 
Last update: 12 April 2021

Tags

Share