Published on

Technology

Apple bakal umumkan apa saja ya di WWDC?

Widyanto Gunadi

wwdc.jpg

Dalam pekan ini, seluruh perhatian pengguna teknologi nampaknya sedang tertuju pada Worldwide Developer Conference (WWDC). Apa sih WWDC itu? WWDC merupakan konferensi besar di bidang teknologi berskala internasional, untuk mengumumkan setiap update terbaru Apple. 

Apa saja sih rahasia yang bakal diungkapkan CEO Apple, Tim Cook yang menggantikan Steve Jobs? Mari kita simak!

 

Kemunculan iOS 12 yang lebih cepat

Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, iOS 11 keluaran Apple beberapa waktu yang lalu memiliki banyak bug pada sistem. Selain itu, sistem tersebut mengalami gangguan operasional karena banyaknya jumlah aplikasi.
 
Namun, Anda tak perlu khawatir. Di WWDC tahun ini, Apple mengumumkan, iOS 12 nantinya tidak memiliki aplikasi sebanyak pendahulunya. Meski demikian, masih diperlukan pula beberapa polesan kecil di sana sini agar jauh lebih baik dari iOS 11.

 

Peningkatan deteksi gerakan

Salah satu sistem yang dipoles adalah user interface (UI)  di iOS tersebut. Selain itu, akan ada peningkatan fokus pada sistem pendeteksi gerakan yang bekerja dengan layar berlekuk. Tambah lagi, iPhone X tidak diragukan lagi akan ditampilkan di iOS 12.

 

Cloud untuk kesehatan

Pengumuman kedua yaitu soal niat dan kiat Apple guna mencari lebih banyak cara untuk menarik lebih banyak konsumen dalam ekosistem mereka. Dalam hal ini, layanan berbasis Cloud milik mereka yang menempatkan kesehatan sebagai satu fasilitator utama di sini akan menjadi kunci penting.

Perubahan ini tentunya membawa AppleWatch selangkah lebih dekat dengan iCloud melalui dua langkah. Pertama, dengan membuat sensor seperti yang ada pada iPhone. Kedua, dengan mengumpulkan data kesehatan dan menampilkannya. Hal ini juga tentunya memberikan sistem kuncian pada platform Apple, guna mencegah para pengguna setianya beralih ke Android.

 

MacOS

Pengumuman selanjutnya datang bagi macOS. Namun, amat disayangkan, tidak banyak yang diumumkan dalam forum online mengenai perkembangan terbaru macOS. Namun diperkirakan, Apple akan mengumumkan pengembangan macOS yang lebih efisien dan hemat energi seperti iOS 12. Apple belajar dari iOS 12 yang memberikan keamanan data dengan lebih baik.

 

Augmented reality

Apple pun diprediksi membuat terobosan di bidang augmented reality (AR). Prediksi ini menyusul adanya ARKit untuk para pengembang iOS, dan dapat digunakannya kartu-kartu grafis eksternal untuk menambah performa grafis pada sistem macOS.

 

Keyboard

Banyak orang yang juga berharap Apple akan mengubah keyboard kupu-kupu pada produk MacBook mereka, Jika memang terjadi, perubahan keyboard ini menjadi perkembangan terbesar pada produk Apple mendatang. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut masih belum akan langsung terwujud. 

Pada akhirnya, WWDC kali akan banyak dihiasi perbincangan seputar melakukan inovasi Apple. Namun, untuk terobosan baru sepertinya Anda masih harus sedikit menurunkan ekspektasi pada pihak Apple. Sebab, terobosan yang signifikan masih diprediksi belum akan dibuat tahun ini.

Ekspektasi komunitas teknologi soal perkembangan terbaru Apple selalu tinggi dan mereka pastinya mengharapkan kemunculan suatu fitur yang sangat inovatif. Nah, kemunculan hal semacam ini bisa ditelaah dari kualitas grafis yang dipergunakan untuk memperkenalkan acara WWDC ini nantinya, seperti yang telah dikatakan oleh David Phelan dari Forbes.

 

Rekomendasi bacaan:
Anda pecandu Mobile Legends? Baca ini!
Sudah dengar rahasia-rahasia Mark Zuckerberg?
Apa? CEO Twitter ga punya laptop?

 

Sumber:
forbes.com

 

Tags

Share