Media

9 Alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk
By Maria Yuniar - 12 May 2019
4 min read 3874 Views

Sebagai karyawan, mungkin kamu bingung saat harus memberikan alasan tidak masuk kerja kepada atasan. Apakah sebaiknya berkata jujur atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit atasan yang sulit sekali memberikan izin sekalipun kondisimu sangat tidak memungkinkan untuk masuk kantor.

Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini adalah beberapa alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk. Simak baik-baik, ya!

Alasan baik tak masuk kerja

Ternyata menggunakan alasan sakit untuk tidak masuk kerja dengan terlalu sering, tidaklah baik. Di bawah ini adalah beberapa keterangan yang lebih baik.

  • Janji dengan pihak lain
  • Kendaraan pribadi atau transportasi umum bermasalah
  • Ada janji untuk konsultasi dengan dokter

Namun, dalam menggunakan alasan-alasan di atas, ada baiknya kamu tak menjelaskan kepada atasan dengan bertele-tele. Karena semakin panjang penjelasanmu, semakin besar kemungkinan atasanmu berpikir bahwa kamu sedang mengarang cerita.

Selain itu, untuk mengungkapkan alasan ini, sebaiknya kamu segera menghubungi atasanmu secara langsung lewat telepon atau email. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerti bahwa ketidakhadiranmu memang tidak direncanakan. Ingat, yang terpenting, kamu jujur!

Baca juga: 7 tips agar pengajuan cuti kamu disetujui atasan

Alasan buruk tak masuk kerja

Di samping itu, berhati-hatilah jika kamu menggunakan alasan-alasan berikut untuk tak masuk kerja. Karena alasan-alasan berikut tampak sangat klise dan membuatmu citramu sebagai karyawan menjadi buruk. Misalnya saja seperti,

  • Sakit kepala
  • Kehilangan telepon genggam
  • Terlambat bangun tidur
  • Kakimu sakit
  • Kamu terlalu lelah karena pulang larut pada malam sebelumnya

Berhati-hati dengan media sosial

Jika kamu telah diizinkan untuk tidak masuk kerja, kamu juga harus berhati-hati dengan media sosialmu. Berdasarkan survei dari CareerBuilder, 43 persen karyawan ketahuan mengarang alasan sakit mereka. Sebab, akun media sosial mereka menunjukkan yang sebaliknya.

Karena itu, sebaiknya ketika kamu tak hadir di kantor, jangan dulu membuat status atau mengunggah foto yang bisa membuat orang-orang di kantormu salah paham. Apa pun keperluanmu untuk meminta izin agar tidak ngantor, pastikan kamu menyampaikannya dengan jujur, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: absensi, karier, tips, alasan tidak masuk kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang