Published on

Technology

12 Rekomendasi Aplikasi Messenger Populer [2022]

Arin Khurota

0-aplikasi-messenger.jpg

Aplikasi messenger menjadi solusi dari mahalnya biaya SMS atau telepon dengan tarif operator. Kini, berbagai aplikasi berkirim pesan makin populer dengan berbagai dukungan fitur yang menarik. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi messenger terbaik untuk desktop maupun Android.

1. WhatsApp


WhatsApp telah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna (sumber: freepik)

WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yang sudah tidak lagi asing, bahkan hampir setiap orang memilikinya. Aplikasi ini didesain untuk smartphone dan tablet untuk berkirim pesan, video calls, voice notes, GPS, dan melihat lokasi orang lain tanpa meninggalkan aplikasi.

Bahkan, WhatsApp juga mendukung enkripsi pesan end-to-end, artinya pesan telah terenkripsi dan meminimalkan risiko pencurian data (phishing). Selain itu, WhatsApp juga mendukung untuk pengiriman file hingga 100 MB, tampilannya juga cukup nyaman karena tidak ada iklan, serta dapat membuat grup hingga 275 orang.

2. Snapchat


Snapchat mendukung penggunaan berbagai Bitmoji dan pembayaran (sumber: freepik)

Snapchat merupakan aplikasi messenger yang mungkin sedikit berbeda dengan aplikasi lain. Snapchat memiliki perbedaan spesial di mana ia dapat mengirimkan pesan multimedia dan pesan tersebut dapat menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Snapchat juga dapat mengirim pesan tanpa gambar dan menggunakan Snapcash untuk mengirim dan menerima uang dari telepon. Snapchat bahkan mendukung penggunaan berbagai Bitmoji.

3. Telegram


Telegram termasuk aplikasi berbasis cloud dan dapat diakses dari semua perangkat (sumber: freepik)

Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud sehingga dapat diakses dari semua perangkat, termasuk desktop tanpa harus online. Tidak seperti kebanyakan aplikasi lain, Telegram memungkinkan kamu mengedit dan menghapus pesan bahkan setelah dikirimkan.

Selain itu, notifikasi pesan juga dapat dinonaktifkan untuk periode tertentu, mengirim file, membagikan lokasi dengan GPS, serta mengirimkan pesan yang secara otomatis dihapus setelah waktu tertentu yang ditentukan. Telegram juga memiliki berbagai pilihan tema yang menarik, stiker gratis, dan membalas pesan tertentu dalam utas.

4. LINE


Fitur Line Out membuat aplikasi Line dapat menerima panggilan dari selain pengguna (sumber: freepik)

LINE merupakan salah satu aplikasi messenger yang memiliki banyak kelebihan, seperti obrolan pribadi maupun membuat grup dengan kapasitas hingga 200 orang. Melalui LINE, kamu dapat melakukan panggilan suara maupun video dengan orang di luar negeri secara gratis.

Fitur inti dalam LINE tersedia secara gratis. Namun, LINE juga menawarkan beberapa fitur premium dengan biaya tambahan, seperti stiker, tema, dan game. Selain itu, fitur LINE juga memungkinkan kamu berbicara dengan siapa saja, meskipun lawan bicara tidak menggunakan aplikasi LINE.

Baca juga: Ini Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupanmu

5. Viber


Viber dilengkapi dengan QR code scanner dan fitur lain yang menarik (sumber: freepik)

Viber mungkin hampir sama dengan WhatsApp, tetapi perbedaannya adalah Viber memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur tambahan, seperti stiker suka dan GIFs, pesan video, dan QR code scanner. Pengguna Viber dapat saling mengirimkan pesan dan melakukan panggilan satu sama lain tanpa dibatasi lokasi. Selain itu, Viber juga menyediakan berbagai channels di mana pengguna dapat bergabung sesuai minatnya, seperti komunitas, grup obrolan, dan sebagainya. Bahkan, masing-masing grup tersebut tidak dibatasi jumlah member yang bergabung.

6. Facebook Messenger


Facebook messenger telah digunakan dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna (sumber: freepik)

Dengan pengguna lebih dari 1,3 miliar, aplikasi Facebook Messenger tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Meskipun kini telah berubah nama menjadi Meta. Berbagai merek telah mengintegrasikan Facebook Messenger ke dalam strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Facebook Messenger memiliki chatbot khusus dan tautan yang tersambung ke akun pengguna. Dengan demikian, sebuah web dapat menyematkan pop-up khusus perpesanan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

7. WeChat


WeChat adalah aplikasi messenger terkenal dari China (sumber: freepik)

WeChat merupakan aplikasi messenger yang mendominasi pasar China. WeChat tidak hanya digunakan sebagai aplikasi komunikasi, tetapi juga media sosial dan pembayaran digital. Dengan jumlah pengguna lebih dari satu miliar, WeChat menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer dan bahkan menjangkau pengguna di luar China. WeChat juga memiliki beberapa fitur menarik, seperti menemukan teman terdekat yang diintegrasikan dengan fungsi GPS.

8. Discord


Discord memiliki keunggulan untuk membangun komunitas dengan berbagai channel (sumber: freepik)

Banyak orang telah menggunakan Discord karena memiliki berbagai fitur yang luar biasa, terutama dalam membangun organisasi. Aplikasi messenger ini memiliki tampilan aplikasi yang sedikit berbeda dengan kebanyak aplikasi lainnya. Meskipun Discord banyak digunakan untuk para gamers, tetapi kini aplikasi ini memiliki banyak fitur pendukung untuk dapat digunakan secara luas. Beberapa fiturnya termasuk chat suara, channel obrolan, stiker GIF, dan banyak lainnya. Pengguna dapat membuat sendiri server atau bergabung dengan komunitas orang lain. Layanan Discord juga tersedia secara gratis, tetapi untuk mengaktifkan beberapa fitur mungkin akan dikenakan biaya tambahan.

Baca juga: 12 Aplikasi untuk Mendukung Kegiatan Marketing

9. Skype


Skype memiliki fitur ekstra untuk membuat panggilan lintas platform (sumber: freepik)

Skype termasuk salah satu aplikasi messenger yang pernah terkenal. Setiap orang pasti mengetahui bagaimana tampilan aplikasi ini. Skype menyediakan dukungan layanan berkirim pesan, video call, voice call, dengan biaya nominal yang lebih rendah. Skype juga memiliki beberapa fitur ekstra yang mungkin dapat sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan panggilan melalui lintas platform, mengirimkan file, seperti dokumen, GIFs, dan file lainnya.

10. Slack


Slack didukung berbagai fitur dari vendor ketiga, seperti Google Drive (sumber: freepik)

Slack adalah salah satu aplikasi messenger yang cukup baik untuk mendukung kegiatan bisnis. Tampilan aplikasi ini juga sangat nyaman dan terlihat profesional. Selain itu, pengguna juga dapat membuat channel, melakukan panggilan suara, serta lainnya. Slack juga memberikan fitur dukungan dari vendor ketiga, seperti Giphy, Google Drive, Asana, dan tools lain yang dapat menunjang kebutuhan bisnis. Pengguna juga dapat bergabung dengan banyak server. Slack mungkin terlihat sama dengan Discord, aplikasi gratis yang mungkin harus membayar untuk mengaktifkan beberapa fitur ekstra yang tersedia.

11. Band


Aplikasi messenger Band membuat aktivitas berkomunikasi menjadi lebih menarik (sumber: freepik)

Band adalah aplikasi messenger yang cukup baru dan sangat menarik untuk mengobrol dalam lingkup grub. Melalui Band, pengguna dapat membuat grup dan mengundang siapa pun yang dikehendaki. Aplikasi ini juga direkomendasikan untuk orang-orang dalam tim olahraga, grup sekolah, komunitas gamers, grub kerja, dan sebagainya.

Dalam Band, pengguna dapat mengatur saluran atau channel yang telah dibuat sebagainya Discord dan Slack. Pengguna juga dapat langsung mengirim pesan kepada individu dan menambahkan acara dalam kalender untuk aktivitas grup. Aplikasi ini juga bekerja dengan baik dan gratis untuk digunakan.

12. Signal Private Messenger


Signal Private Messenger cocok untuk kamu yang membutuhkan dukungan privasi (sumber: freepik)

Signal Private Messenger adalah aplikasi layanan untuk berkirim pesan yang tersedia secara gratis yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Selain untuk obrolan teks dan gambar, pengguna juga dapat melakukan panggilan suara dan video. Aplikasi ini juga menyertakan enkripsi ujung ke ujung dan merupakan aplikasi pertama yang memasukkan fungsi default bersamaan dengan Telegram. Beberapa fitur tambahan, termasuk editor gambar dasar, tema gelap, dan banyak lainnya. Jika kamu membutuhkan aplikasi yang mendukung untuk menjaga privasi, maka aplikasi ini cocok kamu pilih.

Baca juga: 10 Teknologi Online Ini Permudah Kebutuhan Manusia

Itulah rekomendasi aplikasi messenger yang dapat mempermudah kamu dalam berkomunikasi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Nah, untuk kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup atau perusahaan ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • inc.com
  • lifewire.com
  • androidauthority.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video