Technology

10+ Aplikasi pembuat logo terbaik dan mudah digunakan untuk pemula

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

aplikasi_pembuat_logo.jpg

Logo menjadi sebuah hal yang penting untuk memperkenalkan sebuah bisnis atau perusahaan secara cepat untuk mudah diingat. Membuat logo tidak harus mahal, sekarang kamu bisa membuat logo sendiri menggunakan aplikasi pembuat logo di smartphone.

Baca juga: Mengenal pentingnya branding dalam bisnis 

Apa itu aplikasi pembuat logo?

Apa itu aplikasi pembuat logo?
Aplikasi pembuat logo di HP menyediakan banyak sekali template logo yang sangat mudah diakses - Pexels

Logo adalah sebuah gambar yang mewakili arti dari produk, bisnis, perusahaan hingga organisasi. Logo menjadi komponen yang penting untuk menjelaskan identitas produk dan dapat menjadi representasi dari produk tersebut. Logo berfungsi sebagai ikon yang mewakili nama produk agar lebih mudah diingat oleh masyarakat. Contohnya ketika kamu melihat sebuah gambar sendok dan garpu, kamu dapat mengenal logo tersebut lebih mudah sebagai ikon dari sebuah rumah makan. 

Karena fungsinya yang sangat penting, membuat logo dikenal membutuhkan biaya yang besar, terutama jika kamu mempercayakan pembuatan logo kepada perusahaan agensi besar. 

Baca juga: 4 Fungsi logo bagi perusahaan yang perlu kamu tahu 

Ada cara lain untuk membuat logo dengan biaya yang lebih rendah seperti dengan membuat kontes pembuatan logo, menyewa pekerja lepas, atau membuat logomu sendiri dengan aplikasi pembuat logo. 

Membuat logo menggunakan aplikasi pembuat logo memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Mudah digunakan karena aplikasi HP biasanya memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk mengerti cara membuat logo dengan cepat.
  • Nyaman digunakan kapan saja karena aplikasi pembuat logo tersebut tersedia di HP, jadi kamu bisa mengaksesnya dari mana pun, bahkan dalam perjalanan.
  • Aplikasi pembuat logo menyediakan template desain yang modern sehingga walaupun kamu bukan desainer, kamu dapat membuat logo bagus dengan mudah.

Di samping kemudahannya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat logo dengan aplikasi pembuat logo, seperti:

1. Format gambar.

Setelah selesai membuat logo dan akan mengunduh, kamu perlu memperhatikan format gambar yang akan kamu unduh. Dua format yang paling umum tersedia adalah JPEG dan PNG. Perbedaannya adalah sebagai berikut.

Perbedaan JPEG PNG
Ukuran gambar Ukuran gambar lebih kecil Ukuran gambar lebih besar
Skalabilitas Tidak dapat diskalakan Memiliki skalabilitas terbatas
Gambar pecah saat diperbesar Kemungkinan gambar pecah saat diperbesar lebih tinggi Kemungkinan gambar pecah saat diperbesar lebih rendah
Warna background Background putih Background transparan

2. Biaya untuk akses aplikasi pembuat logo

Walaupun tersedia aplikasi pembuat logo gratis, tentu ada kekurangan ketika menggunakannya secara gratis dibandingkan menggunakannya secara berbayar. Berikut beberapa perbedaannya secara umum. 

Perbedaan Aplikasi gratis Tambahan paket berbayar pada aplikasi
Pilihan desain, ikon dan font Pilihan terbatas Pilihan lebih banyak
Format gambar untuk diunduh Umumnya hanya tersedia format JPEG atau PNG (namun background tidak transparan) Tersedia format JPEG, PNG (dengan background transparan), hingga PDF
Watermark Umumnya masih ada watermark di bagian pojok background logo Tidak ada watermark

Baca juga: 7 Tips membuat tagline perusahaan  

10 Rekomendasi aplikasi pembuat logo terbaik

10 Rekomendasi aplikasi pembuat logo terbaik
Canva adalah salah satu aplikasi pembuat logo yang banyak digunakan karena menyediakan banyak pilihan template logo - Pexels

Logo yang bagus biasanya punya visual yang sederhana dan mudah diingat. Sekarang, membuat logo pun tidak sulit lagi, kamu bahkan bisa menggunakan HP sebagai aplikasi pembuat logo. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pembuat logo.

