Careers

Artikel Adalah: Definisi, Tujuan, Ciri, Jenis-jenis, Struktur, dan 3 Contohnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

Artikel_Definisi__Tujuan__Ciri__Jenis-jenis__Struktur_dan_Contohnya.jpg

Artikel adalah salah satu jenis bacaan yang bisa ditemukan pada berbagai media seperti majalah, koran, dan media online. Setiap artikel yang diterbitkan memiliki tujuannya masing-masing sehingga artikel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dan memiliki ciri-ciri tersendiri. Yuk, cari tahu definisi, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan contoh artikel dalam penjelasan di bawah ini!

Definisi artikel


Artikel adalah karya tulis berdasarkan fakta dan opini yang dipublikasikan di media. (Sumber: Pexels)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap, misalnya dalam bentuk laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Lebih lengkapnya, pengertian artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan di media, baik itu media cetak maupun media online

Tujuan utama penulisan artikel adalah untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta dan dari gagasan tersebut diharapkan bisa mendidik, meyakinkan, atau menghibur pembaca. Tidak hanya gagasan, artikel juga bisa berupa opini yang digunakan untuk menanggapi suatu permasalahan sekaligus memberikan solusi. Namun, perlu dicatat bahwa penulisan artikel berupa opini tersebut harus berangkat dari data dan fakta yang akurat agar bisa diuji kebenarannya.

Baca juga: 10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Tujuan artikel


Tujuan pembuatan artikel adalah untuk menyampaikan gagasan penulis kepada pembaca. (Sumber: Pexels)

Artikel yang dibuat dan dipublikasikan tentunya memiliki tujuan yang ditujukan kepada pembaca atau si penulis itu sendiri.

Beberapa tujuan dari pembuatan dan publikasi artikel adalah sebagai berikut:

  • Artikel bertujuan untuk memunculkan topik atau masalah yang menarik perhatian.
  • Selain memunculkan topik, tujuan selanjutnya dari artikel adalah memberikan informasi tentang suatu topik tersebut.
  • Beberapa artikel juga bertujuan untuk menawarkan saran dan nasihat.
  • Tujuan lain dari artikel adalah mempengaruhi pembaca dan mendorong mereka untuk berpikir.
  • Membahas berbagai cerita, orang, lokasi, isu yang sedang naik daun, dan perkembangan teknis.
  • Artikel dibuat untuk menyampaikan gagasan penulis kepada pembaca atau masyarakat.
  • Artikel bertujuan untuk membagikan atau menyebarluaskan hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Bagi penulis, tujuan membuat artikel adalah untuk membantu berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa secara baik dan teratur sehingga meningkatkan kompetensi dalam menulis artikel.

Baca juga: 7 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

Ciri-ciri artikel


Ciri-ciri artikel adalah didasarkan pada fakta. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui definisi dan tujuan dari artikel, kamu juga perlu tahu bagaimana karakteristik atau ciri-ciri artikel.

Adapun ciri-ciri artikel adalah sebagai berikut:

  • Artikel secara umum dibuat padat, jelas, ringkas, dan tuntas.
  • Isi dari artikel adalah didasarkan pada fakta.
  • Sifat dari artikel adalah informatif dan faktual, yaitu mengungkapkan informasi berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Artikel berupa opini atau analisis harus didasari oleh fakta dan data yang valid.
  • Bahasa yang digunakan dalam artikel adalah bahasa bahasa baku atau resmi.
  • Kalimat yang digunakan dalam artikel adalah kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  • Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari artikel tersebut.

Baca juga: 6 Tips agar konten lebih disukai oleh pembaca

4 Jenis artikel


Jenis-jenis artikel adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. (Sumber: Pexels)

Secara umum, artikel dapat dibedakan menjadi lima jenis. Penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis artikel adalah sebagai berikut:

1. Artikel narasi

Jenis pertama dari artikel adalah artikel narasi. Artikel narasi adalah jenis artikel yang komunikatif dimana isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis atau dengan alur yang mengalir.

Isi artikel narasi lebih banyak berupa data dibanding analisis. Tujuan dari artikel adalah memberikan informasi mengenai suatu kejadian seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa yang diceritakan. Contoh artikel narasi antara lain biografi, autobiografi, dan kisah pengalaman.

2. Artikel deskripsi

Jenis kedua dari artikel adalah artikel deskripsi. Artikel deskripsi adalah karya tulis ilmiah yang menjelaskan tentang suatu problematika di masyarakat dengan memberikan penjelasan serta solusi yang bisa dilakukan. Sehingga pembuatan dalam penulisannya dikembangkan dengan berdasarkan pada rujukan atau referensi.

