Published on

Technology

Apa yang Dimaksud dengan AdSense? Sejarah, 5 Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Sylvia Rheny

Apa_yang_Dimaksud_dengan_AdSense__Sejarah__5_Keunggulan__dan_Cara_Kerjanya.jpg

Apa kamu pernah mendengar istilah AdSense? Sejak YouTube semakin ramai karena komunitasnya yang semakin bertambah, istilah AdSense menjadi lebih sering dibahas di internet. Sederhananya, AdSense adalah salah satu cara content creator mendapatkan penghasilan dari konten yang diunggahnya di internet.

Meskipun banyak orang tahu AdSense dari YouTube, namun sebenarnya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense tidak hanya dari YouTube, namun juga bisa melalui blog atau website milikmu. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang AdSense dalam artikel ini!

Baca juga: Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif

Apa itu AdSense?


AdSense adalah platform periklanan dan bagian dari jaringan iklan yang dimiliki oleh Google. (Sumber: Shutterstock)

AdSense atau Google AdSense adalah platform periklanan dan bagian dari jaringan iklan yang dimiliki oleh Google, yang memudahkan seseorang menghasilkan uang melalui periklanan online. Kamu dapat menjalin hubungan dengan berbagai macam bisnis yang beriklan menggunakan Google dan menghasilkan pendapatan dengan meng-hosting iklan mereka lebih lanjut di situs web atau saluran YouTube milikmu.

Google AdSense akan memilih iklan yang paling relevan untuk audiens berdasarkan konten dan traffic. Iklan yang paling relevan akan mengisi ruang iklan di situs web milikmu. Sederhananya, AdSense memberimu cara yang tepat untuk memonetisasi konten digital milikmu melalui iklan online. Di sisi lain, pengiklan dapat memasarkan produk mereka secara langsung dengan cara membayar pada Google.

Penghasilan yang kamu dapatkan akan bervariasi, tergantung pada traffic situs web dan Cost-Per-Click (CPC) dari kata kunci yang ditargetkan.

Baca juga: Begini cara daftar Google Adsense untuk blogmu

Sejarah singkat Google AdSense


Awal berdirinya AdSense adalah tahun 2013. (Sumber: Shutterstock)

Pada awal berdirinya, yaitu Maret 2013, nama awal Google AdSense adalah "content targeting advertising". Sedangkan nama AdSense adalah nama yang diadopsi oleh Google setelah mengakuisisi Applied Semantics pada April 2003.

Dulu, beberapa pengiklan mengeluh bahwa AdSense menghasilkan hasil yang lebih buruk daripada Google Ads. Akibatnya, pada tahun 2004 Google mengizinkan pengiklannya untuk keluar dari jaringan AdSense.

Kemudian, pendiri Gmail, yaitu Paul Buchheit, memiliki ide untuk menjalankan iklan dalam layanan email Google. Ide tersebut dikembangkan oleh Susan Wojcicki dan didukung oleh Sergey Brin, hingga menjadi produk yang sangat sukses. Pada awal 2005, AdSense menyumbang sekitar 15% dari total pendapatan Google

Pada tahun 2009, fitur baru yang dikeluarkan oleh Google AdSense adalah fitur untuk mengaktifkan beberapa jaringan untuk menampilkan iklan. Pada bulan Februari 2010, perkembangan baru Google AdSense adalah mulai menggunakan riwayat pencarian dalam pencocokan kontekstual untuk menawarkan iklan yang lebih relevan. Pada 21 Januari 2014, Google AdSense meluncurkan Direct Campaigns, alat di mana penerbit atau publisher dapat langsung menjual iklan. Namun, fitur ini dihentikan pada 10 Februari 2015. Itulah sejarah singkat Google AdSense dari awal berdirinya hingga awal tahun 2015.

Baca juga: 6 Cara menghasilkan uang dari blog

Keunggulan Google AdSense


Keunggulan AdSense adalah menyajikan iklan yang tepat untuk audiens. (Sumber: Shutterstock)

Google AdSense memiliki fitur yang memudahkan seseorang untuk mengisi ruang iklan dengan iklan yang paling relevan dan sesuai untuk website. Beberapa yang perlu kamu tahu mengenai keunggulan Google AdSense adalah sebagai berikut:

1. Google AdSense adalah layanan pengiklan online yang menyajikan iklan yang tepat untuk audiens

Salah satu keunggulan dari Google AdSense adalah penyajian iklan yang disesuaikan dengan minat dari pengunjung website. Dengan kesesuaian ini, maka semakin besar peluang pengunjung untuk melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan.

Misalnya, kamu adalah seorang beauty influencer, maka iklan yang akan ditampilkan melalui Google AdSense adalah iklan yang berkaitan dengan produk-produk kecantikan. Peran Google AdSense adalah melakukan peninjauan untuk memastikan kualitas dan relevansi dari iklan yang disajikan.

Lalu, apa manfaatnya bagimu? Tentu ini akan berpengaruh terhadap jumlah uang yang akan kamu hasilkan dari berapa banyak orang yang melakukan klik terhadap iklan yang disajikan pada platform milikmu.

