Published on

Technology

Begini cara daftar Google Adsense untuk blogmu

Nur Lella Junaedi

cara-daftar-google-adsense-EKRUT.jpg

Mengikuti program Google Adsense jadi salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk monetizing kanal blog yang kamu punya. Apa itu monetizing? Monetizing adalah cara menjual konten untuk mendapatkan revenue melalui konten yang dibuat. 

Sederhananya melalui Google Adsense kamu akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di kanal blog kamu. Bahkan kini kanal YouTube juga sudah bisa menggunakan YouTube Adsense lho. 

Bila kamu ingin mencoba membuatnya, perhatikan cara daftar google Adsense berikut. 

Apa itu Google Adsense?

cara daftar google adsense EKRUT 
Google Adsense adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan melalui blogging - EKRUT

Sebelum memahami cara daftar Google Adsense, alangkah lebih baik bila kamu  mengenal terlebih dahulu apa itu Google Adsense.

Google Adsense adalah program iklan dari Google untuk penerbit dan blogger supaya dapat menghasilkan uang melalui kegiatan blogging.  

Cara kerjanya yaitu saat pengguna sudah memiliki akun dari Google Adsense, pengguna bisa menambahkan kode ke dalam plugin atau dengan mengaturnya secara manual. 

Baru setelah itu Google Adsense akan mulai menampilkan iklan di bagian situs yang tersedia. 

Bila sampai langkah ini berhasil, maka pemilik blog bisa mulai fokus mengelola blognya dengan menulis konten yang bisa meningkatkan traffic disertai dengan penggunaan SEO yang tepat. Kamu bisa membaca panduan SEO bagi pemula di laman ini. 

Hingga saat ini diperkirakan Google Adsense merupakan program periklanan kontekstual terbaik yang ada. Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense akan sesuai dengan konten blog yang diusung. 

Selain itu, Adsense juga menggunakan metode cookie untuk menampilkan targeted ads dengan konversi yang lebih baik karena dilihat berdasarkan riwayat pencarian pengguna. 

Dengan metode tersebut potensi iklan untuk diklik pun semakin tinggi sehingga peluang menghasilkan uang dari iklan pun semakin terbuka.

Baca juga: 5 Cara menghasilkan uang dari blog

Syarat kelayakan Google Adsense

cara daftar google adsense EKRUT 
Syarat kelayakan mendaftar Google Adsense yakni tema blog harus unik dan menarik - EKRUT

Perlu kamu tahu bahwa, tidak semua orang beruntung untuk bisa mendapatkan penghasilan lewat Google Adsense. Beberapa bahkan banyak yang ditolak oleh Google sebab tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan. 

Berikut ini syarat agar kamu layak diterima dalam Google Adsense di antaranya: 

Pemilik blog harus berusia lebih dari 18 tahun

Tidak usah takut bila kamu belum mencapai usia 18 tahun saat menjadi Content Creator, kamu bisa menyertakan identitas dari orang tua atau wali saat mendaftar

Situs memiliki konten yang menarik dan unik 

Kebanyakan situs yang berhasil dimonetisasi adalah situs dengan konten yang unik dan bagus. Konten yang hanya memiliki tulisan pendek, isinya tidak masuk akal serta tidak berarti bagi pembaca kemungkinan akan ditolak oleh Google Adsense.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan kualitas konten yang tinggi, dengan tema yang unik minimal 30 - 40 artikel dengan panjang rata-rata mencapai 1.500 kata. 

Isi konten harus mematuhi kebijakan dari Google

Adapun konten yang tidak sesuai menurut Google adalah situs yang berisi konten dewasa, ancaman, peretasan, malware, penjualan senjata, penjualan obat-obatan dan sebagainya.

Menggunakan bahasa yang didukung oleh Google

Sayangnya Google tidak menyediakan semua bahasa di dunia untuk Adsense. Adapun bahasa yang didukung oleh Google di antaranya bahasa Jepang, Korea, Latvia, Lituania, Melayu, Marathi, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol (tradisional dan Amerika Latin), Bahasa Arab, Bahasa Bengali, Bahasa Bulgaria, Bahasa Katalan, Bahasa Mandarin (Sederhana dan Tradisional), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hongaria, Indonesia, Italia, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, dan Orang Vietnam.

Tidak menyebarkan konten yang dilindungi oleh hak cipta

Maksudnya adalah konten yang kamu buat sebaiknya merupakan tulisan, gambar, video dan logo yang dibuat sendiri, bukan konten yang diambil dari mesin pencarian Google.

Hindari memasukkan tulisan yang dijiplak dari blog lain hingga memasukan tautan video orang lain. Bila harus terpaksa menggunakan foto, carilah foto melalui situs stok foto gratis tanpa perlu royalti seperti stockpic, Pixabay, FreeRange dan lain-lain.

Situs memiliki navigasi yang jelas

Navigasi akan membantu pengguna mengetahui cara menjalankan situs. Untuk monetizing situs, Google akan mengecek terlebih dahulu kelayakan dari navigasi situs kamu. 

Ada beberapa hal yang menjadi penilaian seperti, menu yang mudah diakses, teks mudah dibaca, element dan tautan yang mudah diakses dan menu yang berbaris dengan benar. 

Baca juga: Faktor yang memengaruhi peringkat website di mesin pencarian

Cara daftar Google Adsense 

cara daftar google adsense EKRUT 
Ada beragam penghasilan yang bisa didapatkan lewat google Adsense - EKRUT

Google telah membuat estimasi pendapatan yang akan kamu terima melalui Google Adsense. Contoh, untuk di negara Asia dengan konten blog tentang pekerjaan di mana pengunjungnya rata-rata 50 ribu per bulan maka estimasi penghasilannya mencapai USD 5.922. 

Tentunya penghasilan ini akan terus bertambah seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang ke blog kamu serta tertarik dengan iklan yang ditargetkan. 

Setelah mengetahui estimasi penghasilan di atas, apakah kamu makin tertarik untuk mengetahui cara daftar Google Adsense? Yuk langsung saja kita bahas lebih lanjut di bawah ini. 

  • Mulai dengan mengunjungi situs Google Adsense https://www.google.com/adsense/start/
  • Klik mulai lalu akan ada tampilan menu yang berisi perintah untuk memasukkan URL situs dan email yang dipakai untuk situs kamu. Di bagian bawah kamu bisa memilih untuk mendapatkan informasi tentang google Adsense melalui email atau tidak
  • Klik simpan dan lanjutkan
  • Pada halaman selanjutnya kamu akan menerima instruksi yang meminta kamu untuk menghubungkan google Adsense dengan situs. Kamu perlu meletakkan potongan kode yang diberikan di bagian <head> </head>. Nantinya Google akan memberikan tata cara khusus saat kamu memasukkan kode itu ke dalam situs WordPress
  • Lalu setelah itu klik tombol kirim dan situs siap ditinjau terlebih dahulu oleh Tim Google

Proses peninjauan ini membutuhkan waktu sekitar 2x24 jam atau maksimal 2 minggu setelah kamu mendaftarkan akun untuk Google Adsense. 

Bila disetujui kamu akan melihat statisktik yang menampilkan iklan di situs kamu di dalam akun Google Adsense. 

Baca juga: Apa saja sih jenis native ads dan kegunaannya?

Bagaimana, mudah bukan? Selama menunggu proses persetujuan sebaiknya kamu terus berusaha mengoptimalkan situsmu dengan konten-konten yang menarik dan unik seperti saran di atas dengan begitu kamu bisa sukses mengikuti cara daftar google Adsense. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

cara daftar google adsense EKRUT

Sumber: 

  • monetizemore
  • google adsense
  • growtraffic.com
  • shoutmeloud.com

Tags

Share