Published on

Careers

Memahami manajemen pemasaran beserta strateginya

Maria Tri Handayani

manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

Pemasaran menjadi salah satu kunci dari kesuksesan bisnis dan perusahaan. Itu sebabnya manajemen pemasaran pun penting untuk diperhatikan.

Pada dasarnya manajemen pemasaran adalah proses menganalisa, merencanakan, menerapkan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target perusahaan. 

Bila kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang pentingnya manajemen pemasaran dalam bisnis beserta strategi manajemen pemasaran seperti apa yang efektif, simak lebih lengkap penjelasan berikut. 

Apa itu manajemen pemasaran?

manajemen pemasaran adalah - EKRUT
Tujuan manajemen pemasaran adalah memastikan produk dapat sampai ke target pasar sesuai tujuan perusahaan - EKRUT

Seperti yang dijelaskan di atas, secara sederhana manajemen pemasaran adalah proses untuk memastikan produk atau layanan dapat diperkenalkan dan dipromosikan pada target pasar secara efektif agar tujuan perusahaan tercapai. 

Proses tersebut melibatkan beberapa hal seperti periklanan, promosi, penjualan, dan hubungan masyarakat. 

Dalam praktiknya, proses manajemen pemasaran tersebut juga harus melewati beberapa tahapan agar produk atau layanan dari perusahaan dapat diterima dan berkembang di pasar. Beberapa tahapan dalam proses manajemen pemasaran tersebut, seperti: 

1. Riset pasar

Tahapan pertama dalam manajemen pemasaran adalah memulai riset pasar. Ini dilakukan perusahaan harus tahu sebelumnya produk  dan layanan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan dicari oleh target pasarnya. 

Selain itu riset pasar juga akan sangat berguna untuk menentukan apakah perusahaan harus meluncurkan produk baru atau justru memperluas produk dan layanan yang sudah ada. 

2. Mengembangkan strategi pemasaran 

Setelah melakukan riset pasar, tahapan berikutnya dalam manajemen pemasaran adalah membuat strategi pemasaran yang tepat. 

Pada tahapan ini kamu harus benar-benar mempertimbangkan hasil riset pasar dengan berbagai hal penting seperti segmentasi, target pelanggan, dan positioning brand.

3. Menyusun rencana pemasaran

Setelah strategi dibuat, sekarang saatnya rencana pemasaran disusun. Langkah ini tak kalah penting dari langkah-langkah lainnya. 

Dalam tahapan ini kamu harus menganalisa dan menentukan target yang ingin dicapai oleh perusahaan pada periode waktu tertentu. 

Rencana pemasaran tersebut juga harus ditulis agar kamu dapat memantau apakah pelaksanaanya nanti tetap sesuai jalur yang direncanakan. 

Baca juga: 7 Tahap membuat Marketing Plan yang efisien untuk bisnis

4. Kontrol dan kumpulkan saran

Setelah produk diluncurkan dan dipromosikan berdasarkan strategi dan rencana yang telah ditentukan, maka hal berikutnya adalah tentang mengontrol dan mengumpulkan saran dari para pelanggan. 

Mengumpulkan saran dari pelanggan dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan produk di masa depan. 

Sementara kontrol dilakukan bila produk tidak diterima secara positif oleh pelanggan. Salah satu contohnya adalah dengan menarik produk kembali sebelum sentimen pelanggan memengaruhi brand perusahaan.

Pentingnya manajemen pemasaran 

manajemen pemasaran adalah - EKRUT
Keberadaan manajemen pemasaran penting di dalam sebuah bisnis dan perusahaan - EKRUT

Manajemen pemasaran dibutuhkan agar perusahaan bisa mengetahui persaingan di pasar dan kebutuhan seperti apa yang diperlukan dalam membangun strategi yang tepat. Selain itu keberadaan manajemen pemasaran akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan beberapa hal seperti: 

  • Memperkenalkan produk baru 

Manajemen pemasaran akan membantu perusahaan saat hendak mempromosikan produk atau layanan baru mereka. 

Dengan manajemen pemasaran, perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan, menjangkau pelanggan potensial, meningkatkan produk, hingga menghemat waktu dan biaya karena fokus pada sumber daya yang ada. 

  • Mendorong penjualan

Manajemen pemasaran yang efektif akan membuka peluang bagi meningkatnya angka penjualan produk dan layanan. Pasalnya, menerapkan manajemen pemasaran yang tepat akan membantu perusahaan dalam mencocokan kebutuhan pelanggan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Menciptakan berbagai ide untuk keberlangsungan bisnis

Manajemen pemasaran juga dapat membantu perusahaan untuk terus dapat menciptakan berbagai ide yang dapat menunjang keberlangsungan perusahaan di masa depan. 

Hal ini dapat terjadi karena konsep pemasaran adalah dinamis sehingga perusahaan bisa terus dapat melihat persaingan pasar yang ada. Dengan begitu perusahaan dapat memahami pola permintaan yang baru dan terus berubah. 

  • Membantu pengambilan keputusan bisnis 

Manajemen pemasaran akan menunjang pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat. Pasalnya, dari marketing kamu bisa mendapat wawasan yang bermanfaat.

Misalnya kamu dapat memutuskan apa, kapan, bagaimana dan untuk siapa produk atau layanan kamu tersebut dengan melihat data yang dikumpulkan oleh tim marketing. Kamu juga dapat memutuskan produk atau layanan mana yang dapat ditingkatkan dari insight tentang perilaku pelanggan.

  • Meningkatkan reputasi perusahaan

Manajemen pemasaran adalah salah satu cara yang berkontribusi pada reputasi perusahaan. Alasannya, manajemen pemasaran yang tepat dan efektif akan mendorong kegiatan pemasaran yang memberi hasil yang positif. Dengan begitu reputasi perusahaan pun akan terbantu. 

Baca juga: Pentingnya brand awareness dan 5 cara meningkatkannya

Strategi manajemen pemasaran yang efektif

manajemen pemasaran adalah - EKRUT
Menentukan tujuan yang tepat adalah bagian dari strategi manajemen pemasaran yang efektif - EKRUT

Agar perusahaan dan bisnis dapat mencapai tujuannya, diperlukan strategi manajemen pemasaran yang efektif dan efisien. 

Beberapa tips strategi manajemen pemasaran yang efektif untuk kamu perhatikan seperti:

1. Tentukan tujuan dan KPI 

Pemasaran adalah salah satu bagian dalam bisnis. Meski begitu agar manajemen pemasaran dapat memberikan hasil yang efektif, pastikan bahwa kegiatan pemasaran bisa berjalan selaras unit bisnis lainnya. 

Salah satu caranya adalah dengan menentukan tujuan dan KPI secara transparan, terukur dan tepat. 

2. Identifikasi target audiens 

Sebelum menjalankan strategi pemasaran, identifikasi target pelanggan dengan jelas. Dengan begitu kegiatan pemasaran yang kamu lakukan bisa tepat sasaran sehingga hasilnya pun lebih memuaskan. 

3. Selalu analisa data

Agar hasil dari kegiatan pemasaran dapat efektif, kamu harus selalu membiasakan diri untuk menganalisa data sebelum membuat strategi pemasaran.

Baca juga: Strategi pemasaran online yang efektif di tahun 2020

Gunakan tools yang dapat memberikan data untuk kamu analisa agar dapat memlihat aspek-aspek mana saja dalam strategi manajemen pemasaran yang tidak berfungsi. Data-data ini akan menjadi informasi penting yang akan membantumu dalam membuat strategi pemasaran dan menerapkannya. 

4. Kembangkan rencana implementasi dari strategi pemasaran 

Saat menerapkan strategi pemasaran, kamu tidak dapat melakukannya hanya dalam satu waktu. Butuh komitmen dan tindak lanjut untuk menganalisis keefektifannya. 

Kembangkan rencana implementasi dengan mempertimbangan beberapa hal seperti jadwal pelaksanaan, anggaran, sumber daya, alat penjualan, alat pemasaran serta metrik yang harus digunakan untuk menyesuaikan pada strategi yang dirancang.

5. Pantau tren terbaru 

Tak ada salahnya untuk kamu terus memantau tren yang ada. Dengan begitu kamu tidak akan terjebak pada mode berpikir yang ketinggalan zaman. 

Hal ini akan sangat memengaruhi bagaimana kamu merancang dan mengelola strategi pemasaran yang tepat. 

Memantau tren akan memberikanmu ide-ide baru yang mungkin akan bermanfaat bila diterapkan pada kampanye pemasaranmu di kemudian hari. 

Baca juga: 8 Tren digital marketing 2020 yang patut pemilik brand ketahui

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu simak mengenai pentingnya manajemen pemasaran dan strategi pemasaran yang efektif. 

Setelah mengetahuinya kini saatnya kamu menaruh perhatian lebih pada praktik manajemen pemasaran di perusahaanmu ya! Ingat, manajemen pemasaran yang baik akan memberikan kontribusi positif bagi keuntungan perusahaanmu juga. 

Tujuan karier EKRUT
Last update: 19 Juli 2020

Sumber: 

  • marketing91.com
  • business.org
  • mgtblog.com
  • businesss-south-africa.co.za
 

Tags

Share