Published on

Careers

6 Afirmasi Positif ke Diri Sendiri Dapat Bangkitkan Semangat

Ningtyas Dewanasari Kinasih

6_Afirmasi_positif_untuk_diri_sendiri_yang_dapat_bangkitkan_semangat_di_tempat_kerja.jpg

Banyaknya pikiran negatif yang timbul akibat stres, kelelahan, dan kegagalan dalam pekerjaan dapat mempengaruhi kepercayaan diri, suasana hati hingga semangat kamu di tempat kerja. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini tentu dapat membuat kamu semakin membenci pekerjaan tersebut dan tidak bergairah untuk mengembangkan karier ke arah yang kamu inginkan. Agar hal itu tidak terjadi, cobalah mengulangi beberapa afirmasi positif yang dapat membantu kamu mengatasi pikiran negatif atau sabotase diri di tempat kerja seperti berikut ini.

6 Kalimat afirmasi positif untuk diri sendiri saat bekerja


Afirmasi positif akan membuatmu lebih semangat saat di tempat kerja. (Sumber: Pexels)

Membiasakan diri dengan mengucapkan kalimat afirmasi positif dapat membuatmu lebih semangat saat bekerja. Afirmasi positif juga penting untuk menjauhkanmu dari berbagai pikiran negatif yang terkadang membuatmu kehilangan motivasi. Berikut ini enam kalimat afirmasi positif yang bisa membantumu untuk lebih positif di tempat kerja.

1. "Saya mampu mengubah hambatan menjadi peluang untuk menjadi lebih baik lagi"

Sulit untuk merasa termotivasi saat kamu menghadapi penolakan atau stres akibat beban kerja yang berat di tempat kerja. Meski begitu hal tersebut tidak akan mempengaruhi semangat kerja, jika kamu mampu mengubah perspektif dan mengingatkan diri bahwa selalu ada hal yang positif di balik rintangan yang kamu hadapi.

Kapan pun kamu merasa putus asa di tempat kerja, cobalah tegaskan pada diri sendiri bahwa meskipun berat namun perjuangan yang kamu alami saat ini dapat memberikan banyak manfaat untuk belajar, tumbuh dan meningkatkan kualitas diri. Dengan memahami hal tersebut, kamu pun tidak gampang merasa putus asa ketika merasa stres dalam pekerjaan.

2. "Tidak ada yang lebih baik dalam pekerjaan saya selain saya"


Berhentilah membanding-bandingkan pencapaian orang lain (Sumber :Pexels)

Dengan adanya media sosial, semakin mudah bagi kamu untuk memantau kabar dari teman dan kolega, termasuk dalam urusan perjalanan karier. Akibatnya, akan semakin mudah pula kamu untuk membandingkan pencapaian dan prestasi diri dengan teman-teman lainnya.

Tidak menutup kemungkinan hal ini justru mendorong kamu merasakan apa yang disebut sebagai imposter syndrome, sebuah istilah psikologis yang mengacu pada pola perilaku dimana seseorang mulai meragukan prestasinya sendiri. Jika kamu mulai merasakan hal yang sama, cobalah ulangi afirmasi positif ini “Tidak ada yang lebih baik dalam pekerjaan saya selain saya”.

Tegaskan pada diri sendiri bahwa kamu pantas berada di posisi pekerjaan kamu saat ini. Ingatkan bahwa ada alasan seperti pengalaman, keterampilan, dan hubungan yang telah dibangun yang menjadikan kamu sebagai orang terbaik untuk pekerjaan kamu saat ini. Karena itu alih-alih sibuk membandingkan kesuksesan kamu dengan orang lain, fokuslah pada pencapaian-pencapaian yang telah kamu lakukan hingga sampai di titik yang sekarang.

Baca juga: Rawan dialami karyawan, inilah imposter syndrome

3. "Kerja keras saya pasti membuahkan hasil"

Ulangi afirmasi positif ini setiap kali kamu merasa tidak semangat karena menganggap kerja keras yang kamu lakukan selama ini belum membawa perubahan yang signifikan. Ingatlah bahwa tidak ada yang sia-sia dari sebuah kerja keras. Meskipun saat ini kamu belum merasakan kesuksesan yang kamu inginkan, bukan berarti tidak ada manfaat dari kerja keras yang telah kamu lakukan selama ini.

