Media

Ini pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupanmu di tahun 2019
By Tsalis Annisa - 18 March 2019
5 min read 274 Views
Perkembangan teknologi terus melaju dari dunia bisnis hingga kesehatan - EKRUT
Perkembangan teknologi terus melaju dari dunia bisnis hingga kesehatan - EKRUT

Manfaat teknologi bagi kehidupan kita terus bertambah seiring kemajuan zaman. Mulai dari perkembangan teknologi di dunia kesehatan maupun bisnis. Nah, kira-kira perkembangan teknologi apa sajakah yang akan terus melaju di tahun 2019 ini?

1. Kemajuan teknologi di bidang kesehatan

Perusahaan penyedia layanan kesehatan secara online akan semakin menjamur. Teknologi yang canggih kian memungkinkan kita untuk lebih mudah dalam mengakses informasi seputar dunia medis.

Situs-situs kesehatan kini telah menyediakan variasi informasi yang luas dan mencakup beragam topik. Beberapa situs bahkan menyediakan aplikasi dan layanan chat maupun telepon yang memudahkan peggunanya untuk berdiskusi langsung dengan dokter.

Tak hanya itu, inovasi teknologi juga terus dikembangkan untuk beragam aspek medis. Misalnya mekanisme pendataan riwayat kesehatan secara online hingga pemakaian robot di ruang operasi.

Namun tetap ada yang perlu menjadi pertimbangan, yaitu etika dan peraturan dalam bidang kesehatan itu sendiri. Bila kemajuan teknologi medis ingin diterapkan secara luas,  etika dan peraturan yang ada juga butuh pembaharuan.

2. AI yang semakin berkembang

Dewasa ini, pemakaian Artificial intelligence atau AI telah diterapkan dalam beragam industri. Di tahun 2019 pun, AI akan terus berkembang pesat.

Tidak hanya perusahaan yang akan merasakan dampak positif dari penggunaan AI. Pelanggan juga dapat memanfaatkan AI di kehidupan sehari-hari. Apa saja contohnya?

Salah satunya adalah filter email yang bisa kamu temukan di Google mail. Gmail akan menyortir email yang masuk ke dalam beberapa kategori, sebut saja kategori utama, sosial atau promosi. Dengan ini, kamu tak perlu repot lagi untuk memilahnya satu per satu.

Selanjutnya, apa kamu pernah mendapatkan rekomendasi produk atau lagu dari aplikasi yang kamu gunakan? Nah, rekomendasi tersebut juga muncul dengan memanfaatkan AI untuk mendeteksi kesukaan dan kebiasaanmu. Menarik, bukan?.

Baca juga: Masa depan AI bergantung pada kode etik

3. Bertambahnya penggunaan automation

Pernahkah kamu memindai dan membayar barang belanjaanmu sendiri langsung di mesin dan tanpa bantuan seorang kasir? Ini adalah salah satu bentuk automation yang telah digunakan di sebagian supermarket.

Bagi pelanggan yang telah terbiasa, mekanisme ini tentu dirasa lebih nyaman dan efisien. Namun tidak semua orang bisa beradaptasi dengan cepat.

Adanya automation selain dianggap lebih efisien, tapi juga memungkinkan perusahaan memangkas jumlah pegawai yang dibutuhkan.

4. Diterapkannya jaringan 5G

5G atau Fifth Generation adalah jaringan yang sedang dikembangkan dan nantinya akan menggantikan teknologi 4G. 5G menawarkan konektivitas komunikasi seluler yang jauh lebih cepat dan stabil pada smartphone maupun gawai lainnya.

Di era siber di mana perorangan, perusahaan, maupun organisasi menggunakan koneksi internet untuk menganalisis, mengolah, maupun menyimpan data. Tidak heran bila tuntutan untuk jaringan yang lebih cepat dan stabil juga semakin krusial.

Ini berarti adanya teknologi 5G akan membawa perubahan besar. Bayangkan saja bila kamu bisa mengunduh data dengan kecepatan 1 gigabyte per detik. Dahsyat, bukan?

6. Keamanan sekuriti di dunia maya yang semakin diperhatikan

Seiring maraknya penggunaan internet dalam beragam industri, semakin berkembang pula kejahatan dunia maya yang akan terjadi. Contohnya saja peretasan situs Komite Pemilihan Umum (KPU) pada pemilu 2009 yang sempat menghebohkan.

Di tahun 2019, persentase tindak kriminal di bidang siber diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, industri bisnis pun akan lebih memperhatikan keamanan dalam bidang siber guna melindungi data perusahaan maupun pelanggannya.

Baca juga: AI bisa tebak kewarganegaraan lewat tulisan tangan, benarkah?

Fungsi teknologi dalam kehidupan kita memang tidak bisa dipungkiri. Manfaatnya bisa kita rasakan tak hanya dalam bidang hiburan, tapi juga di bidang medis.

Meski demikian, penggunaan teknologi juga perlu kamu terapkan dengan bijak agar pengaruhnya tetap positif. Jangan sampai kemajuan ini malah disalahgunakan dan menjadi bumerang yang kemudian merugikan.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • teknologi
  • machine learning
  • AI
  • perkembangan teknologi
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang