Published on

Technology

10+ Aplikasi edit PDF gratis terbaik dan mudah untuk digunakan

Natasya Primatyassari

H1_10__Aplikasi_edit_PDF_gratis.jpg

Format file PDF adalah jenis yang paling populer dan ideal digunakan untuk berbagi konten. Hal tersebut berkat kesesuaiannya yang menakjubkan untuk memuat teks dan gambar, serta ukuran file-nya yang relatif kecil. File PDF juga cocok digunakan untuk menjaga kualitas dan format dokumen.

Baca juga: 5 Cara kompres PDF online dan offline dengan mudah

Manfaat menggunakan aplikasi edit PDF

Manfaat menggunakan aplikasi edit PDF
Menggunakan aplikasi edit PDF memberikan banyak manfaat  - Freepik

Banyak orang membutuhkan aplikasi edit PDF yang dapat diandalkan untuk menyunting dokumen secara cepat, misalnya, memodifikasi dan mengubah gambar tanpa harus mengonversinya dalam format lain. Untuk memudahkan pekerjaan tersebut, baik pemilik bisnis maupun karyawan, dapat menggunakan aplikasi edit PDF yang tersebar secara gratis di internet. Dikutip dari techstory.in, berikut beberapa manfaatnya. 

  • Membantu memberikan layanan dengan harga terjangkau
  • Mudah digunakan
  • Menghemat waktu
  • Dapat diakses kapan pun
  • Kompatibel dengan berbagai perangkat
  • Dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan standar
  • Keamanan file terjamin

Baca juga: 7 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

10+ Aplikasi edit PDF terbaik dan mudah untuk digunakan

10+ Aplikasi edit PDF terbaik dan mudah untuk digunakan
Adobe Acrobat Pro DC adalah salah satu aplikasi edit PDF terbaik - Freepik

Aplikasi edit PDF gratis memudahkan proses penyuntingan file PDF tanpa harus membayar biaya langganan. Berikut beberapa alternatif pilihannya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Adobe Acrobat Pro DC

Adobe Acrobat Pro DC merupakan alat penyuntingan terbaik yang tersedia bagi Windows maupun MacOS. Aplikasi edit PDF yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena Adobe Acrobat Pro DC menawarkan fungsionalitas bagi telepon seluler (melalui aplikasi iOS dan Android) serta kemampuan untuk mengonversi berbagai format file menjadi PDF, termasuk halaman web (HTML), dokumen Word, spreadsheet Excel, presentasi PowerPoint, dan bahkan pemindaian file gambar dalam format PNG atau JPEG. Salah satu kekurangannya, aplikasi versi berbayar dianggap masih kurang terjangkau bagi individu dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

2. SmallPDF

Aplikasi edit PDF SmallPDF menyajikan antarmuka pengguna sederhana yang memungkinkan kamu menambah konten teks dan gambar ke dalam file PDF. Platform ini juga menawarkan penandatanganan elektronik serta kemampuan untuk menambahkan komentar dan sorotan dalam file PDF kamu. Fitur terbaik dalam aplikasi ini adalah kemampuan platformnya yang berbasis cloud sehingga kamu dapat mengakses file PDF dari perangkat apa pun dengan hanya mengunjungi situs web SmallPDF.

3. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor adalah aplikasi edit PDF gratis untuk Windows yang dikembangkan oleh Tracker Software. Antarmukanya sedikit lebih kompleks daripada aplikasi SmallPDF tetapi memberimu akses mudah ke banyak fitur bermanfaat seperti opsi cap untuk menandai dokumen sebagai 'Kedaluwarsa' atau 'Disetujui'. Satu-satunya kekurangan dari platform ini adalah kamu harus mendaftar versi Pro agar dapat menghilangkan tanda air atau watermark 'Dibuat dengan Editor PDF-XChange' yang berada di bagian bawah file PDF yang kamu ekspor.

Baca juga: 12 Cara merawat laptop untuk mendapatkan performa yang maksimal

4. PDFescape

PDFescape adalah aplikasi edit PDF yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang melalui peramban web. Aplikasi ini menawarkan banyak alat anotasi yang bermanfaat untuk menambahkan keterangan pada file PDF. Kamu dapat menggunakan aplikasi untuk mengisi formulir, membuat formulir, menyisipkan teks dan tautan web, menyoroti teks, menambahkan catatan, menyunting atau mencoret teks, memotong dan memutar gambar, menambah atau menghapus halaman, dan bahkan mengunci dan mengenkripsi dokumen PDF. Kekurangan aplikasi ini yaitu membatasi ukuran file yang diunggah hingga maksimal 10MB atau 100 halaman.