1. Canva

Canva
Aplikasi Canva - Apple App Store

Canva adalah salah satu aplikasi desain paling favorit karena menyediakan banyak templates untuk berbagai kebutuhan, termasuk sebagai aplikasi pembuat logo. Canva menyediakan kemudahan editing sehingga menjadi aplikasi yang nyaman digunakan. Kamu dapat memilih berbagai logo dari template yang tersedia berdasarkan tema seperti makanan, pendidikan, olahraga, fashion, dll. Tersedia juga jutaan ikon, gambar, stiker, dan vektor untuk digunakan. 

Template tersebut tersedia gratis, tapi kamu juga bisa upgrade ke paket Canva Pro untuk akses lebih banyak lagi. Selain akses lebih banyak template, kamu juga bisa unduh hasil logo dalam format PNG dengan latar belakang transparan. Selain versi aplikasi untuk Android dan iOS, Canva juga bisa diakses dari komputer di website utamanya.

2. Logo Maker

Logo Maker
Aplikasi Logo Maker - Google Play Store

Aplikasi pembuat logo untuk Android, yang diciptakan oleh Iris Studios, ini sangat disukai para penggunanya karena mudah digunakan dan banyak menyediakan templates, warna, font, latar belakang, dll. Ada beragam koleksi Art (Stiker), Graphic Elements, Shapes, Backgrounds & Textures untuk membuat logo dalam waktu singkat. Tersedia juga alat editing foto dan editing teks profesional seperti Flip, Rotate, 3D Rotate, Resize, Curve, Font, Color, Hue, dan lainnya. 

3. Logo Maker Plus

Logo Maker Plus
Aplikasi Logo Maker Plus - Google Play Store

Aplikasi pembuat logo buatan Logopit ini memiliki ribuan elemen grafis dan opsi penyuntingan, seperti mengubah warna ikon, menambahkan tekstur, dll. Kamu bisa menambahkan elemen seperti bentuk, teks, kustom warna, dan latar belakang. Para penggunanya sangat senang menggunakan aplikasi ini, bahkan pengguna pemula pun merasa sangat terbantu dalam membuat logo dengan aplikasi ini.

4. Logo Generator & Logo Maker

Logo Generator & Logo Maker
Aplikasi Logo Generator & Logo Maker - Google Play Store

Aplikasi pembuat logo buatan Light Creative Lab ini dilengkapi 2000 kustom logo templates, tools profesional untuk editing dan mewarnai, 100+ fonts, hingga bantuan layer saat editing. Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

5. Pembuat Logo 

Pembuat Logo
Aplikasi Pembuat Logo - Google Play Store

Aplikasi pembuat logo Android dan iOS buatan Content Arcade (UK) Ltd. ini menerima ulasan yang bagus dari penggunanya. Tersedia lebih dari 7000 templates, 40+ kategori logo, 5000+ ikon logo juga beragam pilihan font. Pada paket gratis, kamu hanya bisa memilih beberapa template, kamu juga hanya bisa mengunduh dalam format JPEG dengan watermark. Namun kamu bisa tingkatkan ke paket pro untuk akses yang lebih leluasa. 

6. Logo Maker Shop: Creator

Logo Maker Shop: Creator
Aplikasi Logo Maker Shop - Apple App Store

Aplikasi buatan PIXO Incorporation ini menawarkan 1000+ template logo, 5000+ sumber desain seperti font, simbol, bentuk, ikon dan latar belakang. Tersedia juga fitur kebebasan editing kapan pun, fitur auto-save, undo/redo, juga hasil logo dengan resolusi tinggi. Untuk pengguna gratis kamu hanya bisa mengakses template logo dasar dan hasil unduhan dalam format JPEG dengan background. Kamu bisa membeli paket pro untuk mengakses lebih banyak pilihan fitur. 

Baca juga: 4 Cara membuat brand identity yang efektif  

7. Logo Maker - A Design Creator

Logo Maker - A Design Creator
Aplikasi Logo Maker - Apple App Store

Aplikasi pembuat logo untuk pengguna iOS ini memiliki banyak sekali pilihan logo dalam beragam kategori seperti permainan, masak, fashion, kecantikan, makanan & minuman, kesehatan, olahraga, travel, teknologi, dll. Kamu bisa melakukan kustomisasi pada teks, latar belakang, grafis, bentuk, juga frame. Untuk pengguna gratis, akan ada watermark saat mengunduh hasil logo dan kamu hanya bisa mengunduh dalam format JPEG. 

Kamu bisa membeli paket pro untuk membuka lebih banyak pilihan dalam membuat logomu sendiri pada aplikasi buatan Bizthug Pte Ltd, karena ada lebih dari 1000 template logo, 500+ template poster/flyer, dan 1000+ jenis fonts.

