Careers

Mengenal Bachelor Degree dan Bedanya dengan Gelar Sarjana di Indonesia

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_Mengenal_Bachelor_Degree_dan_Bedanya_dengan_Gelar_Sarjana_di_Indonesia.jpg

Kamu pasti tidak asing dengan istilah bachelor degree? Gelar ini didapatkan oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di universitas luar negeri atau universitas asal Indonesia yang memiliki program kerja sama dengan luar negeri. Bila di negara Indonesia, gelar bachelor degree ini setara dengan gelar sarjana. Kamu perlu menempuh pendidikan selama empat tahun untuk mendapatkan gelar bachelor degree.

Baca juga:  4 Contoh Surat Cuti Kuliah dengan Berbagai Alasan beserta Cara Pembuatannya

Apa itu bachelor degree?


Bachelor degree adalah sebuah gelar yang setara dengan sarjana. Sumber: Pexels.

Bachelor degree adalah sebuah gelar yang didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi tingkat S1. Orang-orang yang mendapatkan gelar ini, sebelumnya telah mempelajari dan menyelesaikan mata pelajaran pilihan mereka di sebuah perguruan tinggi. Mendapatkan gelar bachelor degree dapat menjadi salah satu pembuka akses peluang pekerjaan untuk meningkatkan potensi penghasilan kamu.

Untuk mendapatkan gelar ini, waktu yang dibutuhkan untuk belajar di perguruan tinggi umumnya sekitar empat tahun atau sekitar 120 kredit. Program studi yang ditawarkan pun beragam. Misalnya, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Manajemen, dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih program studi dan jurusan sesuai dengan minat kamu.

Baca juga: 6 Kampus dengan jurusan Bisnis Digital terbaik di Indonesia

Perbedaan bachelor degree dengan undergraduate, graduate, dan postgraduate


Perbedaan bachelor degree, undergraduate, graduate dan postgraduate. Sumber: Pexels.

Apakah kamu pernah mendengar bachelor degree, undergraduate, graduate, dan postgraduate? Istilah-istilah tersebut ternyata sebutan untuk gelar yang didapatkan di luar negeri. Seperti yang telah diulas sebelumnya, bachelor degree adalah gelar yang didapatkan jika kamu menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana. Bachelor degree tentu berbeda dengan undergraduate, graduate, dan postgraduate.

Bila di Indonesia, undergraduate setingkat dengan diploma. Gelar untuk mahasiswa undergraduate pun berbeda, yakni gelar Certificate dan gelar Associate Degree. Gelar certificate didapatkan oleh mahasiswa yang telah menempuh pendidikan selama satu tahun. Sedangkan gelar associate degree didapatkan mahasiswa yang menyelesaikan studi selama dua tahun.

Selain undergraduate, ada pula yang disebut dengan graduate. Graduate dapat dikatakan setara dengan pendidikan S2 atau Magister. Sama seperti di Indonesia, untuk mendapatkan gelar ini kamu perlu menyelesaikan pendidikan selama dua tahun. Program graduate biasanya dipilih mahasiswa yang telah menyelesaikan studi S1.

Yang terakhir adalah postgraduate. Postgraduate adalah tingkat pendidikan yang setara dengan S3. Bila menyelesaikan program ini, nantinya kamu akan mendapatkan gelar Ph.D. Masa studi dalam jenjang ini umumnya berdurasi tiga tahun.

Baca juga: Kuliah S2 Meningkatkan Karier? Kenali 7 Jurusan Menjanjikan!

3 Tipe bachelor degree


Tiga tipe bachelor degree. Sumber: Pexels.

Umumnya, gelar bachelor degree dibagi menjadi tiga tipe. Berikut penjelasan mengenai tiga tipe gelar bachelor degree yang perlu kamu ketahui.

1. Bachelor of Arts atau BA Degree

Bachelor of Arts atau BA Degree biasanya dianggap sebagai gelar yang lebih umum dibandingkan beberapa gelar lainnya. Biasanya gelar ini didapatkan oleh mahasiswa yang program studinya termasuk golongan umum. BA degree diberikan bagi kamu yang lulus dari program studi Bahasa Inggris, Seni, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Sosial.

2. Bachelor of Science atau BS Degree

Berbeda dengan gelar Bachelor of Arts, gelar Bachelor of Science cenderung diberikan kepada mahasiswa yang menyelesaikan program studi yang lebih khusus. BS degree akan diberikan kepada mahasiswa dengan program studi yang berkaitan dengan logika dan juga keterampilan kuantitatif. Seperti program studi Bisnis, Ekonomi, dan Biologi. Bagi kamu yang mengambil program studi tersebut, kamu akan mendapatkan gelar Bachelor of Science.

3. Bachelor of Fine Arts atau BFA Degree

Tipe gelar bachelor degree yang terakhir adalah Bachelor of Fine Arts. Bachelor of Fine Arts adalah gelar yang diberikan kepada kamu yang lulus dari program studi Seni. Baik Seni Rupa, Visual, atau Seni Pertunjukan. Gelar ini akan diterima oleh mahasiswa dengan jurusan yang berkaitan dengan penulisan kreatif, teater, menggambar, atau desain grafis.

Baca juga: 4 Contoh Surat Permohonan Magang yang Profesional untuk Perusahaan

Demikian informasi mengenai gelar bachelor degree. Semoga informasi diatas dapat berguna bagi kamu yang sedang mencari tahu informasi seputar gelar bachelor degree.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • coursera.org
  • collegerank.net
  • geteducated.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video