Careers

9 Prospek kerja lulusan jurusan Administrasi Bisnis yang dapat kamu pilih

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Luqman Hafidz

A passionate reader who's contributing in making the world a better place by his pieces of writing.

H1_9_Prospek_kerja_lulusan_jurusan_Administrasi_Bisnis_yang_dapat_kamu_pilih.jpg

Penghujung akhir tahun seperti saat ini merupakan salah satu waktu yang tepat bagi kamu untuk memulai menata kehidupan, salah satunya dengan memiliki rencana studi. Pernah mendengar jurusan administrasi bisnis, namun masih bingung dengan apa yang akan dipelajari serta prospek karier setelah kelulusan?

Jangan panik, EKRUT telah menyiapkan ulasannya secara mendetail. Artikel ini juga bisa memberi pencerahan bagi kamu yang tengah mengambil studi atau merupakan fresh graduate dari jurusan Administrasi yang akan mulai membangun karier dan menata hidup.

Baca juga: 8 Tips pengembangan karier untuk kesuksesan di masa depan

Mengenal jurusan Administrasi Bisnis


Kurikulum jurusan Administrasi Bisnis didesain secara holistik agar lulusannya dapat terus berkembang (Sumber: Shutterstock)

Secara definisi, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan administrasi sebagai kegiatan kantor dan tata usaha, sedangkan bisnis merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan. Maka, dapat kita simpulkan bahwa administrasi bisnis adalah segala kegiatan dan tata usaha kantor dalam dunia perdagangan komersial.

Dari definisi tersebut juga dapat disimpulkan bahwa jurusan ini memiliki cakupan bidang pekerjaan yang luas mulai dari accounting, keuangan, manajemen proyek, bisnis internasional, logistik, pemasaran, sampai dengan human resources.

Baca juga: Cari kerja enggak perlu apply lagi, ini kelebihan EKRUT yang perlu kamu ketahui

Kurikulum jurusan Administrasi Bisnis didesain sedemikian rupa agar mahasiswa memahami dan dapat mengaplikasikan semua teori dan praktik lapangan secara holistik agar pada saat bekerja nanti. Perusahaan di mana lulusan jurusan ini bekerja, dapat terus berkembang sesuai dengan prinsip keuangan yang selaras dengan perkembangan zaman.

9 Prospek pekerjaan jurusan Administrasi Bisnis


Menjadi lulusan dari jurusan administrasi akan mempermudah persainganmu dalam mencari pekerjaan (Sumber: Shutterstock)

Mengutip dari laman Prodi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, jurusan Administrasi Bisnis tersedia untuk jenjang strata satu dan strata dua. Hal ini semakin membuka lebar lapangan kerja yang tersedia. Memang, semakin tinggi jenjang pendidikan kamu, maka semakin terbuka lebar pula pilihan pekerjaan yang bisa kamu apply. Sampai saat ini, masih banyak lowongan pekerjaan untuk fresh graduate Administrasi Bisnis yang bisa kamu coba sesuai dengan renjana atau lebih sering dikenal dengan passion

Baca juga: Ingin bekerja sesuai passion? Pertimbangkan hal ini

1. Akuntan

Seorang Akuntan tidak wajib dari jurusan Akuntansi, sebab jurusan Administrasi di Universitas Brawijaya pun mewajibkan Akuntansi Dasar, Akuntansi Intermediate, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Manajerial. Serta menawarkan tingkat lanjutan dari empat mata kuliah yang disebutkan sebelumnya apabila kamu sangat tertarik untuk menjadi akuntan yang handal. Bahkan kamu dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi dari lulusan Akuntansi karena pengetahuanmu tentang dunia bisnis administrasi yang lebih dalam dan beragam.

2. Analis Keuangan

Mata kuliah Manajemen Keuangan yang cukup beragam akan membawamu menjadi seorang Analis Keuangan yang baik. Setelah lulus dari mata kuliah Manajemen Keuangan, terdapat mata kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan, Manajemen Keuangan Internasional, Seminar Keuangan Internasional, serta Budgeting sebagai lanjutan yang bisa kamu perdalam. Tentunya, pilihan-pilihan ini dapat mengasah keahlianmu sebagai Analis Keuangan yang mumpuni.

3. Entrepreneur

Menjadi seorang pebisnis memang tidak mudah, namun dengan semua teori dan praktik lapangan dari semua mata kuliah yang telah kamu dapatkan selama masa studi menjadi tidak lagi mustahil. Memaksimalkan semua potensi tersebut sambil terus memperbaiki diri agar bisnis yang kamu jalani terus mengalami kenaikan penjualan adalah langkah yang harus kamu lakukan secara kontinu, tentunya setelah melakukan langkah pertama, yakni memulai bisnismu.

Baca juga: Ketahui 5 karakteristik entrepreneur dan cara untuk mencapainya

4. Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang bisa diraih, namun memiliki gelar master lebih disarankan karena kamu akan dihadapkan dengan semua problematika sebuah perusahaan. Memiliki pengalaman yang cukup sebagai manajer serta gelar lebih tinggi akan lebih memudahkanmu mendapatkan prospek pekerjaan ini. Kelebihan jenis pekerjaan ini adalah kamu memiliki waktu yang lebih luang dan dapat bekerja untuk beberapa perusahaan sekaligus.

5. Market Research Analyst

Pendalaman pengetahuan sangat dibutuhkan perusahaan saat ini, karena dengan memahami target market yang akan membeli atau menggunakan jasa yang mereka tawarkan, seorang Market Research Analyst lulusan Administrasi bisnis akan stand out dibanding lulusan lainnya. Sebabnya, mereka telah mendalami strategi pemasaran serta mengetahui demografi customer sehingga dapat memprediksi calon customer baru agar perusahaan dapat terus berkembang.

Baca juga: 8 Daftar pekerjaan paling banyak dicari 2022!

6. Sales Manager

Dengan ketekunan dan pengalaman yang cukup, lulusan jurusan Administrasi Bisnis bisa menjadi manajer penjualan yang baik. Pertama, lulusan ini mengetahui demografi konsumen. Kedua, mereka juga mempelajari manajemen keuangan dengan baik. Ketiga, mereka memiliki banyak pengetahuan dunia bisnis yang luas dibanding lulusan lainnya. Dengan pendidikan yang cukup tinggi dan pengalaman kerja yang cukup, menjadi Sales Manager akan terbuka lebar bagi lulusan Administrasi Bisnis.

7. Staf Administrasi

Salah satu pekerjaan yang paling generik adalah Staf Administrasi. Jenis pekerjaan entry level ini membutuhkan ketelitian. Beberapa pekerjaannya adalah penginputan data, menjawab telepon, membalas email, menerima tamu, dan hal-hal bersifat administratif lainnya.

Meskipun hal tersebut seperti mudah dilakukan, tanpa mengetahui seluk-beluk bisnis perusahaan secara mendalam tidak akan membuatmu menjadi Staf Administrasi yang akan cepat naik jabatan. Maka dari itu, jurusan Administrasi Bisnis dapat bersaing lebih kompetitif dibanding jurusan lainnya.

Baca juga: Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

8. Staf HR

Bagian sumber daya manusia yang lebih sering disingkat sebagai HR atau HRD memang pada hakikatnya mengatur sumber daya manusia dan secara umum berasal dari Fakultas Hukum serta Psikologi karena akan berhubungan dengan proses seleksi, interview, dan manajemen pekerjaan lainnya.

Administrasi Bisnis merupakan jurusan dengan prospek yang cukup cocok sebab dengan keterampilan dan pemahaman yang luas akan dunia bisnis, menjadi staf HR bukan lagi hal yang mustahil.

Baca juga: Ini skills yang perlu kamu kuasai untuk menjadi HR yang handal

9. Staf Pemasaran

Memiliki pengetahuan dunia bisnis secara umum akan memudahkan lulusan jurusan Administrasi Bisnis menjadi Staf Pemasaran. Meskipun banyak pekerjaan marketing yang dibuka bagi semua jurusan, lulusan Administrasi Bisnis akan lebih mudah mengintegrasikan teori yang telah dipelajari selama masa studi dan berpeluang naik jabatan lebih cepat, tentunya dengan ekstra effort agar kinerjamu diperhatikan oleh atasan.

Membangun karier memang cukup menguras waktu dan energi, namun bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan karier yang kamu idamkan. Menjadi lulusan dari jurusan administrasi akan mempermudah persainganmu asalkan kamu selalu membuka diri untuk mempelajari hal-hal baru di dunia bisnis digital. Selamat berkarier!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Baca juga: 5 Tips karier untuk fresh graduate agar cepat dapat kerja

sign up EKRUT

Sumber:

  • whu.edu
  • coloradotech.edu
  • fia.ub.ac.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video