Published on

Expert's Corner

Air Traffic Controller (ATC): Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab, hingga Kisaran Gajinya 2022

Farah Reginda

H1_Air_Traffic_Controller_(ATC)_Pengertian__Tugas__Tanggung_Jawab__hingga_Kisaran_Gajinya_2022_(1).jpg

Apakah kamu pernah menonton film action yang latar tempatnya di pesawat? Kalau kamu menyadarinya, si pilot atau survivor-nya kerap berkabar dengan orang lain melalui headphone. Orang lain ini akhirnya dilihatkan berada di ruangan lain. Penasaran dengan siapa mereka? Cari tahu tentang mereka—si air traffic controller—lebih jauh, yuk!

Apa itu ATC?


Di atas langit, pilot bergantung pada ATC untuk memandu perjalannya. (Sumber: Propilotgear.com)

Sempat kepikiran bagaimana perjalanan udara bisa mulus dan tidak tersesat? Ketika menerbangkan pesawat, pilot akan selalu punya teman bernama air traffic controller atau ATC. Sederhananya, mereka adalah pemandu lalu lintas udara, mulai dari memberi clearance untuk take off sampai menunjukkan rute perjalanan udara yang harus dipatuhi.

Pesawat yang diarahkan oleh ATC tidak terbatas pesawat terbang komersial saja, tetapi juga helikopter dan sejenisnya. Panduan dari mereka sangat krusial dalam menjaga lalu lintas udara yang lancar dan tanpa kecelakaan. Selain melalui sinyal radio dan satelit untuk berkomunikasi, ATC juga mengawasi navigasi pesawat melalui radarnya.

Pusat ATC bekerja adalah di ruang kontrol radar yang ada di menara bandara. Kamu dapat dengan mudah mengetahuinya melalui pemasangan kaca pelindung bangunannya yang miring. Dari sanalah mereka berbagi informasi apapun terkait penerbangan kepada pilot, seperti update cuaca, pindah rute perjalanan, dan sebagainya.

Profesi ATC sangat menantang karena lingkungan bekerja dan tanggung jawabnya yang besar. Meskipun dengan segala bantuan teknologi canggih, seorang ATC tetap bekerja setengah buta karena jauh dari pesawat. Pekerjaan ini dilakukan dengan sistem shift karena ATC perlu ada 24 jam. Menurut International Civil Aviation Organisation (ICAO), jam kerja ATC berkisar 32-40 jam per minggunya.

Selain itu, tingkat stres pekerjaan ini juga tinggi karena banyaknya pesawat yang perlu diperhatikan dan situasi-situasi tertentu yang membuat ATC harus mengambil keputusan yang tepat. Kerja sama antara pilot dan ATC tidak terbatas dari kesamaan kebangsaan karena ATC tempat asal yang akan mengantar pilot untuk terbang dan ATC tempat tujuan juga yang membimbing dan menyambut mereka ketika sampai dengan selamat.

Baca juga: Profesi ini ga libur waktu Lebaran, Anda juga?

Tugas ATC


ATC berkomunikasi dengan pilot melalui radio, satelit, dan radar. (Sumber: Stocksnap)

Secara umum, tugas seorang ATC telah disebutkan di atas, yaitu mengatur lalu lintas udara, memberi informasi penting terkait penerbangan pada pilot, mengawasi laju penerbangan, memberi izin untuk lepas landas, dan seterusnya. Tidak hanya di sekitar area bandara, ATC juga bertugas ketika pesawat telah mengudara.

ATC lah yang menerima pesawat yang mendekati bandaranya dan memberikan clearance untuk landing. Mereka juga perlu menangani serah terima kontrol pesawat yang sudah take off ke ATC bandara tujuan. Dalam situasi darurat, ATC harus menjaga komunikasi dengan pilot untuk memberikan solusi penerbangannya dan melaporkan pada pihak bandara.

Mengikuti detail tugas ini, tipe dan peran ATC dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Approach controller: Mayoritas berbasis di bandara daripada pusat kontrol. Tugasnya adalah menerima pesawat yang mendekati bandara dan memberikan izin untuk mendarat, termasuk mengatur antrean dan tempat pesawat yang hendak “parkir”. Mereka juga dapat mendampingi pesawat yang telah berangkat dan masih dalam fase awal penerbangan.
  • Aerodrome controller: Dikenal juga sebagai tower controller. Karena posisinya di menara, mereka dapat melihat keseluruhan lapangan terbang. Tugasnya adalah mengatur lajur pesawat, baik untuk berangkat maupun parkir serta keberangkatan dan kedatangan.
  • Area controller: Berbasis di pusat kontrol penerbangan yang menangani pesawat dengan ketinggian lebih dari 5.000 kaki di atas udara. Lebih lanjut, mereka yang mengawasi posisi, level ketinggian, dan kecepatan pesawat agar lalu lintas udara absen kecelakaan.