3. Artikel eksposisi

Jenis ketiga dari artikel adalah artikel eksposisi. Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi mengenai suatu topik agar menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Artikel argumentasi

Jenis keempat dari artikel adalah artikel argumentasi. Artikel argumentasi adalah suatu karangan yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/ fakta sebagai alasan. Di dalam artikel argumentasi biasanya terdapat unsur opini dan data, serta fakta sebagai pendukung opini.

5. Artikel persuasi

Jenis kelima dari artikel adalah artikel persuasi. Tujuan pembuatan artikel adalah untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh penulis. Artikel jenis ini biasanya digunakan untuk campaign, misalnya dalam bidang politik, pendidikan, iklan, atau propaganda.

Baca juga: 8 Tips dan cara membuat artikel yang baik dan benar bagi pemula

Struktur artikel


Struktur artikel adalah bagian pembuka, isi, dan penutup. (Sumber: Pexels)

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Penjelasan tentang struktur yang membentuk artikel adalah sebagai berikut:

1. Bagian pembuka

Bagian pembuka dalam artikel adalah tentang orientasi atau tahap pengenalan terhadap isi artikel yang akan dibahas.

2. Bagian isi

Bagian isi dalam artikel adalah berisi uraian penjelasan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.

3. Bagian penutup

Bagian penutup dalam artikel adalah sebuah simpulan yang berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan secara ringkas, padat dan jelas.

Baca juga: 7 Tips menjadi freelance writer dengan banyak proyek

3 Contoh artikel


Beberapa contoh artikel berdasarkan jenisnya. (Sumber: Pexels)

Agar kamu lebih mudah memahami perbedaan dari beberapa jenis artikel di atas, kamu dapat melihat contoh singkat dari artikel di bawah ini:

1. Contoh artikel deskripsi

Ikan merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Dari anak-anak hingga dewasa sangat disarankan untuk menambahkan ikan di dalam menu makanan. Akan tetapi, kandungan gizi ini bisa jadi tidak dapat didapatkan jika kita salah memilih ikan.

Ikan yang baik dapat dikenali dari beberapa cirinya. Mata ikan segar akan terlihat bening, cembung atau menonjol. Jika ikan masih segar, matanya akan terlihat seperti saat ikan tersebut masih hidup.

Insang ikan segar juga berwarna merah tua dan terang. Jika kita membaui bagian insang ini, maka akan berbau amis segar layaknya ikan segar. Jika ikan tersebut sudah tidak segar, maka akan sangat berbau busuk saat dicium.

Ciri lain ikan segar adalah ketika kita menekan dagingnya, maka akan terasa keras. Berbeda dengan ikan busuk yang akan sangat lunak dan mudah hancur. Memperhatikan kondisi ikan berarti memperhatikan asupan gizi yang akan dikonsumsi.

Contoh artikel eksposisi. (Sumber: ruangsekolah.net)

2. Contoh artikel eksposisi

Bukan tanpa sebab, sarapan pagi mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Menurut beberapa studi penelitian, sarapan dapat memberikan energi untuk kalian dalam memulai hari, untuk mengendalikan berat badan, dan guna meningkatkan kinerja serta konsentrasi.

Selain itu, sarapan bermanfaat untuk keterampilan kognitif otak yang dapat meningkatkan memori dalam menghasilkan konsentrasi tinggi.

Dengan begitu, banyaknya manfaat dari asupan sarapan, sebaiknya kalian jangan melewatkan sarapan di setiap harinya, ya!

Dengan kalian mau membiasakan diri untuk menyantap sarapan yang sehat pada setiap harinya, maka hari-hari kalian akan terasa lebih baik.

Ketika tubuh tidur, kalian akan kehilangan asupan di dalam tubuh selama waktu beberapa jam. Maka itu, tubuh memerlukan untuk diisi kembali dengan asupan makanan bergizi dan sehat.

Dapat kalian bayangkan, apabila kalian melewatkan sarapan pagi, maka perut kosong tersebut dapat terserang berbagai jenis penyakit.

Contoh artikel eksposisi. (Sumber: bola.com)

3. Contoh artikel persuasi

Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Banyak kalsium dan protein yang terkandung pada susu dan memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebaiknya susu dikonsumsi 2 gelas dalam sehari. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan salah satu produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

Contoh artikel persuasi. (Sumber: BSI Today)

Baca juga: 10 Panduan Penulisan Artikel Ilmiah dan Metode yang Digunakannya

Sekian penjelasan mengenai definisi hingga contoh-contoh artikel yang bisa membantu kamu memahami cara membuat artikel yang disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • BSI Today
  • ruangsekolah.net
  • bola.com
  • toppr.com
  • gurupendidikan.co.id
  • quipper.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video