Published on

Careers

7 tips menjadi freelance writer dengan banyak proyek

Nur Lella Junaedi

freelance-writer-EKRUT.jpg

Freelance writer menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang banyak dilakukan pada saat ini. Terutama oleh mereka yang memilih pekerjaan fleksibel dapat bekerja dari rumah atau berpindah-pindah tempat seperti digital nomad.

Tak usah khawatir memikirkan besaran pendapatannya, sebab bila kemampuan menulis dan bahasa Inggrismu bagus, kamu bisa berpeluang mendapatkan pendapatan dalam bentuk dollar dengan nilai yang fantastis bila dirupiahkan. Nah, bila kamu tertarik dengan profesi tersebut simak lebih lanjut cara menjadi freelance writer bagi pemula berikut ini.

Mengenal profesi freelance writer

freelance writer EKRUT 
Freelance writer mereka dibayar berdasarkan berapa banyak menghasilkan tulisan - EKRUT

Penulis lepas atau freelance writer adalah seseorang yang menawarkan jasa menulis secara mandiri atau independen kepada lebih dari satu klien dan dibayar per tugas menulisnya. Jenis freelance writer ini bermacam-macam tergantung konten yang mereka tulis dan dikembangkan. Berikut jenis freelance writer yang perlu kamu tahu, 

  • Technical writer adalah penulis yang terbiasa menulis konten manual book untuk penggunaan perangkat keras, software hingga produk elektronik. Dalam genre tulisan tersebut, mereka biasanya akan banyak menjelaskan tentang deskripsi produk, prosedur penggunaan dan istilah-istilah awam yang terdapat dalam perangkat yang digunakan. 
     
  • Ghostwriter adalah orang yang menulis untuk orang lain dan tidak diketahui, di mana orang lain akan mendapatkan kredit atas karya tulisan tersebut. Ghostwriter ini biasanya mengerjakan konten artikel, blog, dan buku. Terkadang beberapa artis atau tokoh terkenal banyak yang menyewa jasa ghostwriter untuk menuliskan autobiografi mereka. 
     
  • Web content writer merupakan jenis freelance writer ketiga yang perlu kamu tahu. Biasanya mereka menulis konten untuk web perusahaan, blog, hingga media sosial. Tujuan perusahaan mempekerjakan seorang content writer adalah untuk mengarahkan lalu lintas menuju ke situs agar mengalami peningkatan traffic atau supaya user tertarik membeli produk di situs tersebut. 

Selain dapat menulis, skill lain yang dibutuhkan dari content writer adalah pengetahuan seputar SEO atau Search Engine Optimization. Kamu pun dapat mendalami skill content writer ini melalui ulasan berikut

  • Copywriter. Mungkin bagi sebagian penulis digital istilah copywriter ini sudah tidak asing lagi. Mereka kebanyakan akan mengerjakan konten komersial seperti iklan yang nantinya akan dipasang di situs atau kanal-kanal media sosial. Tulisan yang dibuat oleh copywriter harus bernada persuasif sehingga membuat pengguna merasa diarahkan untuk melakukan pembelian produk. Beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi copywriter yakni kreatif, memiliki jiwa penasaran, serta mengerti tentang user experience
     
  • Business writer. Ini adalah salah satu jenis freelance writer yang bertugas untuk  menulis tentang pamflet, proposal bisnis, artikel, report, hingga white papers.
     
  • Wartawan lepas umumnya diperlukan oleh perusahaan media untuk tetap bisa mendapatkan informasi dari daerah. Keterbatasan SDM membuat sulitnya informasi didapatkan oleh media di pusat. Oleh karena itu, diperlukan wartawan lepas atau kontributor untuk membantu proses pemberitaan 

Baca juga: Cara menjadi Technical Writer yang andal

Skill-set menjadi freelance writer

freelance writer EKRUT 
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh freelance writer yakni kemampuan mengedit - EKRUT

Adapun keterampilan esensial yang sebaiknya dimiliki oleh pelaku freelance writer yakni: 

  • Mengedit. Meski kemampuan menulis menjadi yang utama akan tetapi skill mengedit tulisan juga sangat diperlukan. Penulis lepas yang sukses dapat menulis dan menyunting tulisannya dengan baik sehingga bisa meningkatkan keterampilan yang mereka miliki.
  • SEO Writing.  Freelance writer diharapkan memiliki kemampuan menulis artikel yang ramah dari sisi SEO. Praktek SEO biasanya berbicara seputar penulisan artikel disertai keyword tertentu, pengoptimalan artikel melalui proses update hingga memasukkan backlink, internal link dan sebagainya. Kamu dapat belajar cara menulis artikel SEO melalui tautan ini.
  • Pemasaran digital, mencakup keahlian tentang pemasaran melalui media sosial, pay per click marketing, AdWords hingga iklan bergambar. 
  • Manajemen waktu jadi salah satu soft skill yang diperlukan bagi freelance writer, terutama bila mereka memiliki lebih dari satu klien atau ketika menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan. Tentu kamu harus pintar mengelola waktu agar pekerjaan utama dan freelance tetap bisa berjalan dengan baik

Baca juga:12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Peluang karier freelance writer 2021

Peluang karier freelance writer
Era digital menciptakan peluang yang menjanjikan bagi karier freelance writer - Pexels

Freelance writer adalah salah satu pilihan karier paling populer saat ini, bahkan memiliki peluang yang lebih besar di tahun 2021 hingga tahun-tahun berikutnya. Hal itu didukung oleh kebutuhan brand dalam bidang penulisan konten dan pemasaran agar mereka dapat menyampaikan nilai, visi, dan misi perusahaan kepada audiens. Perusahaan menggunakan tulisan serta konten yang berkualitas sebagai media untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan prospek, serta mengubahnya menjadi penjualan.