2. Google AdSense memberikan kendali penuh terhadap iklan yang ingin ditampilkan

Google AdSense memberimu kendali penuh atas jenis iklan apa yang ditampilkan di situs web atau platform milikmu. Kamu akan mendapatkan fleksibilitas untuk memblokir jenis iklan tertentu yang tidak ingin ditampilkan. Selain itu, kamu juga dapat memilih jenis iklan yang sesuai dengan situsmu serta di mana iklan tersebut ingin ditempatkan.

3. Google AdSense hanya akan menampilkan iklan yang membayar paling tinggi

Kamu perlu tahu bahwa iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense adalah iklan yang membayar paling tinggi. Sebagai pemberi ruang iklan, maka dalam hal ini kamu tentu diuntungkan. Google AdSense ingin memastikan bahwa kamu mendapatkan pendapatan yang tinggi dari situsmu.

4. Google AdSense memiliki dukungan terhadap berbagai format iklan

Keunggulan berikutnya dari Google AdSense adalah dukungannya terhadap berbagai jenis format iklan. Beberapa format yang didukung Google AdSense adalah iklan teks, gambar, iklan HTML, iklan video, dan iklan ramah seluler.

5. Google AdSense memberikan pelaporan yang transparan

Selain keunggulan di atas, Google AdSense juga unggul dalam hal pelaporan. Google AdSense akan membuat laporan kinerja untuk memvisualisasikan penghasilan dan kinerja dari akunmu. Sehingga, Google AdSense menawarkan transparansi dan keamanan bagi pengiklan dan penerbit untuk mengiklankan dan memonetisasi konten mereka.

Baca juga: Begini cara kerja algoritma YouTube 2022 terbaru untuk bisnis

Cara kerja Google Adsense


AdSense adalah platform periklanan dan bagian dari jaringan iklan yang dimiliki oleh Google. (Sumber: Shutterstock)

Sebelum menggunakan Google AdSense, ada baiknya kamu mempelajari dan memahami cara kerjanya secara menyeluruh. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana kamu dapat memperoleh penghasilan darinya. Cara kerja Google AdSense adalah seperti di bawah ini:

  • Sebagai publisher, pemilik situs web, atau content creator YouTube, kamu perlu memiliki akun AdSense dengan cara mendaftar dan mendapatkan persetujuan dari Google. Pastikan kamu telah mematuhi kebijakan yang telah ditentukan oleh AdSense.
  • Setelah disetujui, kamu perlu memasukkan kode kecil langsung di situs web dan AdSense akan secara otomatis mengisi ruang iklan di situs web-mu dengan iklan yang paling relevan.
  • AdSense memungkinkan pengiklannya bersaing untuk mendapatkan ruang di situs web berdasarkan konten yang kamu miliki, serta seberapa besar kemungkinan mereka mendapatkan klik pada iklan mereka dari pengunjung. 
  • Terakhir, Google akan menentukan melalui "skor kualitas" pengiklan, salah satunya adalah melalui Click-Through Rate (CTR). 
  • Pengunjung situs web akan mulai mengklik iklan tersebut dan kamu sebagai pemilik web akan dibayar untuk itu. Google AdSense bekerja berdasarkan biaya per klik dan bagi hasil. Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan strategi agar iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak mungkin.

Cara membuat akun Google AdSense


Hal yang perlu disiapkan untuk membuat akun AdSense adalah email dan website aktif. (Sumber: Shutterstock)

Cara membuat akun Google Adsense tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyiapkan email dan website aktif. Adapun langkah-langkah untuk membuat akun Google AdSense adalah sebagai berikut:

  • Buka browser.
  • Kunjungi https://www.google.com/adsense/start.
  • Klik Mulai. 
  • Masuk ke Akun Google milikmu.
  • Halaman baru akan muncul. Masukkan URL situs tempat kamu ingin menampilkan iklan. Pastikan menuliskan link tanpa path. Sebagai contoh, penulisan link yang benar, misalnya ekrut.com. Atau, jika kamu belum memiliki situs web, kamu bisa centang keterangan di bawah box bahwa kamu belum memiliki website.
  • Pilih apakah kamu ingin AdSense mengirimimu bantuan yang disesuaikan dan saran kinerja. Kamu dapat memilih opsi “Ya” agar kamu dapat memaksimalkan AdSense.
  • Pilih negara atau wilayah pembayaran kamu. Pastikan kamu memilih negara/wilayah tempat tinggal saat ini. Kamu tidak akan dapat mengubah negara/wilayah nanti di AdSense.
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  • Klik Mulai menggunakan AdSense.
  • Selesai. Kamu sekarang telah masuk ke akun AdSense baru milikmu.

Baca juga: Intip cara beriklan di Instagram yang efektif dan mudah

Sekian penjelasan mengenai AdSense, mulai dari pengertian hingga cara membuat akun Google AdSense. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • nerdwallet.com
  • support.google.com
  • semrush.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read

    Video