Media

6 pekerjaan di bidang blockchain, kamu berminat?
By Maria Yuniar - 24 July 2019
4 min read 519 Views

Saat ini kamu bisa menemukan pekerjaan yang berhubungan dengan blockchain dan mata uang virtual atau cryptocurrency, di banyak negara. Dua di antaranya adalah developer dan data scientist.

Apa saja sih profesi-profesi di industri blockchain? Berikut ini enam pekerjaan di bidang blockchain yang menarik untuk kamu simak.

1. Analis keamanan informasi

Profesi pertama yang berkaitan dengan blockchain adalah analis keamanan. Analis Keamanan sangat penting dalam proses pembangunan blockchain.

Nah, untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus memiliki pengalaman dalam mengawasi enkripsi, mengantisipasi serangan siber, dan menguji blok untuk memastikan bahwa mereka tak tertembus jika permintaan sedang tinggi. 

2. Data Scientist

Para data scientist bertugas mengumpulkan, menafsirkan, menganalisis, dan mengelola data dengan menerapkan statistik ke data yang kompleks. Mereka menulis algoritma yang digunakan untuk mendeteksi dan menganalisis pola dalam kumpulan data yang sangat besar, membuat model dan visualisasi data, dan memberikan wawasan tentang data yang dikumpulkan.

3. Marketing Specialist

Banyak perusahaan jasa blockchain mulai menambahkan proses pemasaran ke dalam kegiatan operasional mereka. Sehingga, dibutuhkan karyawan yang unggul dalam bidang pemasaran.

Spesialis pemasaran dan manajer bertugas membuat rencana pemasaran, meneliti pasar potensial, mengembangkan strategi media sosial dan media mainstream untuk mempromosikan layanan, menulis siaran pers, dan menulis artikel untuk situs.

4. Developer

Berkembangnya blockchain bahkan membuka peluang besar untuk freelancer pada kuartal pertama 2018. Ada kebutuhan yang kuat untuk tenaga Developer dengan keterampilan teknologi yang tepat.

Developer bekerja menulis kode dan membangun struktur data untuk blockchain. Mereka menerapkan pengetahuan metode konsensus dan mata uang kripto. Untuk menjadi Developer, kamu harus mempunyai keahlian dalam analisis serangan siber, deteksi anomali, dan manajemen kinerja.

5. Project manager

Blockchain merupakan proses yang kompleks, membutuhkan koordinasi yang tepat dari banyak lapisan informasi dan meminta dukungan yang tepat dari staf serta perwakilan klien yang berbeda.

Project Manager bertugas menguraikan langkah-langkah proyek dan menetapkan tujuan dan garis waktu. Mereka melacak kemajuan, mengoordinasikan komunikasi di antara para peserta dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada. 

6. Technical Recruiter

Di satu sisi, perkembangan blockchain cukup ekspansif. Namun di sisi lain, jumlah pekerja yang berkualitas di bidang ini masih terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan kehadiran staf sumber daya manusia (SDM).

Untuk menjadi staf SDM di bidang blockchain, kamu tentu saja diharapkan memiliki pengetahuan yang kuat tentang persyaratan pekerjaan blockchain dan kemampuan untuk menarik pencari kerja yang sesuai. Perekrut harus menganalisis profil kandidat, mewawancarai, hingga mempresentasikan kandidat prospektif kepada user.

Kamu mungkin berpikir, saat ini menemukan peluang kerja di bidang blockchain masih sulit. Namun dengan bergabung di talent marketplace EKRUT, potensimu dapat dilirik perusahaan blockchain. Talent marketplace ini menggunakan sistem kurasi, yang menjamin kandidat berkualitas menemukan pekerjaan terbaik sesuai minat.

Last updated: 21 July 2019

pekerjaan di bidang blockchain - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • data scientist
  • developer
  • Bitcoin
  • cryptocurrency
  • blockchain
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang