Published on

Careers

5 Tips Belajar Golang untuk Pemula beserta Rekomendasi Online Course Terbaiknya

Tsalis Annisa

belajar_golang_ekrut.jpg

Seiring dengan berkembangnya teknologi semakin banyak bahasa pemrograman yang bermunculan. Meski begitu, sejak awal dirilis, Golang masih menjadi idola para developer dan kandidat dengan kemampuan ini cukup banyak dicari. Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik dengan dunia pemrograman, kamu perlu belajar Golang untuk memperlancar pekerjaanmu dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Agar tidak bingung, mari cari tahu tips belajar Golang untuk pemula.

Baca juga: Front-End Developer: Pengertian, Gaji, Skills, Tools & KPI

Apa itu Golang?


Golang merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Developer Google. (Sumber: Pexels)

Go atau Golang adalah bahasa pemrograman open-source yang dibuat oleh tim developer Google pada tahun 2007, yaitu Rob Pike, Ken Thompson, dan Robert Griesemer. Hal yang menarik dari Golang adalah bahasa pemrograman ini memiliki koleksi tempat sampah yang memungkinkan eksekusi fungsi ditangguhkan dan dengan sendirinya mengatur memori.

Selain itu, bahasa pemrograman ini merupakan campuran bahasa yang diketik secara statis dan memungkinkan kamu untuk menjalankan beberapa proses secara bersamaan. Fakta menarik lainnya mengenai Golang adalah jika kamu ingin bekerja di Google, maka kamu harus memahami bahasa pemrograman ini dengan baik. Apakah kamu tertarik bekerja di Google?

Baca juga: 5 Tips Menjadi front-end developer dan Skill yang Dibutuhkan

Golang menjadi bahasa pemrograman yang populer saat ini


Golang masih merupakan bahasa pemrograman yang populer hingga saat ini (Sumber: Pexels)

Semenjak dirilis pada tahun 2017, kepopuleran Golang terus meningkat setiap tahunnya. Pasalnya, di tahun 2009 dan 2016, bahasa pemrograman ini diumumkan sebagai yang paling banyak digunakan. Pada tahun 2018, Golang dikabarkan menduduki peringkat 3 dan 4 untuk bahasa pemrograman yang paling banyak dicari.

Tak berhenti di situ, menurut Hackerrank Developer Skills Report, pada tahun 2022 Golang masih menjadi bahasa pemrograman yang populer. Bahkan Golang dikabarkan sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai dan memiliki perkembangan yang paling cepat dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Tak tanggung-tanggung, Golang menjadi bahasa pemrograman nomor 1 yang paling ingin dipelajari oleh para developer. Kamu salah satunya? Jadi, tidak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar Golang, bukan?'

Baca juga: Kenali Plus Minus Bahasa pemrograman Java di Sini

5 Tips belajar Golang untuk pemula


Carilah mentor dan ikuti kursus. (Sumber: Pexels)

Kamu semakin tertarik untuk memperdalam kemampuanmu dalam bahasa pemrograman Golang? Jika iya, kamu perlu mengetahui tips belajar Golang.

1. Cari mentor

Saat belajar Golang, kamu mungkin bisa belajar dari internet atau mengikuti kursus. Tapi ini saja tidak cukup, kamu akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak jika kamu memiliki mentor yang memang sudah ahli di bahasa pemrograman ini. 
Bukan tidak mungkin ia akan membagikan pengalamannya mengenai hambatan dan solusi yang dihadapi selama menggunakan bahasa pemrograman ini.

Selain itu, kamu juga bisa menonton beberapa acara yang membahas mengenai Golang. Pasalnya, dari sini kamu bisa menemukan beragam hal yang mungkin belum kamu ketahui mengenai Go. Misalnya saja, Gophercon US, JustForFun, dan sebagainya.

