Published on

Careers

17 Alasan tidak masuk kerja atau cuti yang masuk akal, terbukti berhasil!

Maria Yuniar

alasan_tidak_masuk_kerja_EKRUT_(2).jpg

Sebagai karyawan, mungkin kamu bingung saat harus memberikan alasan tidak masuk kerja kepada atasan. Apakah sebaiknya berkata jujur atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit atasan yang sulit sekali memberikan izin sekalipun kondisimu sangat tidak memungkinkan untuk masuk kantor.

Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini adalah beberapa alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk. Simak baik-baik, ya!

Alasan tidak masuk kerja yang baik

alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja - EKRUT
Jika kondisi kesehatanmu memang tidak memungkinkan, pasti pihak kantor memaklumi - EKRUT

Agar kamu tidak bingung ingin memberikan alasan apa kepada atasanmu, di bawah ini adalah beberapa keterangan yang lebih baik. Simak baik-baik, ya!

Sakit

Alasan yang satu ini mungkin sudah cukup klise, tapi cenderung berhasil. Tapi, jangan lupa untuk mengecek kembali peraturan kantormu. 

Pasalanya, beberapa perusahaan tidak mewajibkan karyawannya untuk memberikan surat dokter jika hanya tidak masuk sehari. Namun, sebagian perusahaan tetap mewajibkan karyawan menyertakan surat dokter walaupun hanya sehari. 

Urusan darurat keluarga

Selain sakit, masalah keluarga juga dapat menjadi salah satu alasan tidak masuk kerja yang cukup manjur. Kecuali alasanmu benar adanya, sebaiknya kamu persiapkan dengan baik alasanmu tersebut. 

Haid

Izin tidak masuk kantor lantaran haid bisa menjadi salah satu alasan tidak masuk kerja yang bisa kaum hawa praktekkan. Terlebih aturan mengenai cuti haid ini sudah tertulis di dalam UU Ketenagakerjaan pasal 81. 

Tak perlu malu untuk mengambil cuti haid, kamu bisa meminta izin sehari atau dua hari pertama saat masa menstruasi. Dan nampaknya ini akan dimaklumi.

Baca juga: 7 Penyakit yang sering muncul akibat bekerja berlebihan

Selain sakit dan urusan darurat keluarga, di bawah ini adalah beberapa alasan tidak masuk kerja lainnya yang bisa kamu coba:

  • Janji dengan pihak lain
  • Kendaraan pribadi atau transportasi umum bermasalah
  • Ada janji untuk konsultasi dengan dokter

Namun, dalam menggunakan alasan-alasan di atas, ada baiknya kamu tak menjelaskan kepada atasan dengan bertele-tele. Karena semakin panjang penjelasanmu, semakin besar kemungkinan atasanmu berpikir bahwa kamu sedang mengarang cerita.

Selain itu, untuk mengungkapkan alasan ini, sebaiknya kamu segera menghubungi atasanmu secara langsung lewat telepon atau email. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerti bahwa ketidakhadiranmu memang tidak direncanakan. Ingat, yang terpenting, kamu jujur!

Baca juga: 5 Tips ngobrol dengan atasan tanpa canggung

Alasan tidak masuk kerja yang buruk

alasan tidak masuk kerja - EKRUT
Sebaiknya, hindari menggunakan rasa tidak bahagiamu di kantor sebagai alasan tidak masuk kerja - EKRUT

Di samping itu, berhati-hatilah jika kamu menggunakan alasan-alasan berikut untuk tak masuk kerja. Karena alasan-alasan berikut tampak sangat klise dan membuatmu citramu sebagai karyawan menjadi buruk. Misalnya saja seperti,

Sanak saudara meninggal

Alasan yang satu ini sebaiknya tidak kamu gunakan sebagai alasan tidak masuk kerja kecuali benar terjadi. Pertama, tentu bukanlah hal yang baik berbohong mengenai kematian seseorang. Kedua, tidak menutup kemungkinan hal ini akan terbongkar di kemudian hari. 

Tidak bahagia dengan pekerjaan

Sebagian kantor mungkin tidak masalah untuk memberikan kamu izin ketika kamu sedang jenuh atau mengalami demotivasi kerja. Tapi jika perusahaanmu bukanlah tipe perusahaan yang seperti itu, sebaiknya hindarilah menggunakan alasan ini jika tidak ingin dicap buruk. 

Cobalah untuk membicarakan apa yang kamu rasakan di lingkungan kantormu. Mulai dari rasa tidak puas, stres, atau bahkan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan tidak mendukung. 

Interview atau tawaran baru di kantor lain

Apakah kamu tidak betah di kantor lama dan lantas menerima tawaran interview di kantor lain? Sebaiknya rahasiakan ini dari atasan dan rekan kerjamu sebab, ini adalah alasan buruk tidak masuk kerja. 

Meski mungkin kamu tidak menyukai atasanmu, setidaknya hargai keberadaannya yang telah memberi kamu pengalaman untuk bekerja di kantornya. Baru setelah kamu benar-benar diterima, lakukan perpisahan dengan baik. 

Baca juga: 5 Cara resign yang baik agar citramu tetap positif di kantor lama

Nah, selain beberapa alasan di atas, alasan berikut ini sebaiknya tidak kamu gunakan. 

  • Sakit kepala
  • Kehilangan telepon genggam
  • Terlambat bangun tidur
  • Kakimu sakit
  • Tidak memiliki persediaan pakaian bersih 
  • Kunci kendaraan pribadi hilang
  • Kamu terlalu lelah karena pulang larut pada malam sebelumnya

Berhati-hati dengan media sosial

alasan tidak masuk kerja EKRUT 
Selain itu, usahakan saat kamu izin tidak masuk kerja, kamu juga harus hati-hati dengan media sosialmu. Apalagi bila alasanya berbohong-EKRUT

Jika kamu telah diizinkan untuk tidak masuk kerja, kamu juga harus berhati-hati dengan media sosialmu. Berdasarkan survei dari CareerBuilder, 43 persen karyawan ketahuan mengarang alasan sakit mereka. Sebab, akun media sosial mereka menunjukkan yang sebaliknya.

Karena itu, sebaiknya ketika kamu tak hadir di kantor, jangan dulu membuat status atau mengunggah foto yang bisa membuat orang-orang di kantormu salah paham. Apa pun keperluanmu untuk meminta izin agar tidak ngantor, pastikan kamu menyampaikannya dengan jujur, ya!

alasan tidak masuk kerja EKRUT
Last updated: 22 Februari  2019

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • cleverism.com
  • indeed.com

Tags

Share