Untuk tetap relevan di industri ini, freelance writer harus terus membaca dan memperbarui keterampilan. Analisis kelebihan dan kekuranganmu, mulailah menulis, kumpulkan portfolio, dan sebarkan di platform digital yang relevan.

7 Tips menjadi freelance writer dengan banyak proyek

freelance writer EKRUT
Untuk dapat menjadi freelance writer ada baiknya kamu mempersiapkan portfolio sebelum melamar pekerjaan di bidang ini - EKRUT

Bila kamu makin yakin ingin menjadi freelance writer, berikut di bawah ini ada beberapa cara menjadi freelance writer yang bisa kamu coba:

1. Menyiapkan portofolio tulisan

Mayoritas perusahaan akan merekrut freelance writer berdasarkan pengalaman yang mereka miliki atau bakat yang mereka punya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan portfolio tulisan terbaikmu agar mereka bisa melihat contoh tulisan yang sudah pernah kamu kerjakan sebelumnya.

2. Menguasai tata bahasa

Cara menjadi freelance writer selanjutnya adalah dengan mempelajari kebiasaan menulis dengan tata bahasa yang baik dan benar, peletakan tanda baca, hingga mengasah keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga diharapkan fasih dalam menggunakan beberapa tools penulisan seperti Grammarly untuk menyunting tulisan, Canva untuk mengedit gambar dan tipografi, Google Docs untuk menulis dokumen di Google, dan sebagainya

3. Mulai menulis blog

Jika kamu memiliki keahlian lain, seperti memasak, mendidik anak, atau merias diri, kamu bisa memulai menjadi seorang blogger dalam bidang tersebut. Mengurus blogmu sendiri bisa menjadi media kreatif untuk mengasah keterampilan menulis, membentuk gaya menulis, dan menjadi penulis yang lebih baik. Hal ini juga dapat membantu menunjukkan eksistensimu secara online dan mengoptimalkan kesempatanmu untuk muncul di situs pencari sehingga calon klien dapat menemukan profilmu dengan mudah.

4. Memperkuat manajemen waktu

Pekerjaan menulis memiliki batas waktu masing-masing menyesuaikan dengan permintaan klien. Mereka bisa saja memberi waktu satu bulan untuk menulis artikel pendek. Namun, klien yang lain hanya memberi waktu tiga hari untuk menyelesaikan artikel dengan 2.000 kata. Oleh karena itu, sebagai seorang freelance writer, kamu harus mempunyai manajemen waktu yang baik. Kamu bisa memperkirakan beban pekerjaan yang dapat kamu terima dan yang harus kamu tolak agar semua tanggung jawab dapat diselesaikan tepat waktu.

5. Memiliki spesialisasi tertentu

Saat memulai pekerjaan menulis, pengetahuan yang kamu miliki masih sangat umum. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan dapat memahami topik tulisan mana yang paling disukai dan dikuasai. Misalnya, kamu lebih tertarik menulis hal-hal yang berkaitan dengan otomotif atau kuliner. Ketika kamu memiliki spesialisasi dalam genre tertentu, hal itu akan menjadi nilai tambah yang berharga karena kamu mampu menyajikan saran terbaik bagi pembaca.

6. Memperluas koneksi dan jejaring  

Koneksi dan jejaring akan memudahkan pekerjaanmu sebagai seorang freelance writer. Jika kamu dapat terhubung dengan agensi, perusahaan, atau komunitas penulis, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan keahlianmu serta meningkatkan peluang untuk terlibat dalam berbagai proyek atau pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan bagaimana cara memasarkan dan memproyeksikan dirimu di berbagai portal pekerjaan, terutama di platform seperti LinkedIn.

7. Melamar pekerjaan freelance writer

Setelah kamu merasa siap untuk menjadi penulis lepas kamu dapat mencari lowongan kerja melalui berbagai situs freelance lokal ataupun internasional yang tersedia seperti Project.co.id, Sribulancer, Upworks, Fiverr dan lain-lain.

Baca juga: 5 Tips untuk memastikan karyawan freelance tetap produktif

Selain mempraktikkan ketujuh tips di atas, seorang freelance writer juga membutuhkan pengalaman. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu terus menggali potensimu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk kamu yang tertarik mendalami dunia copywriting, simak video di bawah ini, ya. Semangat terus belajar untuk mempelajari semuanya! 

freelance writer EKRUT
Last update: 4 September 2021

Sumber: 

  • elnacain.com
  • crowdsource.com
  • writersedit.com
  • skillyouneed.com
  • iimskills.com
  • masterclass.com

Tags

Share