8. DesignEvo - Logo Maker

DesignEvo - Logo Maker
Aplikasi DesignEvo - Apple App Store

Aplikasi buatan PearlMountain Technology ini menawarkan 3500+ template logo dari berbagai kategori seperti bisnis, fashion, hingga teknologi. Tersedia juga berbagai macam grafis dan 100+ jenis font. Jika kamu ingin mencari lebih banyak pilihan template logo, kamu bisa mengunduhnya secara berbayar. Selama proses editing kamu dapat mengubah font, grafis juga latar belakang. Setelah selesai kamu dapat mengunduhnya dalam format JPEG, PNG, dan PNG transparan secara gratis. DesignEvo tersedia untuk pengguna Android dan iOS. 

9. Logo Maker: Design Creator 

Logo Maker: Design Creator
Aplikasi Logo Maker: Design Creator - Apple App Store

Aplikasi pembuat logo buatan Md Kamal Uddin ini menawarkan 2000+ template logo dalam berbagai tema, 5000+ font dan banyak grafis yang dapat membantu kamu membuat logomu sendiri. Kamu bisa melakukan kustom template, font, ikon, latar belakang, bahkan kamu juga bisa memasukkan foto. Kamu bisa mengatur kustom tersebut pada fitur layer yang sudah disediakan.

Aplikasi iOS ini menyediakan versi gratis dan pro. Jika kamu ingin mengakses lebih banyak template, menyimpan tanpa watermark dan latar belakang transparan, kamu bisa memilih paket pro untuk satu minggu, satu bulan, atau satu tahun. 

10. Logo Maker - Logo Design Shop

Logo Maker - Logo Design Shop
Aplikasi Logo Maker - Apple App Store

Aplikasi pembuat logo buatan Infostring Technolabs Private Limited ini hanya tersedia untuk pengguna iOS. Untuk membuat logomu sendiri kamu bisa memilih 500+ template logo yang siap digunakan juga 5500+ grafis (ikon, simbol, font). Terdapat fitur alat desain profesional seperti penyesuaian teks, goresan, ukuran, warna, dan kurva, auto-save, juga penawaran unduh dengan resolusi tinggi, dan latar belakang transparan.

11. Logolab 

Logolab
Aplikasi Logolab - Apple App Store

Aplikasi pembuat logo buatan Xi'an Button Software Technology Co., Ltd. ini memiliki fitur 100+ template logo, fitur pewarnaan cepat dari berbagai pilihan palet warna, beragam pilihan font dan ikon, juga fitur auto-save. Ada juga beragam pilihan unduh logo seperti background transparan, hitam dan putih dengan format PNG resolusi tinggi 2048 x 2048. Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS. 

12. Logo Creator

Logo Creator
Aplikasi Logo Creator - Apple App Store

Aplikasi iOS ini dibuat oleh PocketSoft LLC. Ada lebih dari 50.000 kombinasi logo dan 270+ fonts yang tersedia untuk kamu pilih. Tersedia juga berbagai fitur tools seperti lasso tool, penghapus, undo & redo, adjust opacity, palet warna, crop foto, dll. Kamu bisa mengunduh hasil logo dalam format PNG dan PDF tanpa watermark jika kamu membeli paket pro. Aplikasi ini juga tersedia versi iPad sehingga kamu bisa membuat logo menggunakan apple pencil atau stylus pen.

13. Logo Maker Logo Designer

Logo Maker Logo Designer
Aplikasi Logo Maker Logo Designer - Apple App Store

Aplikasi iOS ini menyediakan lebih dari 2000 fitur desain seperti font, bentuk, simbol, badge, ikon, tekstur, juga latar belakang. Tersedia juga lebih dari 300 template logo dengan 11 fitur topik seperti binatang, vintage, watercolor, dan lainnya. Pilihan untuk pengguna gratis mungkin terbatas, tapi kamu bisa meningkatkan paket pro supaya bisa mengakses lebih banyak pilihan grafis, serta pilihan unduh tanpa watermark dengan resolusi pixel tinggi. 

Baca juga: Begini cara membuat visi misi perusahaan dan contohnya 

Itu tadi rekomendasi beragam aplikasi pembuat logo. Semoga bisa membantu kamu mendesain logomu sendiri ya! Jika kamu tertarik untuk mendaftar menjadi talent di EKRUT, kamu bisa tonton juga video mengenai cara profesional agar dilirik recruiter/headhunter berikut ini. 

sign up EKRUT

Sumber: 

  • wethegeek
  • 99design
  • Apple App Store 
  • Google Play Store 
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read
    H1_seo_youtube.jpg

    Technology

    Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

    Nurina Ulfah

    23 November 2022
    6 min read
    Cover.png

    Technology

    Mengenal Asana, Project Management Tools untuk Memudahkan Pekerjaan

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video