Media

6 Tips mudah belajar coding untuk pemula, kamu sudah tahu?
By Tsalis Annisa - 15 May 2019
5 min read 177 Views

Coding merupakan salah satu skill profesional yang amat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kabar baiknya, belajar coding kini tidak hanya terbatas pada bangku kuliah atau pendidikan formal sejenis. Kamu pun bisa mempelajarinya dengan banyak cara.

Berbagai perusahaan kini semakin gencar mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dalam coding. Alasannya tak lain karena skill inilah yang berperan penting dalam pengembangan situs dan software serta pemrograman komputer.

Ingin juga merasakan dicari oleh perusahaan bergengsi? Berikut 6 tips belajar coding untuk kamu yang ingin memiliki skill ini.

1. Pahami konsep dasar coding

Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kamu harus memahami lima konsep yang menjadi dasar dari coding. Konsep dasar tersebut di antaranya:

  • Variabel. Ini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.
  • Control structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.
  • Struktur data. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.
  • Syntax, yaitu kode atau script yang dipahami oleh komputer guna mencapai tujuan programmer.
  • Tools, atau serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

belajar coding - EKRUT
Saat belajar coding cobalah untuk memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhanmu - EKRUT

2. Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang kamu pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukan terlebih dulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan bagi perancang mobile game. Untungnya, kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan oleh pemula sekalipun.

3. Pelajari bahasa pemrograman satu demi satu

Selama periode awal belajar coding, kamu sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Awali dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana seperti Python, JavaScript, atau HTML/CSS. Namun, kamu mungkin perlu mempelajari HTML dan CS secara bersamaan jika kamu berencana mengembangkan situs. Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini biasanya perlu digunakan secara bersamaan.

Baca juga: Pelajari hal ini sebelum beralih dari JavaScript ke Go

4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika kamu hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

Uraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada salahnya menghabiskan beberapa hari untuk mempelajari satu langkah sebelum memulai yang lain. Setelah kamu menguasai tutorial, coba hapus kembali dan ulangi dari awal.

belajar coding - EKRUT
Cobalah untuk mengikut kurses online guna menunjang pembelajaranmu - EKRUT

5. Belajar (dan praktik) melalui sumber online

Beragam online course kini tersedia untuk pengguna yang ingin belajar coding mulai dari dasarnya. Bentuk online course amat beragam, mulai berbasis teks, video tutorial, hingga yang paling mutakhir berupa course interaktif.

Course interaktif bahkan lebih efektif karena adanya praktik langsung mengenai materi spesifik. Kamu dapat mencoba belajar secara gratis melalui situs-situs seperti Codecademy, Code.org, KhanAcademy, bahkan Scratch yang dapat digunakan oleh semua usia.

6. Mempelajari coding yang dibuat orang lain

Kamu bisa menemukan potongan coding dengan mudah karena coding dan programming adalah open source yang bisa diakses semua orang. Cobalah temukan coding yang sederhana, lalu amati aspek berikut:

  • Apakah metode yang digunakan pada setiap line coding sudah efektif?
  • Apakah ada kesalahan dalam potongan coding tersebut?
  • Bagaimana cara mengubah suatu kode agar fungsinya berubah?

Pada dasarnya, tidak ada metode belajar coding terbaik yang dapat diterapkan kepada semua orang. Kamu perlu mengenal berbagai bahasa pemrograman dari sumber pembelajaran yang amat beragam agar bisa menemukan apa yang membuatmu nyaman.

Mempelajari coding dan programming juga memerlukan waktu dan kesabaran, tapi hasilnya akan terbayar dengan skill yang mumpuni. Jadi, jangan menyerah dan teruslah kembangkan potensi yang kamu miliki.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • pengembangan karier
  • pengembangan diri
  • skill
  • tips
  • software engineer
  • belajar coding
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang