Published on

Careers

Area Regional Manager: Definisi, Tugas, Tanggung Jawab, Skill-set, dan Gaji [2022]

Alvina Vivian

H1_area_regional_manager.jpg

Beberapa perusahaan besar memiliki cabang di tiap kota atau daerah. Untuk menjamin kualitas pelayanan serta kinerja yang baik dari tiap karyawannya, tidak jarang terdapat seorang area regional manager yang mengelolanya. Profesi area regional manager adalah salah satu pekerjaan yang menarik untuk diulas lebih lengkap. Dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup penting, tidak ada salahnya kamu mencoba profesi satu ini. Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut!

Apa itu area regional manager?


Area regional manager adalah pengelola dan pengawas di daerah (sumber: pexels)

Area regional manager adalah profesi yang bertugas mengelola dan bertanggung jawab mengurus cabang perusahaan di sebuah daerah. Tiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing terhadap posisi area regional manager ini. Contohnya, terkait cakupan area yang dikelola, apakah terbatas pada satu kantor cabang saja atau mengelola beberapa perusahaan dalam satu daerah tertentu.

Profesi area regional manager sering juga disebut dengan area manager, regional manager, atau manager area. Umumnya, jabatan ini termasuk ke dalam level mid-management di susunan perusahaan. Untuk jenjang kariernya, seorang area regional manager bisa dipromosikan sebagai senior atau posisi dengan cakupan nasional.

Baca juga: Mengulik perbedaan Product Manager vs Project Manager

Kenapa area regional manager penting dalam perusahaan?


Peran area regional manager dalam mengembangkan bisnis di area yang lebih luas (sumber: pexels)

Sebuah perusahaan besar tentu akan mengelola banyak hal. Untuk meningkatkan nilai efektivitas, tentu cukup sulit bagi perusahaan untuk memperhatikan perusahaan cabang satu per satu, apalagi ketika sebuah perusahaan tersebut memiliki beberapa kantor dalam satu kota.

Dari sinilah kamu bisa memahami pentingnya peran seorang area regional manager dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya manager di daerah cabang, pengembangan dan pengelolaan kantor daerah akan lebih optimal serta efisien. Selain dari sisi pelayanan, adanya manager wilayah juga bisa membantu mengawasi kinerja karyawan secara lebih baik. Karenanya, manager regional inilah yang mengetahui kondisi lapangan dan kegiatan sehari-hari di kantor cabang tersebut.

Baca juga: Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Risk Manager Hingga Proyeksi Kariernya Tahun 2022

Tugas dan tanggung jawab area regional manager


Tugas dan tanggung jawab area regional manager sangatlah penting di perusahaan besar (sumber: pexels)

Setelah mengerti apa itu area regional manager dan peran pentingnya dalam sebuah perusahaan, kini kamu perlu mengenali tugas serta tanggung jawabnya di bawah ini.

1. Mengoptimalkan performa kantor area

Adanya seorang area regional manager diharapkan bisa meningkatkan penghasilan serta performa kantor di area cabang. Tidak jarang tiap perusahaan memiliki target masing-masing untuk tiap kantor area. Target ini bisa berupa pendapatan akhir atau matriks lainnya. Seorang area regional manager perlu memikirkan strategi yang tepat agar target tersebut tercapai.

Seperti yang diketahui bahwa tiap daerah memiliki kondisi yang berbeda-beda, misalnya dari kondisi target pasar yang ada di sekeliling area tersebut. Dari sinilah seorang area regional manager perlu menentukan taktik yang tepat dan sudah disesuaikan dengan target pasar di area tersebut. Contoh pemasaran yang memerlukan riset target pasar, yaitu penentuan promo, jenis pelayanan, dekorasi, dan lainnya.

2. Meningkatkan kinerja dan kualitas SDM di kantor area

Perusahaan yang baik tentu akan memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Salah satu tugas dan tanggung jawab area regional manager adalah memastikan bahwa tiap karyawan di dalam area tersebut memiliki kinerja yang baik dan pihak perusahaan telah memberikan yang terbaik pula pada karyawan tersebut.

Seorang area regional manager adalah koordinator yang paling dekat dengan kantor regional. Mereka lebih memahami kondisi lapangan dan keseharian karyawan yang bekerja pada perusahaan cabang. Karena itulah area regional manager cukup tepat untuk mengawasi kinerja karyawannya.

3. Memantau operasional perusahaan di area

Dalam tugasnya, area regional manager perlu memantau operasional serta kegiatan sehari-hari di kantor area tersebut. Setidaknya semua telah berjalan dengan baik serta sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, manager area juga akan menilai apakah ada yang perlu ditingkatkan baik di sisi SDM, fasilitas atau mengevaluasi strategi yang digunakan agar target tercapai.

4. Berdiskusi dan melaporkan progres kepada manajemen

Tiap bulan, seorang area regional manager perlu melaporkan kondisi dan rekap pendapatan kantor cabang kepada manajemen. Selain itu, manager area juga akan memberikan solusi serta strategi untuk memajukan kantor cabang agar tercapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian, dari sinilah pihak manager akan memberikan masukan dari strategi yang akan diupayakan.

Selain dari keempat poin di atas, berikut merupakan tugas dan tanggung jawab area regional manager yang perlu diperhatikan:

  • Melakukan kerjasama dengan perusahaan pendukung lain
  • Memotivasi tim agar semangat dan dapat optimal
  • Mengawasi keluar masuknya dana di kantor cabang
  • Membangun dan menjalankan standar perusahaan di kantor cabang

Baca juga: Jadi manager pertama kali?

Skill-set yang wajib dimiliki area regional manager


Latar pendidikan area regional manager tergantung dengan kategori perusahaan (sumber: pexels)

Tertarik menjadi area regional manager? Berikut beberapa kemampuan yang perlu kamu miliki.

  • Leadership
  • Jujur dan teliti
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Berinisiatif dan mampu berpikir kreatif
  • Mampu bekerja secara tim dan individu
  • Dapat membagi prioritas dengan baik dan benar
  • Beberapa perusahaan mempertimbangkan kandidat yang memiliki pengetahuan di ilmu finansial atau bisnis
  • Multitasking serta dapat menentukan solusi yang tepat

Baca juga: Stakeholder: Pengertian, jenis, dan perannya bagi perusahaan

Berapa gaji area regional manager?


Gaji seorang area regional manager cukup menjanjikan (sumber: pexels)

Pendapatan seorang area regional manager tentunya akan berbeda-beda di tiap perusahaan. Umumnya, nilai penghasilan yang didapatkan akan disesuaikan dengan tugas dan area yang dipegang. Namun, rata-rata besaran gaji area regional manager adalah Rp7.800.000 hingga Rp10.000.000. Angka tersebut juga bisa disesuaikan dengan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan.

Baca juga: Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai Marketing Manager

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu area regional manager hingga informasi gaji yang didapatkan di tahun ini. Jika kamu tertarik mendalami profesi satu ini, cobalah untuk mempersiapkan skill-set yang perlu dimiliki seorang area regional manager.

Jika kamu ingin menjadi yang pertama dalam mengetahui informasi lowongan kerja terbaru di perusahaan ternama di Indonesia, klik sign up di EKRUT sekarang juga. Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar karier dan pekerjaan di EKRUT Media serta di kanal YouTube Official EKRUT.

Sumber:

  • seek.au 
  • indeed.com
  • betterteam.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video