2. Ikuti A Tour of Go

Salah satu cara dan tempat terbaik untuk belajar Golang adalah langsung kepada sumbernya. Kamu bisa mengunjungi https:tour.golang.org. Di sini, kamu bisa belajar dengan menggunakan tutorial interaktif yang bisa kamu gunakan untuk belajar Golang dengan menjalankan sendiri kode snippets pada website. Pembelajaran ini dibagi menjadi dua bagian modul yang masing-masing menjelaskan konsep yang berbeda dengan beberapa latihan pada setiap modul.

3. Belajar Golang dari contoh

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat belajar Golang adalah dengan melihat contoh website atau aplikasi yang menggunakan Golang sebagai bahasa pemrograman mereka. Jika kamu sudah memiliki kemampuan atau pengetahuan dasar mengenai Golang, kamu bisa mengunjungi https:gobyexample.com. Website ini menyediakan contoh yang paling umum yang biasa digunakan. Misalnya saja bagaimana membuat buffered channel.

4. Belajar melalui Effective Go

Selain A Tour of Go dan Go by Example, kamu juga bisa belajar bahasa pemrograman ini melalui Effective Go dengan mengunjungi https://golang.org/doc/effective_go.html. Website ini akan sangat berguna untuk kamu terutama karena Effective Go menyediakan deskripsi lebih lengkap pada semua fitur utama Go dan bagaimana cara menggunakannya secara efektif.

5. Ikuti bootcamp

Guna mempertajam kemampuanmu dalam bahasa pemrograman Golang, langkah belajar Golang selanjutnya adalah dengan mengikuti bootcamp. Tak hanya membuat kamu makin paham, mengikuti bootcamp juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Go Ternyata Tak Serumit C atau Java

Rekomendasi online course untuk belajar Golang


Mulai dari Coursera hingga Udemy menawarkan pelatihan Golang. (Sumber: Pexels)

Setelah kamu tahu apa saja yang perlu kamu lakukan saat belajar Golang, berikut adalah beberapa rekomendasi online course untuk belajar bahasa pemrograman ini.

1. Rekomendasi online course Golang dari Coursera

Rekomendasi yang pertama adalah kelas online yang berjudul "Programming with Google Go Specialization". Spesialisasi ini mengenalkan bahasa pemrograman Go dari Google dan menyediakan gambaran luas mengenai fitur spesial yang dimiliki oleh Go.

Setelah selesai mengikuti pembelajaran, kamu akan mendapatkan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menciptakan aplikasi yang efisien dan ringkas menggunakan Golang. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan tersebut.

Terdapat 3 rangkaian pada spesialisasi ini dan akan diajarkan oleh Ian Harris. Berikut diantaranya:

  • Concurrency in Go
  • Getting Started with Go
  • Functions, Methods, and Interfaces in Go

2. Codecademy

Jika kamu ingin kursus online yang interaktif, maka kamu bisa belajar di Codecademy. Bahkan pelatihan Golang di Codecademy dibuat dengan kerja sama antara mereka dengan Google yang merupakan pencipta bahasa pemrograman ini. Pada kursus online ini, kamu tidak hanya belajar hal-hal dasar seperti  variabel, fungsi, kondisi, tetapi juga latihan membangun proyek dengan menggunakan bahasa pemrograman Go. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai kursus interaktif dan berbasis praktik.

3. Udemy

Kelas online lainnya yang bisa kamu ikuti untuk belajar Golang adalah Udemy. Udemy memiliki kelas Go: The Complete Bootcamp yang menawarkan kelas yang sangat visual dengan banyak animasi yang bisa membantu kamu dalam memahami materi pembelajaran.

Baca juga: 12 Bahasa Pemrograman yang Paling Relevan untuk Dipelajari

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk belajar Golang dan di mana saja kamu bisa mengikuti kursusnya, kan? Pastikan kamu mengikuti beberapa tips di atas ya agar proses peningkatan kemampuanmu dapat berjalan dengan lancar.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • golang.cafe
  • guru99.com
  • educative.io

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video