Published on

Expert's Corner

Mengenal bauran pemasaran (marketing mix 7P), manfaat, dan contohnya

Natasya Primatyassari

Mengenal_bauran_pemasaran.jpg

Klasifikasi 4P untuk mengembangkan bauran pemasaran yang efektif pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 oleh E. Jerome McCarthy. Istilah ini mengacu pada elemen utama yang harus diperhatikan agar perusahaan berhasil memasarkan suatu produk atau jasa.

Apa itu bauran pemasaran?

Apa itu bauran pemasaran?
Bauran pemasaran merupakan serangkaian taktik perusahaan untuk mempromosikan brand atau produk - Freepik

Dilansir dari economictimes.indiatimes.com, bauran pemasaran atau yang sering disebut marketing mix merupakan serangkaian tindakan, atau taktik, yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan brand atau produknya di pasaran. Biasanya bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu price (harga), product (produk), promotion (promosi), dan place (tempat). Namun, saat ini, bauran pemasaran memasukkan beberapa elemen P lainnya seperti packaging (kemasan), process (proses), people (orang), dan physical evidence (bukti fisik).

Manfaat bauran pemasaran

Manfaat bauran pemasaran
Bauran pemasaran membantu perusahaan membuat keputusan strategis ketika meluncurkan produk baru - Freepik

Pemasaran yang efektif melibatkan berbagai elemen dan semua elemen tersebut saling mempengaruhi. Menurut investopedia.com, dengan merancang bauran pemasaran, perusahaan mendapat beberapa manfaat antara lain menjangkau audiens yang lebih luas, marketer mampu mempertahankan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, serta membantu membuat keputusan strategis ketika meluncurkan produk baru atau merevisi produk yang sudah ada.

Baca juga: Memahami manajemen pemasaran beserta strateginya

Kekurangan dan kelebihan bauran pemasaran

Kekurangan dan kelebihan bauran pemasaran
Dengan bauran pemasaran, perusahaan semakin mengenali kebutuhan pelanggannya - Unsplash

Mengembangkan bauran pemasaran yang efektif adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan, ekspansi, dan kesuksesan jangka panjang pada bisnismu. Meskipun begitu, sama seperti metode lain pada umumnya, penggunaan bauran pemasaran juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sebagai berikut.

Kelebihan bauran pemasaran Kekurangan bauran pemasaran
Menyederhanakan dan menyatukan berbagai rencana pemasaran. Membutuhkan biaya dan waktu untuk merancang bauran pemasaran.
Memungkinkan pemisahan yang jelas antara kegiatan pemasaran dengan aktivitas perusahaan yang lain. Kurangnya standar pengukuran dan transparansi. Seringkali sulit untuk mendapatkan detail mengenai indikator yang digunakan.
Memungkinkan perusahaan untuk mencari variasi kegiatan pemasarannya sesuai dengan sumber daya, kondisi pasar, dan kebutuhan pelanggannya. Data yang berantakan dapat memengaruhi validitas.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

Konsep bauran pemasaran (marketing mix 7P)

Konsep bauran pemasaran (marketing mix 7P)
Pendekatan dalam bauran pemasaran dapat berbeda menyesuaikan bidang industri dan target perusahaan - Freepik

Pendekatan yang diambil dalam bauran pemasaran dapat disesuaikan tergantung dengan bidang industri dan target perusahaan. Untuk lebih memahami konsep bauran pemasaran beserta elemennya masing-masing, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Produk (Product)

Produk mewakili suatu barang atau layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk memasarkan produk atau layanan secara efektif, penting untuk mengidentifikasi apa yang membedakannya dari produk atau layanan kompetitor. Selain itu, penting juga untuk menentukan apakah produk atau layanan lain dapat dipasarkan secara bersamaan dengan produk atau layanan tersebut.

2. Harga (Price)

Harga jual produk mencerminkan apa yang bersedia dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang atau layanan tersebut. Marketer perlu mempertimbangkan biaya yang terkait dengan penelitian dan pengembangan, produksi, pemasaran, dan distribusi—atau dikenal sebagai harga perolehan produk (HPP). Selain itu, penetapan harga jual juga dapat didasarkan pada kualitas atau nilai yang dirasakan oleh konsumen.

3. Tempat (Place)

Penempatan penjualan serta penentuan wilayah distribusi akan dipengaruhi oleh jenis produk yang dijual. Produk mendasar yang banyak dibutuhkan konsumen, seperti kertas atau sembako, dapat tersedia di banyak toko. Namun, produk premium yang dikonsumsi kalangan tertentu biasanya hanya tersedia di toko tertentu. Pertimbangan lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah penempatan produk apakah akan diletakkan di toko fisik, e-commerce, atau keduanya.

