Published on

Technology

8 Tools gratis untuk membuat infografis

Maria Yuniar

tips-membuat-infografik-EKRUT.jpg

Kamu seorang Web Designer yang bertugas membuat desain grafik atau infografik? Atau blogger yang senang membuat desain berupa grafik?

Jika demikian, maka tool untuk membuat infografik sangat penting kamu kuasai bukan? Infografik juga sebaiknya bersifat viral, sehingga bisa meningkatkan traffic website

Menciptakan infografik keren memerlukan keahlian Photoshop dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk membuatnya. Itulah sebabnya kita harus pintar memilih tool pembuat infografik yang gratis dan asik serta mudah untuk mempercepat proses pembuatan infografik. Apa saja sih?

1. Canva

tips membuat infografik EKRUT 
Canva salah satu tools yang bisa dipakai membuat infografik - EKRUT

Salah satu tool pembuat infografik yang sedang populer adalah Canva. Ada ratusan elemen desain gratis, yang memungkinkan kamu untuk bereksperimen dengan visualisasi data.

Canva akan membuat informasi yang kompleks menjadi lebih eye-catching dan mudah dicerna. 

Baca juga: 9 Data analytics tools terbaik sesuai kebutuhanmu

2. Dipity

tips membuat infografik EKRUT 
Selain Canva, kamu juga bisa menggunakan Dipity untuk membuat infografik - EKRUT

Dipity merupakan salah satu tool yang bagus untuk membuat, berbagi, serta embed infografis visual menarik yang mengintegrasikan video, audio, gambar, teks, link, media sosial, lokasi, dan time stamp.

Kamu dapat menggunakannya dengan gratis. Namun, Dipity juga menawarkan paket premium dengan kelebihan bisa membuat merek kustom dan latar belakang, analisis, dan aplikasi iPhone.

3. Google Chart

tips membuat infografik EKRUT 
Google chart tools sangat powerful dan mudah digunakan - EKRUT

Mungkin kamu sudah mengenal tool yang satu ini, tapi tidak ada salahnya untuk mengulik lebih dalam tools asik untuk membuat infografik yang satu ini. Google Chart tools dari Google Developer sangat powerful, mudah digunakan, dan gratis.

Kamu dapat memilih dari berbagai grafik dan mengkonfigurasi serangkaian pilihan sesuai dengan tampilan dan nuansa situsmu.

Dengan menghubungkan data secara real time, Google Developer adalah infographic generator yang sempurna untuk website kamu.

4. Visme

tips membuat infografik EKRUT 
Visme ini memungkinkanmu untuk membuat presentasi, animasi, mock-up, banner dan infografik - EKRUT

Pernah dengar tools keren yang satu ini? Visme ini memungkinkanmu untuk membuat presentasi, animasi, mock-up, banner dan tentu saja infografik.

Setelah melakukan login, kamu akan disambut dengan visual dari semua project kamu (ruang akan kosong jika kamu belum membuat project apa pun).

Nah, aplikasi yang satu ini juga cocok kamu pilih untuk membuat grafik yang menarik dan informatif.

Baca juga: 5 Tools untuk mengukur performance digital marketing

5. Piktochart

tips membuat infografik EKRUT 
Piktochart juga tergolong aplikasi bagus untuk membuat infografik - EKRUT

Tak kalah dengan pilihan tool lain, Piktochart tergolong aplikasi bagus untuk membuat berbagai jenis infografik.

Kamu dapat memilih dari beberapa format yang berbeda, termasuk ukuran dari Infografik tersebut (tinggi dan lebar), ukuran presentasi (untuk kumpulan slide presentasi), poster, dan laporan.

Kamu kemudian dapat baik membuat infografik sendiri dari awal atau pilih salah satu template yang disediakan oleh mereka (ada yang gratis dan yang lain memerlukan untuk daftar ke Lite atau  Pro plan). Menarik, bukan?

6. Venngage

tips membuat infografik EKRUT 
Venngage menawarkan beberapa opsi untuk dipilih dalam membuat infografik - EKRUT

Sama seperti Canva, Venngage menawarkan beberapa opsi untuk dipilih dalam membuat infografik. Lewat aplikasi ini kamu juga akan menemukan template untuk membuat laporan, promosi, poster dan juga infografik.

Untuk bagian infografik, nantinya kamu akan menemukan opsi tambahan berdasarkan topik dan kategori seperti inforgrafik statistik, perbandingan, bagan, tutorial, linimasa, geografis dan sebagainya.

Selain itu keuntungan lainnya dari Venngage adalah kemudahan dalam menggunakan tools tersebut.

7. Infogram

tips membuat infografik EKRUT 
Infogram juga bisa kamu coba untuk membuat infografik keren - EKRUT

Buatmu yang ingin mengakses berbagai grafik dan peta serta mengunggah foto dan video untuk membuat infografik keren, Infogram cocok jadi pilihan.

Tool yang satu ini dapat menyesuaikan data yang membentuk infografik dengan gaya spreadsheet Excel dan dapat dengan mudah diedit.

Kamu dapat mempublikasikan inforgafik pilihan ke situs Infogram, menempatkannya ke situs kamu sendiri atau membagikan melalui media sosial.

8. Snappa

tools infografis gratis - EKRUT
Salah satu perbedaan akun gratis dan berbayar pada Snappa adalah batasan jumlah unduhan per bulan - EKRUT

Snappa adalah tool untuk membuat infografis lainnya yang dapat kamu gunakan. Keunggulan tool ini adalah kamu bisa menggunakan banyak fitur penunjang yang ada meskipun kamu tidak membuat akun Snappa yang berbayar.

Snappa menawarkan template, koleksi gambar gratis, font, icon, hingga tools bawaan yang bisa digunakan saat kamu membuat infografis dengan mudah.

Karena kemudahan yang ditawarkan, kamu bahkan bisa membuat infografis dengan Snappa hanya dalam waktu 15 menit saja. 

Baca juga: 6 langkah monitoring website selain lewat Google Analytics

Jadi, apakah kamu sudah mencoba menggunakan salah satu tools untuk membuat infografis di atas? 

tool infografik-EKRUT
 Last update 28 August 2020

Sumber:

  • huffingtonpost.com
  • creativebloq.com
  • buffer.com

Tags

Share