Lihatlah pencapaian-pencapaian sederhana yang menunjukkan bahwa secara perlahan kamu dan kariermu telah berkembang. Cobalah melihat kembali ke masa lalu dan ingatlah bagaimana kerja keras kamu telah membawa kamu ke kondisi yang ada sekarang. Meskipun kesuksesan yang kamu idam-idamkan belum tercapai sepenuhnya namun kerja keras yang kamu buat telah mendorongmu semakin dekat pada tujuan tersebut.

4. "Saya akan giat belajar mulai hari ini dan menjadi lebih baik lagi di masa depan"


Afirmasi positif akan meningkatkan motivasi  belajar dan mengasah kemampuan diri. (Sumber: Pexels)

Apakah kamu merasa kesulitan mengikuti pelatihan kerja untuk posisi baru kamu? Atau kamu justru merasa gagal karena kerap melakukan kesalahan dalam pekerjaan? Hal-hal seperti ini memang membuatmu semakin rentan merasa stres dan mempertanyakan kemampuan yang kamu miliki.

Agar pikiran negatif ini tidak justru menghalangi perkembangan karier kamu, cobalah mengulangi afirmasi positif berikut. "Saya akan giat belajar mulai hari ini dan menjadi lebih baik lagi di masa depan". Afirmasi positif akan membantu kamu untuk tidak terlalu mencemaskan kesulitan atau kegagalan yang kamu alami saat ini. Sebaliknya, kamu akan lebih fokus untuk terus belajar dan mencoba memperbaiki diri agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

5. "Saya bersyukur atas kesempatan untuk bekerja dan memajukan karier saya."

Afirmasi positif yang satu ini cocok untuk kamu katakan berulang kali terutama saat merasa karier kamu terhambat. Ketika karyawan mulai merasa bosan dan merasa karier mulai mandek, akan semakin sulit rasanya untuk bangun setiap pagi dan bersemangat untuk pergi bekerja.

Jangan jadikan hal ini alasan untuk menyerah atau mulai bermalas-malasan dalam pekerjaan ya. Ingatlah bahwa merasa malas dan tidak bersemangat juga tidak akan membawa pekerjaan atau karier kamu ke mana-mana. Sebaliknya, pertahankan pikiran positif kamu pada kesempatan yang kamu miliki saat ini dan bergeraklah melakukan sesuatu untuk membawa karier tersebut ke arah yang kamu cita-citakan.

Baca juga: 6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat

6. "Saya akan menjadi yang terbaik yang saya bisa"


Atasi rasa cemas dengan yakin pada kemampuan diri untuk menjadi lebih baik lagi dengan afirmasi positif. (Sumber: Pexels)

Menyesuaikan diri pada pekerjaan yang baru terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Bila tidak mampu menyamakan ritme dan pola kerja dengan tim, kamu akan lebih mudah memikirkan berbagai pikiran negatif atau ketakutan akan hal tertentu, misalnya apakah kamu cukup baik atau apakah kamu bisa memenuhi harapan untuk posisi ini.

Atasi kecemasan dan ketakutan tersebut dengan berusaha yakin pada dirimu, serta selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang terbaik dalam versimu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa selalu menemukan motivasi untuk berusaha memberikan yang terbaik dalam pekerjaanmu saat ini.

Cara melakukan afirmasi positif


Lakukanlah afirmasi positif sesuai dengan kondisi yang kamu rasakan. (Sumber: Pexels)

Melakukan afirmasi positif dapat kamu lakukan dengan maksimal, lho. Untuk melakukannya dengan benar, ketahui beberapa caranya berikut ini:

1. Sesuaikan dengan kondisi

Menggunakan kata atau kalimat positif bisa kamu jadikan afirmasi positif. Akan tetapi, akan lebih baik apabila kamu mengucapkan kalimat positif sesuai dengan kondisi yang kamu rasakan saat ini. Misalnya, jika kamu sedang merasa lelah saat bekerja, gunakanlah afirmasi positif, seperti "aku bersyukur memiliki pekerjaan dengan gaji yang sesuai, rekan kerja yang mendukung, dan bisa belajar untuk meningkatkan kemampuanku". Mengucapkan kalimat tersebut dapat membantumu untuk lebih positif dalam beraktifitas di tempat kerja dan mengurangi pikiran negatif yang bisa membuatmu kehilangan motivasi.

