Published on

Technology

5 Cara Mudah Membuat Chatbot WhatsApp Gratis 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Chatbot.jpg

Apakah kamu pernah mendapatkan chatbot di platform WhatsApp? Kalau kamu tidak pernah, lantas tahukah kamu apa itu chatbot? Nah, agar tidak penasaran dengan apa itu chatbot beserta manfaat dan cara membuatnya, lebih baik kamu simak ulasannya berikut ini.

Apa itu chatbot WhatsApp?


Chatbot WA umum digunakan untuk memudahkan promosi bisnis dan transaksi (Sumber: Pexels)

Chatbot WhatsApp (WA) merupakan perangkat lunak otomatis yang didukung oleh aturan dan kecerdasan buatan serta dijalankan oleh platform WhatsApp. Pengguna aplikasi WA dapat berkomunikasi dengan chatbot melalui tampilan obrolan antarmuka seperti tengah berbicara dengan orang seperti umumnya. Namun, serangkaian balasan pesan yang ada merupakan simulasi otomatis dari chatbot.

Secara khusus, chatbot WA adalah program perangkat lunak yang berjalan dalam platform WA secara terenkripsi. Pengguna WA akan dapat berkomunikasi dengan chatbot sebagai ganti dari individu riil atau pengguna riil.

Chatbot WA dapat diartikan pula sebagai bantuan kecerdasan buatan berbentuk robot virtual yang dapat melakukan respons terhadap pengguna WA.

Baca juga: 7 Aplikasi Alternatif WhatsApp yang Patut Kamu Pertimbangkan

Manfaat chatbot WhatsApp


Chatbot WA merupakan fitur respons pesan otomatis untuk bisnis via aplikasi WhatsApp (Sumber: Pexels)

Secara umum, chatbot WA dapat mempermudah komunikasi antara pengguna atau pelanggan dengan perusahaan atau bisnis tertentu. Dengan adanya chatbot WA ini, sebuah bisnis dapat menjalankan praktik customer service secara otomatis menggunakan robot virtual untuk melayani keluhan pelanggan atau melakukan percakapan tertentu.

Bagi pebisnis atau pengusaha, keberadaan chatbot WA bisa mendukung usaha mereka dan memungkinkan adanya komunikasi dua arah atau percakapan dengan pelanggan secara otomatis. Pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi seperti status transaksi, pembelian, katalog, dan berbagai hal lain terkait bisnis.

Baca juga: Simak! Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online 2022

5 cara membuat chatbot WhatsApp


Chatbot WA dapat dibuat lewat WhatsApp Business (Sumber: Pexels)

Sebelum kamu membuat chatbot WA, kamu perlu terlebih dahulu mengenal apa itu WhatsApp API atau (application programming interface). WhatsApp API merupakan sebuah alat atau program penghubung antar aplikasi yang menghadirkan tampilan antarmuka yang memungkinkan pelaku bisnis menerima dan menjawab pesan WA dari pelanggan tanpa ada batasan tertentu.

WhatsApp API secara umum dapat digunakan untuk satu nomor dengan banyak admin. Selain itu, program ini juga memungkinkan pemilik bisnis untuk melakukan sinkronisasi chat secara otomatis dan menyimpan nomor serta nama secara otomatis pula.

Adapun 5 cara yang dapat dilakukan untuk membuat chatbot WA ini adalah sebagai berikut.

1. Akses situs WhatsApp API

Langkah pertama untuk membuat chatbot WA adalah mengakses situs WhatsApp API lewat tautan berikut. Setelah itu, kamu perlu mengisi beberapa form identitas dan pastikan bisnismu masuk dalam kategori legal yang diterima oleh WhatsApp. Kamu bisa mengecek data komersial WhatsApp lewat tautan berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Membuat link WA (WhatsApp) Manual dan Otomatis

2. Menentukan tipe profil WhatsApp Business

Sebelum membuat chatbot, pemilik bisnis juga perlu menentukan bagaimana tipe profil WA bisnis yang diinginkan. Pertama, ada tipe akun bisnis ofisial atau resmi, dan yang kedua hanya berupa akun bisnis biasa. Akun dengan tipe bisnis ofisial akan mendapatkan tanda centang hijau atau badge di samping nama profil.

3. Unduh aplikasi WhatsApp Business

Selanjutnya, pemilik bisnis bisa mengunduh WhatsApp Business untuk dapat membangun bisnisnya secara virtual lewat WA. Pemilik bisnis bisa membuat chatbot dengan terlebih dahulu mengunduh WA Business lewat tautan berikut ini.

Bagi pengguna Android, kamu bisa mengunduh aplikasi ini lewat tautan berikut ini. Sedangkan untuk pengguna iPhone, kamu mengunduh WhatsApp Business lewat tautan berikut ini.

Baca juga: 2 Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Save Nomor dengan Mudah

4. Mulai proses pendaftaran dan verifikasi

Setelahnya, pemilik bisnis perlu mendaftarkan WhatsApp API lewat WhatsApp Business Solution Provider. Setelah itu, pemilik bisnis hanya perlu menunggu akses disetujui.

Selain lewat proses verifikasi di atas, pemilik bisnis juga perlu melakukan integrasi dengan Facebook Business Manager yang terkait dengan sebuah akun bisnis. Proses ini dapat dilakukan lewat tautan berikut ini. Pemilik bisnis perlu menyiapkan nama perusahaan, alamat URL situs, domain surel, SIUP/NIB/NPWP bisnis.

5. Masukkan respons otomatis atau percakapan

Setelah mengisi formulir, pemilik bisnis bisa mulai mengisi katalog Whatsapp Business dengan aneka produk mereka. Setelah itu, pemilik hanya perlu memasukkan beberapa respons terkait transaksi atau proses jual beli.

Contoh penggunaan respons otomatis ini dapat dilihat dari situs Whatsapp Business. Setelah itu, pemilik bisnis sudah bisa mulai menggunakan fitur chatbot secara otomatis dengan respons-respons umum yang telah dimasukkan dalam program.

Baca juga: WhatsApp Payment Resmi Diluncurkan, Begini Cara Pakainya

Selain menggunakan fitur Whatsapp Business, pemilik bisnis juga bisa membuat chatbot lewat aplikasi pihak ketiga yang mudah diunduh di Google Play Store atau Apps Store. Beberapa situs juga menyediakan layanan serupa untuk pembuatan chatbot otomatis untuk bisnis di WhatsApp.

Nah, itulah tadi cara membuat chatbot WA dengan mudah yang bisa kamu terapkan pada bisnis kecil milikmu. Kamu bisa mulai menjual produk dan menyiapkan chatbot untuk usahamu lewat WhatsApp dengan mudah.

Sembari mengembangkan usahamu dengan chatbot WA, kamu juga bisa meniti kariermu lewat berbagai profesi impian yang kamu punya. EKRUT menyediakan berbagai informasi mengenai karier dan prospek karier terbaik yang sesuai dengan kualifikasimu. Kamu hanya perlu mendaftar lewat EKRUT lewat tautan di bawah ini dan siapkan CV terbaikmu untuk menyambut karier yang terbuka di hadapanmu.

Sumber:

  • botscrew.com
  • blog.yellow.ai
  • qontak.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read

    Video