Published on

Careers

Admin Officer: Definisi, Manfaat, Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji 2022

Detty Risetya

cover.jpg

Hampir semua perusahaan pasti memiliki petugas administrasi atau admin officer. Bahkan, dapat dikatakan, admin officer adalah bagian penting dari operasional perusahaan. Bagaimana tidak? Biasanya, admin officer adalah orang yang sering menjawab panggilan telepon, menjadwalkan pertemuan para manajer dan atasan, hingga menyiapkan laporan, serta mengarsipkan dokumen. Tanpa admin officer, mungkin pengelolaan arsip dan laporan dapat terkendala. Maka itu, perusahaan sangat membutuhkan dukungan administratif dari para petugas admin.

Apa itu admin officer?


Profesi admin officer berperan mengelola tugas administratif. (sumber: pexels)

Admin officer adalah sebuah profesi yang bertindak sebagai titik kontak bagi semua karyawan dalam hal dukungan administratif dan mengelola dokumen. Tugas utama admin officer adalah mengelola barang inventaris kantor, menyiapkan laporan keuangan, dan mengatur catatan arsip perusahaan. Jika kamu sudah berpengalaman sebagai admin officer atau tugas administratif lainnya, tentu sudah memahami sejumlah tugas dan deskripsi pekerjaannya.

Baca juga: Front office: Pengertian, peran, dan struktur organisasi

Manfaat admin officer bagi perusahaan


Admin officer adalah orang yang bertugas menangani urusan administratif perusahaan. (sumber: pexels)

Manfaat atau peran penting admin officer adalah untuk mengorganisir dan mengawasi penanganan administrasi agar berjalan dengan baik. Admin officer adalah orang yang bekerja sama dengan pihak manajerial untuk meninjau perusahaan dan menemukan cara memaksimalkan proses internal perusahaan.

Baca juga: Staf Administrasi: Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set

Tugas dan tanggung jawab admin officer


Admin officer mengelola arsip dan jadwal atasan. (sumber: pexels)

Admin officer adalah orang yang berperan penting mengelola tugas administratif sehari-hari perusahaan atau organisasi. Tugas dan tanggung jawab admin officer adalah sebagai berikut.

1. Menyambut dan menangani keluhan pengunjung

Setiap hari, admin officer dapat bertemu langsung dengan pengunjung, tamu, maupun pelanggan. Terkadang, mereka juga mengarahkan serta menjawab pertanyaan lewat telepon untuk menangani keluhan pelanggan dengan cara sopan dan profesional.

2. Mengelola peralatan kantor

Tugas selanjutnya seorang admin officer adalah memastikan barang persediaan kantor terpelihara dengan baik. Mulai dari memeriksa barang inventaris, peralatan tulis, perlengkapan kantor, hingga bekerja sama dengan vendor. Terutama jika ada barang atau perlengkapan yang dibutuhkan setiap saat, admin officer adalah orang yang bertugas menghubungi vendor tersebut.

3. Penanganan dokumen

Tanggung jawab dan tugas lainnya dari admin officer adalah menangani pengiriman laporan atau berkas antar departemen. Terkadang, admin officer juga perlu bepergian ke luar kota atau kantor cabang perusahaan untuk mengirimkan laporan dan file. Selain itu, tugas admin officer adalah memastikan kerahasiaan dan keamanan file serta sistem pengarsipan.

4. Mengatur jadwal

Dalam hal mengelola pertemuan atau meeting, tugas admin officer adalah mengoordinasikan jadwal dan mengirimkan memo atau laporan. Sehingga, semua karyawan dapat mengetahui berita atau informasi perusahaan yang diperlukan.

5. Operator mesin faks/printer

Hampir setiap hari tugas admin officer adalah berkaitan dengan operasional perlengkapan kantor. Admin officer harus bisa mengoperasikan peralatan mesin fotokopi, mesin faks, printer, dan sebagainya.

Baca juga: General Affair: Kualifikasi, tugas, skills, dan proyeksi karier

Skill dan kualifikasi admin officer


Admin officer adalah orang yang terampil dalam mengelola waktu. (sumber: pexels)

Petugas admin atau admin officer adalah orang yang memiliki keterampilan dan kualifikasi seperti berikut.

1. Skill manajemen waktu

Skill pertama dari admin officer adalah keterampilan mengelola waktu dan mengorganisir jadwal kerja dengan baik. Setiap hari, tugas administratif harus diselesaikan tepat waktu dan berulang setiap bulan. Maka itu, admin officer harus mengelola waktu dengan baik untuk setiap pekerjaannya, bahkan harus menguasai skill multitasking dalam waktu bersamaan.

2. Pembukuan dasar

Berikutnya, keterampilan seorang admin officer adalah memahami pembukuan atau akuntansi dasar, terutama dalam hal hutang-piutang. Saat ini, sudah ada banyak program perangkat lunak atau aplikasi akuntansi yang membantu menangani tugas administratif setiap bulan.

3. Menguasai program pengolah kata

Seperti yang kamu mungkin sudah menduga, skill selanjutnya dari admin officer adalah menguasai program pengolah kata. Biasanya, admin officer dapat mengetik minimal 60 kata per menit dengan sedikit kesalahan, atau bahkan tanpa typo sama sekali. Contoh program pengolah kata seperti Microsoft Word.

Baca juga: 9 Prospek kerja lulusan jurusan Administrasi Bisnis

Gaji admin officer


Gaji admin officer di Indonesia sekitar Rp 3 juta-Rp 4 juta. (sumber: pexels)

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji seorang admin officer adalah kisaran Rp3 juta sampai Rp4 jutaan. Akan tetapi, kisaran angka tersebut masih bisa lebih tinggi, tergantung pada bidang, jenis, dan skala perusahaan. Contohnya, gaji admin officer di bagian logistik, tentunya berbeda dengan gaji admin officer di perusahaan travel atau institusi pendidikan. Sebab, semakin banyak tanggung jawab yang diberikan, semakin besar pula penghasilan atau gaji yang diperolehnya.

Baca juga: 8 Contoh surat pengalaman kerja dan cara membuatnya

Dari pembahasan mengenai admin officer di atas, semoga kamu bisa mendapatkan tambahan wawasan dan manfaat untuk pengembangan karier di masa mendatang. Bagi kamu yang ingin skill dan kariernya makin berkembang, EKRUT adalah platform yang paling direkomendasikan untukmu.

Di EKRUT, kamu bisa mendapatkan beragam info peluang kerja dari perusahaan ternama di Indonesia. Selain itu, di laman EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT juga banyak mentor profesional yang siap berbagi tips penting seputar dunia kerja. Pastinya, akan sangat berharga untuk diterapkan di lingkungan industri, kan? Mari gabung dengan sign up EKRUT sekarang!

Sumber:

  • indeed.com
  • betterteam.com
  • resources.workable.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video