2. Gunakan kalimat berkonotasi positif


Hindari penggunaan kalimat dengan konotasi negatif. (Sumber: Pexels)

Penting untuk kamu menggunakan konotasi yang positif saat melakukan afirmasi positif. Hindari menggunakan kata-kata dengan konotasi negatif. Contohnya, ketika beberapa kali datang terlambat ke tempat kerja karena kesulitan tidur, namun kamu berhasil mengatasinya dan bisa datang tepat waktu. Menggunakan kalimat, "aku senang bisa tidur lebih awal, sehingga bisa datang tepat waktu ke kantor", daripada kalimat, "aku tidak akan datang terlambat lagi".

3. Kombinasikan afirmasi positif dengan tindakan nyata

Sering melakukan afirmasi positif akan meningkatkan semangat, motivasi, dan kepercayaan diri kamu. Perlu kamu pahami bahwa afirmasi positif juga harus didukung dengan tindakan nyata. Kamu perlu berupaya atau bertindak sesuai dengan kalimat afirmasi positif yang kamu ucapkan. Mengkombinasikan kalimat afirmasi positif dengan tindakan nyata akan membawa perubahan yang lebih berarti dalam diri kamu.

Manfaat mengucapkan afirmasi positif


Afirmasi positif membantu untuk mengelola kesehatan mental. (Sumber: Pexels)

Kalimat afirmasi positif memiliki dampak yang baik untuk diri sendiri, Manfaat dari afirmasi positif dapat kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari, lho. Adapun manfaat dari afirmasi positif yang dapat kamu rasakan, antara lain:

1. Baik untuk kesehatan mental

Apabila kamu percaya pada diri sendiri bahwa kamu mampu untuk melakukan suatu hal, seringkali hal tersebut akan terjadi. Memiliki perasaan atau pikiran negatif akan mengganggumu dalam mewujudkan mimpi-mimpimu. Stres dan depresi merupakan dampak dari banyaknya pikiran negatif pada diri seseorang. Memunculkan rasa percaya diri pada seseorang bukanlah hal yang mudah, namun afirmasi positif bisa membantu kamu. Mengucapkan kalimat-kalimat afirmasi positif pada diri sendiri secara terus menerus dapat membantumu mengurangi kecemasan dan stres.

2. Meningkatkan kesadaran diri


Seseorang yang berjiwa positif akan lebih terbuka pada kritik. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari sehatq.com, orang-orang yang memberikan afirmasi positif bisa belajar atau mengambil hikmah dari sebuah kegagalan. Hal tersebut karena, seseorang yang positif akan lebih terbuka pada kritik dan akan melakukan tindakan nyata untuk memperbaiki kesalahannya.

3. Membuka jalan sukses untuk masa depan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, afirmasi positif dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Kamu akan lebih berani dalam mengambil keputusan yang menyangkut masa depanmu. Kamu akan terdorong untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga kamu lebih siap untuk menghadapi tantangan yang nantinya akan kamu hadapi.

Baca juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Meningkat Dan Hidup Lebih Bahagia

Enam pernyataan di atas hanyalah sebagian contoh kecil afirmasi positif yang bisa kamu gunakan sebagai mantra untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi negativitas dalam diri terutama dalam pekerjaan. Dengan mengulangi afirmasi positif baik ketika memulai hari atau saat menghadapi tantangan, maka kamu pun bisa mendorong motivasi dan semangat dalam bekerja maupun dalam mengembangkan karier yang diinginkan.

Untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar dunia kerja, kamu dapat mengakses laman EKRUT. Apabila melakukan registrasi di talent marketplace tersebut, kamu juga bisa dihubungkan dengan berbagai perusahaan, lhoYuk, daftar sekarang di EKRUT!

EKRUT

Sumber:

  • sehatq.com
  • gainaltitudenow.com
  • alodokter.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video