4. Promosi (Promotion)

Kegiatan promosi yang dimaksud di sini meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan secara personal, dan hubungan masyarakat. Marketer harus berhati-hati menyusun pesan yang juga melibatkan elemen lainnya dalam menjangkau target audiens. Penentuan media terbaik yang akan digunakan untuk mengkomunikasikan pesan juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

5. Proses (Process)

Proses melibatkan serangkaian kegiatan yang memfasilitasi pengiriman produk kepada pelanggan. Jumlah, durasi, dan kompleksitas kegiatan ini bervariasi tergantung pada bidang industri serta dapat dilakukan oleh satu orang atau lebih. Mempersingkat proses juga membantu menjaga biaya operasional tetap rendah. Sebagai contoh, menyiapkan alur kerja yang dirancang dengan baik, sistem antrian, sistem pertemuan, dan sistem penjualan yang terkomputerisasi dapat membantu perusahaan meningkatkan kualitas dan penyampaian layanan untuk kepuasan pelanggan.

6. Orang (People)

Komponen ini mengacu pada orang-orang yang terkait langsung dengan bisnis seperti karyawan yang memproduksi barang, karyawan yang memberikan layanan, dan karyawan yang menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Keberhasilan suatu bisnis sangat bergantung pada kompetensi orang-orang di belakangnya karena mereka yang berhubungan langsung dengan klien atau konsumen. Karyawan harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka.

7. Bukti fisik (Physical Evidence)

Bukti fisik mengacu pada elemen fisik yang merupakan bagian atau hasil dari penyediaan produk. Bukti fisik dapat juga melibatkan aspek seperti desain interior, tata letak, dan estetika. Misalnya, salon rambut pada dasarnya merupakan usaha jasa, tetapi bukti fisiknya mencakup potongan rambut yang telah selesai serta alat dan perlengkapan yang digunakan. Bukti fisik juga dapat digunakan untuk memikat konsumen, salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang menarik minat target audiens. Misalnya, dengan desain salon yang modern, nyaman, dan mewah yang sesuai dengan target pasar untuk para profesional muda.

Contoh bauran pemasaran

Contoh bauran pemasaran
HubSpot adalah salah satu perusahaan yang sudah mengimplementasikan bauran pemasaran secara efektif - EKRUT

Salah satu contoh penggunaan bauran pemasaran yang efektif diambil dari HubSpot, pengembang dan pemasar produk perangkat lunak yang membantu kegiatan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2006 tersebut, saat ini telah memiliki lebih dari 86.000 total pelanggan yang tersebar di 120 negara.

Dengan menyediakan platform yang serba bisa, meliputi Marketing Hub, Sales Hub, Service Hub, CMS Hub, dan CRM gratis yang andal, HubSpot menambah nilai plus bagi pelanggan di setiap aspek 7P. Berikut penjelasan detailnya dalam masing-masing elemen.

  1. Produk: Perangkat terintegrasi untuk SEO, blog, media sosial, situs web, surel, dan alat penghimpun data.
  2. Harga: Berlangganan bulanan atau gratis dengan layanan terbatas berdasarkan jumlah kontak dalam database dan jumlah pengguna layanan.
  3. Tempat: Dipasarkan secara daring.
  4. Promosi: Pemilik usaha atau direktur mempresentasikan produknya dalam sebuah acara, webinar, artikel blog yang bermanfaat dan diperkuat oleh SEO, serta iklan yang dipasang di media sosial.
  5. Proses: Lebih banyak staf penjualan yang dapat menghasilkan konversi.
  6. Orang: Menaruh investasi lebih banyak melalui layanan daring.
  7. Bukti fisik: Branding yang konsisten di seluruh saluran komunikasi milik perusahaan.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk mendukung kegiatan marketing

Mengimplementasikan bauran pemasaran akan membutuhkan banyak pemahaman, riset pasar dan konsultasi dengan beberapa orang, baik dari pengguna atau konsumen hingga ahli perdagangan. Menilai kembali kebutuhan pelanggan, sering berkomunikasi, dan mengembangkan strategi untuk membangun loyalitas pelanggan adalah tujuan dari bauran pemasaran.

Untuk memperluas wawasanmu mengenai strategi maupun bauran pemasaran, kamu bisa menyimak lanjut mengenai tren pemasaran digital di tahun 2021 melalui video dari EKRUT di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • economictimes.indiatimes.com
  • investopedia.com
  • agendamahala.com
  • smallbusiness.chron.com
  • customessaymeister.com
  • smartinsights.com

Tags

Share