Maka dari itu, seorang ATC harus menjadi pribadi yang teliti dan komunikatif. Sebuah eror benar-benar tidak boleh terjadi karena risikonya yang terlalu tinggi. Mereka harus bisa mencarikan jalan keluar dan informasi yang tepat agar perjalanan pilot, awak pesawat, dan penumpangnya berjalan lancar.

Baca juga: Mobil Golf dengan IoT Bandara Internasional Soekarno Hatta

Tanggung jawab ATC


ATC bertanggung jawab atas kelancaran perjalanan terbang. (Sumber: Unsplash)

Melalui tugasnya, kamu jadi tahu betapa besarnya tanggung jawab yang dipikul seorang ATC. Pilot memang bertanggung jawab penuh atas penerbangan yang dilalui, tetapi ATC sebagai “penerang jalan” pilot sangat berpengaruh terhadapnya juga. Ada beberapa tanggung jawab seorang ATC sebagai berikut:

  • Memastikan pergerakan pesawat sesuai arahan
  • Menjamin kemulusan take off dan landing dengan membimbing pilot
  • Menjaga radio dan radar tetap tersambung dengan pesawat dan pilot
  • Mengatur arus pergerakan pesawat, baik di darat maupun di udara
  • Mengarahkan pilot untuk berganti rute apabila diperlukan
  • Memberikan informasi dan solusi penerbangan yang tepat dan terbaru pada pilot
  • Bergerak tanggap saat situasi darurat dan tidak diprediksi, seperti potensi kecelakaan dan penerbangan tidak terdaftar

Baca juga: Apakah teknologi kripto bisa bereskan masalah penerbangan?

Kisaran gaji ATC di tahun 2022


Gaji yang diterima ATC sepadan dengan beban kerjanya. (Sumber: Unsplash)

Beban tugas seorang ATC termasuk cukup sepadan dengan upah yang diberikan. Namun, sebelum membahasnya, kamu perlu tahu langkah yang harus dilalui untuk meniti karier di bidang ini. Tidak ada awalan lain selain bersekolah dan mendapatkan sertifikasi dahulu untuk menjadi ATC. Di Indonesia, kamu dapat belajar di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Tangerang dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Medan, Makassar, dan Surabaya.

Pendidikan ini sama saja seperti pendidikan tinggi lanjutan setelah SMA. Penting untuk kamu perhatikan bahwa skill bahasa Inggris juga harus kamu asah. Hal ini karena mayoritas bahasa yang kamu gunakan untuk berkomunikasi sebagai ATC adalah bahasa Inggris. Setelah itu, kamu perlu melakukan tes lanjutan untuk menyatakan bahwa kamu seorang qualified ATC. Kamu juga harus melewati berbagai pelatihan dan mendapat pengalaman yang tentunya akan berguna saat bekerja real-time nanti.

Besaran gaji yang diterima berdasarkan konsiderasi Indonesian Air Traffic Controller Association (IATCA) dengan direksi AirNav Indonesia. Kisaran gaji ATC pemula atau fresh graduate mencapai 15 juta rupiah. Semakin tinggi jam terbang dan keahlianmu, maka gaji yang akan didapatkan bisa mencapai 45 juta rupiah per bulannya! Tentunya, jumlah ini sepadan dengan tanggung jawab yang dipikul, yaitu keselamatan seluruh jiwa saat pesawat terbang.

Baca juga: Tertarik Jadi Marshaller? Berikut Gaji Si Juru Parkir Pesawat Terbaru Tahun 2022!

Dunia aviasi akan selalu seru dan menantang. Tidak hanya menjadi pilot ataupun pramugari, ATC bisa menjadi alternatif kariermu. Jika kamu serius ingin bekerja sebagai ATC, banyak persiapan yang harus dilalui dan kamu harus menginternalisasi tanggung jawabnya dengan baik.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • natca.org
  • in.indeed.com
  • spartan.edu
  • prospects.ac.uk
  • lifepal.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read
    H1.JPG

    Careers

    Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

    Careers

    Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    20 September 2022
    6 min read

    Video