Published on

Technology

2 Cara kirim pesan WhatsApp tanpa save nomor dengan mudah

Anisa Sekarningrum

H1_1._2_Cara_kirim_pesan_WhatsApp_tanpa_save_nomor_dengan_mudah.jpg

Pernahkah kamu sedang terburu-buru untuk menghubungi seseorang via WhatsApp, namun kamu belum menyimpan kontak orang tersebut di handphone kamu? Jangan khawatir, simak cara wa tanpa save nomor berikut ini.

Pentingnya mengetahui cara kirim pesan WhatsApp tanpa save nomor


Indonesia merupakan salah satu negara pengguna WhatsApp yaitu sebanyak 68,8 juta pengguna - Pexels

WhatsApp merupakan aplikasi pengirim pesan dengan pengguna aktif sebanyak 2 miliar di seluruh dunia, dengan 68,8 juta pengguna berasal dari Indonesia. Banyaknya pengguna ini membuat berbagai kelompok usia menggunakan aplikasi ini untuk bertukar pesan. WhatsApp banyak digunakan untuk berkirim pesan dengan keluarga, teman, sampai berkomunikasi dengan penjual produk bahkan pengantar paket.

Kebutuhannya yang sangat umum ini membuat banyaknya kesempatan di mana kamu ingin berkirim pesan via WhatsApp dengan cepat. Sementara WhatsApp memiliki ketentuan jika kamu ingin mengirim pesan, nomor ponsel tujuan harus tercatat di dalam kontak ponselmu. Hal tersebut terkadang merepotkan, terutama jika kamu sedang terburu-buru ingin mengirim pesan tapi kamu tidak sempat menyimpan nomor tujuan. Ternyata ada lho, cara wa tanpa save nomor yang dapat memudahkan pengguna.

Baca juga: 6 Poin penting kebijakan privasi WhatsApp yang baru

2 Cara kirim pesan WhatsApp tanpa save nomor


Ada dua cara wa tanpa save nomor untuk mempermudah pengguna - Pexels

Ada berbagai cara wa tanpa save nomor, contohnya seperti mengakses situs yang dapat menghubungkan kamu langsung ke tautan api WhatsApp untuk kemudian disambungkan langsung ke aplikasi WhatsApp. Cara wa tanpa save nomor ini dapat digunakan pengguna Android dan iOS. Fitur ini sekarang banyak juga digunakan oleh penyedia layanan atau penjualan produk, agar pelanggan lebih mudah menghubungi mereka.

Contohnya seperti menaruh tautan web dari nomor WhatsApp di profil Instagram agar bisa langsung diklik oleh pelanggan. Penjual bahkan dapat membuat barcode yang berisi tautan web, agar pelanggan tidak perlu repot memasukkan nomor dan dapat langsung memindai barcode untuk dihubungkan ke halaman chat WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp kenakan biaya berlangganan Rp14.000 per tahun

1. Tanpa menggunakan aplikasi

Cara wa tanpa save nomor yang pertama adalah tanpa menggunakan aplikasi, yaitu dengan masuk situs web. Berikut beberapa cara wa tanpa save nomor.

  • Fitur click to chat

Fitur ini adalah cara wa tanpa save nomor yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memiliki nomor dari orang yang ingin kamu kirimkan pesan tersebut. Cara wa tanpa save nomor ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi browser pada ponsel yang kamu gunakan. 
  2. Kemudian ketik situs web berikut ini wa.me/
  3. Masukkan nomor ponsel setelah garis miring. Jangan lupa untuk mengganti 0 dengan kode negara. Contohnya untuk Indonesia, gunakan +62. Mohon perhatikan hal ini karena jika kamu menggunakan 0 bukan kode negara, akan terjadi eror.
  4. Contoh format cara wa tanpa save nomor tersebut adalah wa.me/+6281234567890.
  5. Setelah memasukkan format tersebut, klik enter dan kamu akan dibawa ke halaman api.whatsapp.com.
  6. Akan muncul keterangan untuk Chat on WhatsApp dengan nomor tujuan (pada contoh ini yaitu +6281234567890). Kamu dapat memilih Continue to Chat atau pilih Open setelah membaca pertanyaan berikut Open this page in “WhatsApp”? Selanjutnya kamu akan dibawa masuk ke aplikasi WhatsApp secara otomatis dan kamu bisa memulai percakapan dengan nomor tujuan tersebut.