5. Apple Preview

Aplikasi Apple Preview terdapat dalam setiap versi macOS. Tidak hanya mampu bekerja dengan file PDF, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fitur penyuntingan gambar. Untuk memunculkan fitur secara lengkap, kamu harus menekan tombol kecil yang mirip seperti ujung pensil. Setelah itu, sejumlah fitur akan terlihat mencakup opsi pemilihan teks; alat menggambar yang dapat digunakan untuk menandai catatan ke dalam dokumen; alat teks untuk menambahkan teks tambahan ke dokumen; alat yang menambahkan bentuk dan catatan; dan alat tanda tangan yang dapat digunakan untuk memindai tanda tangan menggunakan kamera Mac, tablet, atau trackpad.

6. Foxit PDF Editor

Foxit PDF Editor memiliki tiga macam produk penyuntingan yaitu PDF Editor Online, Foxit PDF Editor, dan Foxit PDF Editor Pro. Versi online terlihat seperti pilihan yang gratis, tetapi sebenarnya tidak. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun dan memperoleh akses uji coba gratis selama lima hari. Dengan versi online, kamu dapat menyunting dan menambahkan teks serta objek, menyisipkan dan menghapus halaman, mengonversi ke dan dari format file lain, dan bahkan melindungi kata sandi, menandatangani, dan menyunting bagian PDF.

7. Sejda

Salah satu cara terbaik dalam menyimpan informasi profesional bersifat rahasia, seperti laporan keuangan, adalah dengan mengubahnya dalam format PDF. Sejda adalah aplikasi edit PDF yang dapat dipercaya karena semua file yang diunggah akan dihapus dari servernya setelah lima jam.

Selain faktor keamanan, Sejda adalah pilihan yang baik jika kamu sedang mencari aplikasi edit PDF gratis dengan antarmuka yang mudah digunakan. Platform ini memang memiliki beberapa batasan, kamu hanya dapat melakukan tiga tugas dalam waktu satu jam dan mengunggah dokumen berukuran maksimal 50MB atau 200 halaman. Meskipun begitu, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Sejda melalui platformnya sudah lebih dari cukup untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

8. PDF Candy

PDF Candy merupakan salah satu aplikasi edit PDF terbaik karena mempunyai fitur yang tidak ditawarkan oleh aplikasi PDF gratis lainnya. Fitur tersebut adalah OCR (Optical Character Recognition) yang berguna untuk memindai teks. Dalam aplikasi ini juga terdapat 44 pilihan untuk membuat maupun mengonversi file PDF serta fitur-fitur lain yang memudahkanmu untuk mengatur ulang halaman dalam dokumen, menambahkan watermark, melindungi file PDF dengan kata sandi, menyunting metadata dalam file PDF, membagi atau menambahkan halaman ke dalam dokumen, dan menyalin gambar.

9. Wondershare PDFelement

Wondershare PDFelement menjadi alternatif aplikasi edit PDF gratis yang layak dicoba. Fitur yang ditawarkan meliputi kemampuan membuat anotasi, menyunting dan mengonversi PDF ke format lain, menambahkan tanda tangan, dan mengisi formulir PDF. Platform ini menawarkan versi uji coba gratis yang dapat digunakan untuk penyuntingan file PDF sederhana. Sementara itu, versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur yang setimpal dengan biayanya seperti tidak ada batasan halaman untuk dokumen yang dapat dikonversi dan tidak ada tanda air atau watermark.

Baca juga: Apa itu prototype? Kenali pengertian, tujuan, manfaat, dan 3 contohnya

10. PDFsam Basic

Seringkali, fitur penting yang diperlukan dalam aplikasi edit PDF adalah membagi PDF menjadi beberapa dokumen, menggabungkan beberapa halaman menjadi satu, atau mengubah orientasi halaman. PDFsam Basic dapat menjadi jawaban yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kelebihan lainnya tidak ada watermark yang perlu dikhawatirkan dan kamu tidak perlu lagi mempercayakan dokumen penting kepada penyedia aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal.

11. PDF Buddy

Aplikasi edit PDF terakhir yaitu PDF Buddy yang tersedia bagi Windows. Untuk menyunting PDF secara gratis, kamu tidak perlu mengunduh dan memasangnya terlebih dahulu di perangkat laptop atau komputer. Semua bisa dilakukan secara daring melalui situs webnya. Kamu dapat menyelesaikan tugas dengan cepat karena platform ini memiliki antarmuka yang mudah dipahami. Kekurangannya ada pada keterbatasan fitur yang ditawarkan. Beberapa hal yang tidak bisa kamu lakukan antara lain menggabungkan file PDF dan membuat file PDF baru.

Baca juga: 9 Aplikasi cek plagiarisme untuk cek keaslian konten

Dengan menggunakan berbagai pilihan aplikasi edit PDF di atas, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Perubahan teknologi memang membantu untuk meningkatkan produktivitas dan memecahkan masalah secara efektif. Terlebih dengan pandemi yang terjadi, perusahaan harus melek digital agar tetap bisa bersaing. Jika kamu berminat menjadi digital talent, ketahui tips untuk memulai kariernya melalui video di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • techstory.in
  • https://pdf.wondershare.com/top-pdf-software/free-pdf-editor.html
  • techradar.com
  • tomsguide.com

Tags

Share