Media

Awas, ini 9 tanda kamu akan mengalami PHK
By Aldo Imanuel - 27 February 2019
3 min read 1024 Views
Hasil review yang buruk dan sikap atasan bisa menjadi pertanda kamu akan mengalami PHK - EKRUT
Hasil review yang buruk dan sikap atasan bisa menjadi pertanda kamu akan mengalami PHK - EKRUT

Mengalami PHK atau dipecat dari pekerjaan merupakan salah satu mimpi buruk bagi para karyawan. Apalagi pemecatan bisa datang dengan tiba-tiba karena keputusan internal perusahaan. Namun, pemecatan juga bisa datang dengan tanda-tanda tertentu yang dapat kamu amati.

Untuk bersiap-siap, perhatikan sembilan tanda-tanda yang biasanya muncul ketika seorang karyawan akan dipecat.

1. Bos mulai berhenti bicara

Umumnya, ketika kamu melakukan kesalahan sekali atau dua kali untuk hal yang sama, bosmu mungkin akan berusaha menegur dan memberitahukan apa yang seharusnya kamu lakukan.

Namun, jika bos sudah tidak mengajakmu berbicara, kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda yang cukup terlihat. Bisa dikatakan, di titik ini atasanmu berarti sudah menyerah untuk bekerja denganmu.

2. Pekerjaanmu digantikan oleh robot atau automation

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada beberapa pekerjaan yang dapat diotomatisasi oleh perangkat lunak atau robot, seperti memasukkan data, menghitung, atau bahkan mengatur tayangan konten. Tentu, fenomena ini akan merugikan beberapa karyawan di bidang tertentu.

Jika ada beberapa bagian dari pekerjaanmu yang sudah diganti oleh teknologi, bersiap-siaplah kalau nantinya kamu sendiri yang akan digantikan oleh teknologi dan mengalami PHK.

3. Jauh dari lingkaran kantor

Secara perlahan, rekan kerjamu akan mengurangi intensitas komunikasi denganmu, terutama tentang pekerjaan. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa mereka sudah mendengar kabar bahwa kamu akan dipecat.

PHK - EKRUT
Atasan yang mencari-cari, dan mencatat kesalahamu bisa jadi adalah tanda kamu akan dipecat - EKRUT

4. Kesalahanmu dicari-cari

Saat melakukan pemecatan, perusahaan tentu tidak bisa begitu saja memecat karyawan tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, tanda lain yang harus kamu perhatikan adalah perusahaan berusaha mencatat kesalahan-kesalahanmu, dan mengumpulkannya sebagai bukti bahwa performamu di kantor kurang baik.

5. Beban pekerjaan berkurang

Meski tidak selalu menjadi pertanda bahwa seorang karyawan akan dipecat, beberapa manajer mungkin melakukan ini. Misalnya dengan tidak memberikan proyek baru apalagi proyek yang sulit kepada orang tersebut.

6. Tidak dilibatkan ke dalam rapat penting

Selain itu, bila kamu tidak lagi terlibat dalam rapat penting seperti biasanya, kamu patut waspada. Ini tandanya perusahaan tak ingin kamu terlibat dalam proyek-proyek penting perusahaan karena waktumu di perusahaan pun tak akan lama lagi.

7. Peranmu terus berubah

Perusahaan mungkin belum ingin memecatmu untuk saat ini, namun perusahaan menemukan kesulitan untuk mempertahankanmu. Jika perusahaan sedang berusaha untuk menempatkan dirimu di posisi yang tepat, perusahaan akan mempekerjakanmu dengan peran yang berbeda-beda.

8. Tidak mendapatkan bonus

Bonus tentu akan kamu dapatkan jika performamu dinilai bagus, jadi jika kamu tidak mendapatkan bonus juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu akan dipecat. Tak hanya bonus, jika tiba-tiba kamu kehilangan bentuk penghargaan dari atasan, seperti tidak diundang makan siang bersama, sedangkan yang lainnya diundang, hal ini bisa berarti performamu dinilai mulai berkurang.

Baca juga: 7 Cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

9. Hasil review selalu buruk

Beberapa perusahaan memberlakukan review sekitar 6 bulan sekali. Nah, jika perusahaamu juga melakukan hal ini terhadap karyawannya, dan setiap hasil review kamu selalu mendapatkan penilaian yang buruk, bisa jadi itu adalah sebuah tanpa posisimu sedang dalam bahaya.

Terlebih lagi jika penilaian yang buruk ini tidak hanya mencangkup hasil kerjamu, tapi juga sikapmu selama bekerja. Pasalnya, jika permasalahannya kemampuanmu yang kurang pada beberapa hal, kamu mungkin masih akan diberi kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri.

Namun, jika sikapmu juga ikut bermasalah, maka hal ini dapat memperburuk penilaianmu. Di dalam sebuah perusahaan, tentu perlu satu tim yang kompeten dan mampu bekerja sama dengan baik.

Jika kamu tidak ada niat untuk memperbaikinya, maka hal tersebut akan memperlambat kinerja tim, dan bukan tidak mungkin atasan akan memutuskan kamu untuk dipindah divisi, atau PHK. 

Itulah beberapa hal yang mungkin muncul sebagai pertanda bahwa seorang karyawan akan dipecat atau PHK. Agar kamu dapat lebih berantisipasi, dan terhindari dari status menganggur, cobalah untuk lebih awal mengenali tanda-tanda tersebut sehingga kamu dapat memiliki waktu untuk mencari pekerjaan baru.

Agar memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang baru, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Cara ini akan lebih memudahkan kamu dalam membuka peluang dilirik oleh perusahaan yang cocok denganmu tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • kinera
  • karier
  • dipecat
  • PHK
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang