Published on

Technology

Apple dominasi penjualan smartphone di AS

Maria Yuniar

iphone-3505893__340.jpg

Sebuah laporan terbaru menyebutkan Apple telah mengungguli pesaing abadinya, Android, dalam 12 bulan terakhir. Dengan produk iPhone X dan iPhone 8, Apple terbukti dapat mematahkan keraguan bahwa ponselnya akan kalah dari kompetitor.

Data dari perusahaan riset dan analisis Kantar menyebutkan, pasar pengguna iOS naik 5,9 persen selama periode Juni 2017 hingga 2018. Penjualan iPhone 8 dan iPhone X berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan tersebut.

 

Masuk sepuluh besar

Direktur Global Kantar Worldpanel ComTech, Dominic Sunnebo mengungkapkan, Apple kembali membuktikan kekuatannya di pasar Amerika Serikat melalui penjualan ponsel serupa iPhone. Ponsel tipe ini menempati peringkat delapan dalam sepuluh besar model paling laris dalam tiga bulan terakhir.

Firma riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menyebutkan, perangkat berbasis iOS mencatatkan angka aktivasi 36 persen di Amerika Serikat pada kuartal kedua tahun ini. Sementara itu di periode yang sama, aktivasi Android mencapai 63 persen. Meski dalam hal ini kalah dari Android, pertumbuhan aktivasi iOS untuk produk-produk keluaran Apple tetap meningkat secara tahunan dan kuartalan.

 

Terimbas turunnya market share Samsung

Partner & Co-founder CRIP, Josh Lowitz menuturkan, pangsa aktivasi Apple iOS antara lain meningkat pada kuartal terakhir dan sepanjang tahun ini. Padahal, pangsa pasar Apple sempat terperosok pada Maret 2017. Pada kuartal kedua 2018, tingkat loyalitas pengguna iOS pun meningkat.

Musim libur Natal dan tahun baru di Amerika Serikat pun menjadi momentum pejualan iPhone X yang dirilis November 2017. Apple melaporkan hasil penjualannya meningkat pada Februari 2018, meskipun secara jumlah penjualan menurun 1,2 persen. 

 

Kontribusi iPhone X

Peningkatan hasil penjualan Apple didorong oleh harga flagship iPhone X yang dijual US$ 999 (sekitar Rp 14,3 juta). MPartner & Co-founder CIRP, Mike Levin menyatakan peningkatan market share Apple tak lepas dari penurunan pangsa aktivasi Samsung pada kuartal terkahir dan juga tahun lalu. 

Sebelumnya, angka penjualan Samsung sangat besar. Namun tanpa meluncurkan produk baru, pangsa pasar Samsung pun akhirnya sama dengan Apple. Sepanjang kuartal kedua 2018, baik Samsung maupun Apple sama-sama memperoleh aktivasi 36 persen di Amerika Serikat. Posisi ini diikuti LG di posisi ketiga dan Motorola pada urutan keempat.

 

Rekomendasi bacaan:
Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya
Talent Marketplace EKRUT, satu aplikasi untuk ratusan potensi
Sekarang Google Search bisa rekomendasikan event buat kamu

 

Sumber:
extremetech.com
kompas.com

Tags

Share