Baca juga: 5 Cara membuat link WA (WhatsApp) manual dan otomatis

  • Kontak dalam grup WhatsApp

Ada beberapa situasi di mana kamu tidak harus menyimpan nomor untuk mengirim pesan, misalnya ketika kamu tergabung dalam grup WhatsApp. Kamu dapat mengirim pesan tanpa save nomor kepada salah satu anggota yang tercatat di dalam grup yang sama denganmu.

Caranya adalah dengan klik Group Info di bagian paling atas. Kemudian cari nomor anggota yang ingin kamu hubungi di bagian Participants. Setelah itu, klik nomor atau profil orang tersebut lalu klik ikon chat di sebelah nomor pengguna di bagian paling atas dan kamu bisa langsung berkirim pesan dengan orang tersebut.

  • Melalui situs kirim WA.id

KirimWA.id adalah cara wa tanpa save nomor berbasis web yang dapat diakses secara gratis. Kamu dapat mengakses tautan web ini melalui iOS, Android dan komputer. Kamu dapat mengunjungi alamat web melalui browser Google Chrome atau Safari. Ada dua fitur yang tersedia di sini, yang pertama adalah Kirim WA di mana kamu dapat langsung memasukkan nomor WhatsApp tujuanmu lalu klik kirim. Kamu akan dibawa masuk ke halaman chat WhatsApp dari nomor yang kamu tuju tadi.

Fitur kedua adalah dengan membuat URL pendek. Dengan fitur ini kamu dapat melakukan kustomisasi nomor WhatsApp kamu dengan nama lain. Misalnya kamu dapat membuat URL pendek dengan nama kamu, contohnya seperti ini kirimwa.id/namakamu. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan URL pendek ini untuk membantu orang lain agar lebih mudah diingat saat ingin menghubungi kamu. Mereka hanya perlu mengakses tautan kirimwa.id/namakamu tersebut tanpa harus repot mengetik nomormu. Kamu bisa meletakkan URL pendek tersebut di profil Instagram kamu atau kamu juga dapat membuat barcode dengan tautan tersebut. Dengan ini teman-teman dan keluargamu dapat menghubungi kamu tanpa perlu repot-repot save nomor.

Baca juga: WhatsApp payment resmi diluncurkan, begini cara pakainya!

2. Menggunakan aplikasi dari pihak ketiga

Cara wa tanpa save nomor yang kedua adalah menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Berikut aplikasi yang dapat kamu gunakan.

  • Aplikasi WhatsDirect

Aplikasi untuk Android berikut ini adalah cara wa tanpa save nomor, berikut caranya.

  1. Unduh aplikasi WhatsDirect di ponsel kamu.
  2. Setelah diunduh buka aplikasinya, lalu pilih kode negara dari nomor tujuan, isi nomor ponsel tujuan, dan isi pesan.
  3. Setelah selesai, klik Send, maka kamu akan diantarkan ke halaman chat di aplikasi WhatsApp.

Baca juga: 7 Aplikasi alternatif WhatsApp yang patut kamu pertimbangkan

Untuk kamu yang saat ini masih belum memiliki pekerjaan, yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. 
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai cara wa tanpa save nomor untuk membantu kamu lebih cepat dalam berkirim pesan. Untuk kamu yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai EKRUT, kamu bisa tonton video perkenalan EKRUT berikut ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • kompas
  • suara
  • cnbc

Tags

Share